NEWS

Dev. Black Desert Mobile: "Jika Kami Hanya Memikirkan Keuntungan, Kami Akan Kehilangan Fans Kami"

Taufik Hidayat   |   Selasa, 05 Sep 2017


Makin update dengan berita game dan esports! Yuk subscribe ke channel YouTube KotakGame DI SINI dan Instagram KotakGame DI SINI! Bakal ada banyak FREE GIVEAWAY Diamonds, UC, PS4, gaming peripheral, dan lainnya!

Makin update dengan berita game dan esports! Yuk subscribe ke channel YouTube KotakGame DI SINI dan Instagram KotakGame DI SINI! Bakal ada banyak FREE GIVEAWAY Diamonds, UC, PS4, gaming peripheral, dan lainnya!
Saat ini kebanyakan game mobile "free-to-play" yang bertebaran pasti memiliki indikasi pay-to-win. Entah itu dari developer kecil hingga developer yang udah ternama sekalipun. Black Desert Mobile adalah salah satu MMORPG untuk perangkat mobile yang paling ditunggu oleh para gamer. Pearl Abyss selaku developer memastikan bahwa Black Desert Mobile tidak akan menjadi game bertipe pay-to-win.

Pada perhelatan acara IGC 2017 yang sedang berlangsung, Pearl Abyss membagikan beberapa detail terbaru mengenai Black Desert Mobile. Pertama, mereka mengungkapkan bahwa alasan mereka membuat versi mobile adalah untuk memberikan kesempatan kepada gamer yang tidak dapat memainkan versi PC bisa merasakan serunya Black Desert Online.

Baca ini juga :

» [REVIEW] Class Terbaru Drakania Dan Ekspansi Terbaru Mountain of Eternal Winter di Black Desert SEA!
» Inilah Wujud Asta 'Black Clover' di Jump Force

Dilansir dari Gamebase, Pearl Abyss juga menekankan bahwa Black Desert Mobile tidak akan seperti game mobile pada umumnya yang "mendorong" para pemain untuk membayar. Tidak ada karakter atau equip "bintang 5" ataupun "SR" yang mendorong pembelian in-app purchase. "Semua orang di perusahaan kami ingin melihat Black Desert Mobile di bagian atas chart penjualan. Tetapi jika kami hanya memikirkan menghasilkan uang, kamu akan kehilangan fans pada akhirnya," ujar Pearl Abyss.

Jika dilihat dari pernyataan Pearl Abyss, tampaknya mereka sangat serius untuk menghilangkan kesan pay-to-win yang saat ini sangat melekat pada game mobile, khususnya di Asia.

Black Desert Mobile tidak hanya dirilis untuk daerah tertentu saja, tetapi ditargetkan untuk pasar global. Dengan kata lain, ketika dirilis nanti pertama kali di Korea Selatan, tidak perlu menunggu waktu yang lebih lama untuk menanti Black Desert Mobile versi global ini. Sayangnya, belum ada jadwal rilis yang disebutkan.

(KotakGame)

TAGS

KRU KOTGA BISA BACA PIKIRANMU! Kamu pasti akan suka dengan artikel ini :
Jika ingin mengirim artikel, kerjasama event dan memasang Iklan (adverstisement) bisa melalui email redaksi[at]kotakgame.com atau Hotline (021) 93027183
rekomendasi terbaru