NEWS

Karena Tuntutan Spotify, Apple Didenda 1,8 Miliar Euro Karena Monopoli Layanan Streaming Musik!

Rahmat Handiko    |   Kamis, 07 Mar 2024


Makin update dengan berita game dan esports! Yuk subscribe ke channel YouTube KotakGame DI SINI dan Instagram KotakGame DI SINI! Bakal ada banyak FREE GIVEAWAY Diamonds, UC, PS4, gaming peripheral, dan lainnya!

Makin update dengan berita game dan esports! Yuk subscribe ke channel YouTube KotakGame DI SINI dan Instagram KotakGame DI SINI! Bakal ada banyak FREE GIVEAWAY Diamonds, UC, PS4, gaming peripheral, dan lainnya!

Spotify telah mengumumkan bahwa mereka tidak akan meluncurkan fitur pembelian dalam aplikasi seperti yang sebelumnya direncanakan untuk wilayah Uni Eropa, setidaknya saat ini. Sebaliknya, jika Apple menyetujui pembaruan yang diajukan, Spotify berkomitmen untuk melakukan perubahan positif, seperti menyajikan informasi harga di dalam aplikasi dan mengarahkan pengguna ke opsi langganan.

Juru bicara Spotify, Jeanne Moran, menyampaikan kepada The Verge bahwa langkah ini merespon keputusan Komisi Eropa yang memberikan denda sebesar €1,84 miliar (sekitar $2 miliar) kepada Apple karena dianggap "menyalahgunakan posisi dominannya" dalam industri distribusi aplikasi streaming musik. Komisi Eropa menilai bahwa aturan anti-pengaturan harga Apple menghambat pengembang untuk memberitahu pengguna tentang "layanan langganan musik alternatif yang lebih ekonomis di luar aplikasi dari Apple."

Margrethe Vestager, kepala persaingan Komisi Eropa, menyebut praktik tersebut "ilegal" dan memerintahkan Apple untuk menghapus ketentuan anti-pengaturan harga untuk aplikasi streaming musik. Vestager menegaskan bahwa Apple harus mengizinkan pengembang streaming musik berkomunikasi secara bebas dengan pengguna mereka, memungkinkan mereka memberikan informasi harga di dalam aplikasi. Sementara Apple berencana untuk mengajukan banding dan menuduh Spotify ingin "merubah aturan App Store.

Baca ini juga :


» Bocoran Spotify HiFi yang di Rebranding Menjadi Lossless Akan Segera Rilis!
» Pemerintah Minta Apple Hapus WhatsApp dan Threads dari App Store China!
» Kabar Baik Bagi user iPhone! Akhirnya Apple Izinkan Benerin iPhone Pakai Part Bekas dari iPhone Lain!
» Apple Akhirnya Izinkan Emulator Masuk ke App Store, Udah Bisa Mainin Game Retro di iOS!
» AI Playlist, Fitur Baru Spotify Bikin Kamu Bisa Bikin Playlist Sendiri Cuma Dari Teks Kayak ChatGPT!

Spotify berencana memanfaatkan keputusan ini dengan menyediakan informasi harga kepada pengguna iOS di Uni Eropa, bersama dengan tautan ke situs web mereka untuk melakukan pembelian langganan Premium. Awalnya, Spotify mengumumkan niatnya untuk memungkinkan pembelian dalam aplikasi di iOS di Uni Eropa, namun rencana tersebut ditunda setelah Apple mengumumkan kesiapannya untuk mematuhi Undang-Undang Pasar Digital Uni Eropa (DMA). Bagian dari rencana Apple mencakup persyaratan bisnis baru yang memberikan fleksibilitas kepada pengembang, termasuk kemungkinan menempatkan aplikasi mereka di toko alternatif dan membayar komisi yang lebih rendah, tergantung pada jumlah unduhan.

Meskipun Apple telah mengizinkan aplikasi pembaca untuk menyertakan tautan ke situs web mereka sejak tahun 2022, kontrol atas bahasa yang dapat digunakan tetap berada di tangan Apple, mencegah pengembang memberi informasi lengkap tentang biaya berlangganan kepada pengguna.

Spotify telah mengirimkan proposal kepada Apple untuk memasukkan informasi harga di dalam aplikasi mereka, dan kini, tunggu keputusan Apple, dengan Komisi Eropa memantau perkembangan tersebut.



Selain berita utama di atas, KotakGame juga punya video menarik yang bisa kamu tonton di bawah ini.

TAGS

Jika ingin mengirim artikel, kerjasama event dan memasang Iklan (adverstisement) bisa melalui email redaksi[at]kotakgame.com atau Hotline (021) 93027183
rekomendasi terbaru