NEWS
 

[REVISIT] God Hand, Beat 'em up Klasik yang Tidak Ada Matinya

VolkanKaya   |   Selasa, 06 Feb 2018

Hingga saat ini, Clover Studio masih dikenang oleh banyak gamer veteran dari beberapa seri besutan mereka yang unik. Developer yang didanai oleh Capcom ini sudah melahirkan beberapa seri memorable dulunya seperti Okami, Viewtiful Joe, hingga God Hand yang akan Kru KotGa bahas pada artikel kali ini. Tidak hanya dikenang sebagai salah satu game PlayStation 2 terpopuler di tanah air, God Hand juga termasuk salah satu game Beat 'em up terbaik sejak genre ini lahir pada tahun 80-an dulu.

Menilai kualitas God Hand sendiri adalah sesuatu yang sangat membingungkan bagi reviewer game pada waktu itu. Karena dibalik jalan cerita dan pembawaan karakter yang terasa main-main, game ini memiliki mekanisme gameplay Beat 'em up paling kreatif dan gila. Latar dunianya juga di desain dengan sederhana dan tidak memiliki daya tarik yang kuat sama sekali untuk di eksplorasi. Tapi jika kembali melihat konsep Beat 'em up yang solid dari game ini, maka semua orang pasti akan terasa dihipnotis untuk melupakan semua kekurangannya (kecurangan sesungguhnya dari God Hand).

Baca ini juga :

» [REVISIT] Resident Evil 4, Lahirnya Salah Satu Game Survival Horror Terbaik Dalam Sejarah
» [REVISIT] Dino Crisis, Saat Dinosaurus Juga Bisa Memberikan Kesan Horror yang Mencekam
» [SPECIAL PART 2] Ini Dia Kelemahan Setiap Monster Dalam Monster Hunter: World!
» [SPECIAL] Ini Dia Kelemahan Setiap Monster Dalam Monster Hunter World!
» Monster Hunter World Menjadi Game PS4 yang Paling Laris Sepanjang Januari 2018!

Dalam game ini kamu berperan sebagai karakter buronan bernama Gene, yang memiliki kekuatan dewa di tangannya. Gene memang memiliki kekuatan super yang overpowered, tapi setiap musuhnya tetap memiliki ancaman yang tidak bisa diremehkan. Setelah menghadapi gerombolan musuh, pasti akan selalu ada kepuasaan tersendiri yang dirasakan. Secara kasar, God Hand memiliki cita rasa yang serupa dengan anime Fist of the North Star, namun dengan tambahan unsur komedi yang memuat referensi pop culture Jepang.

Pengalaman terbaik yang ditawarkan oleh God Hand adalah combo system yang penuh variasi dan keunikan. Cara kerjanya mirip dengan mesin roulette, dimana kamu bisa memilih kekuatan khusus dan support dari tangan dewa milik Gene. Cukup sederhana memang, tapi sebagian besar gamer tetap membutuhkan waktu selama berjam-jam untuk menemukan kombinasi serangan yang seimbang dengan kecepatan, kekuatan, dan kemampuan khusus yang sudah dikuasai.

Dibalik popularitasnya yang tinggi di tanah air, God Hand sebenarnya tidak mencapai target penjualan yang diharapkan. Apalagi setelah game ini dirilis pada tahun 2006 lalu, Clover Studio juga resmi ditutup. Tapi jika kamu termasuk salah satu gamer yang berharap untuk melihat kebangkitan seri God Hand, maka setidaknya masih ada harapan. Karena director Shinji Mikami yang saat ini bergabung dengan Tango Gameworks, sempat mengungkapkan keinginannya untuk membangkitkan seri God Hand dan Dino Crisis. So, fingers crossed..

(KotakGame)

TAGS

Jika ingin mengirim artikel, kerjasama event dan memasang Iklan (adverstisement) bisa melalui email redaksi[at]kotakgame.com atau Hotline (021) 93027183
rekomendasi terbaru