NEWS

[REVISIT] Grandia, JRPG Klasik yang Tetap Bertahan Sebagai Harta Karun Masa Kecil

Fadhil Baladraf   |   Rabu, 04 Apr 2018


Makin update dengan berita game dan esports! Yuk subscribe ke channel YouTube KotakGame DI SINI dan Instagram KotakGame DI SINI! Bakal ada banyak FREE GIVEAWAY Diamonds, UC, PS4, gaming peripheral, dan lainnya!

Makin update dengan berita game dan esports! Yuk subscribe ke channel YouTube KotakGame DI SINI dan Instagram KotakGame DI SINI! Bakal ada banyak FREE GIVEAWAY Diamonds, UC, PS4, gaming peripheral, dan lainnya!

Dominasi game JRPG memang sangat kuat di era 90-an dulu dimana banyak developer bersaing dalam menghadirkan proyek berkualitas yang didedikasikan penuh untuk para gamer. Beberapa diantaranya berhasil meraih popularitas tinggi seperti seri Final Fantasy, Dragon Quest, dan Tales, sementara yang lainnya harus berusaha keras untuk menarik perhatian fans pendatang baru. Walaupun tidak populer hal itu bukan berarti beberapa game JRPG lawas memiliki kualitas yang buruk, bahkan bisa saja justru sebaliknya. Mungkin hal inilah yang dialami salah satu JRPG lawas besutan SEGA, Grandia.

Resmi dirilis untuk PlayStation pada tahun 1999, Grandia adalah JRPG yang sangat berkualitas namun sayangnya tidak mendapatkan pengakuan lebih. Satu-satunya fitur yang menarik perhatian banyak pemain saat itu adalah perpaduan map 3D dengan desain animasi karakter 2D yang terlihat cukup solid (setidaknya pada masanya). Kualitas tekstrunya memang lebih rendah dari kebanyakan game PS 1 lainnya karena pengembangan awalnya yang dikhususkan untuk konsol Saturn, tapi latar dunia yang penuh dengan variasi lingkungan dan berwarna sudah cukup untuk menutupi kekurangan tersebut.

Baca ini juga :

» Akhirnya Ikut Rilis di PC! Ini dia Spesifikasi PC Minimal Biar Bisa Mainin Horizon Forbidden West
» [RUMOR] God of War Ragnarok Baru Akan Rilis di PC Pada Tahun 2025
» Tactical RPG Paket Komplit dengan Grafis Super Indah - Review Unicorn Overlord
» 8 Tips Menjadi Ronin Terbaik di Game Open World Terbaru, Rise of the Ronin
» Rumor: Persona 6 Akan Punya 2 Karakter Sebagai Protagonis

Dari luar game ini memang terlihat JRPG yang terkesan cukup ceria dan kekanak-kanakan, tapi jalan cerita yang ditawarkannya ternyata jauh lebih kompleks seiring berjalannya waktu. Justin yang merupakan sang karakter utama adalah seorang pengembara yang selalu termotivasi untuk menjadi seorang petualang sejati. Jika ingin disamakan dengan seri lainnya, jalan cerita keseluruhan dalam Grandia berfokus pada konsep legenda Gaia yang cukup populer di beberapa seri anime seperti Akira, Princess Mononoke, hingga Final Fantasy: The Spirits Within.

Mekanisme gameplay khususnya saat battle sendiri adalah kelebihan terbaik selain jalan ceritanya. Menghadapi ratusan pertempuran dalam game ini akan selalu memberikan kamu pengalaman yang berbeda dan tentunya rewarding. Tidak hanya sekedar implementasi turn-based battle biasa, tapi disini kamu bisa mengendalikan karakter secara real time dan lebih leluasa. Variasi skill dan kemampuan sihir sangat mudah dipelajari dan dieksekusi, tapi tingkat kesulitannya mungkin akan memaksa kamu untuk lebih bersabar dan memutar otak. Dengan banyaknya aktivitas yang bisa kamu lakukan di End of the World bersama rombongan Justin, game ini bisa memberikan waktu bermain hingga lebih dari 50 jam.

Jika kamu adalah tipikal gamer yang tidak peduli dengan kualitas grafis dan lebih menyukai game dengan jalan cerita menarik, Grandia adalah salah satu JRPG klasik yang tentunya wajib kamu coba. Menjelaskan alasan kenapa game ini sangat menarik tentunya tidak mudah jika kamu belum memainkannya, tapi ada alasan kenapa banyak sekali gamer veteran terus mengenang Grandia sebagai harta karun masa kecil yang sulit dilupakan.

(KotakGame)

TAGS

Jika ingin mengirim artikel, kerjasama event dan memasang Iklan (adverstisement) bisa melalui email redaksi[at]kotakgame.com atau Hotline (021) 93027183
rekomendasi terbaru