NEWS

Resmi, PlayStation Classic Mini Gunakan Emulator PCSX Sebagai OS Utamanya

Fadhil Baladraf   |   Minggu, 11 Nov 2018


Makin update dengan berita game dan esports! Yuk subscribe ke channel YouTube KotakGame DI SINI dan Instagram KotakGame DI SINI! Bakal ada banyak FREE GIVEAWAY Diamonds, UC, PS4, gaming peripheral, dan lainnya!

Makin update dengan berita game dan esports! Yuk subscribe ke channel YouTube KotakGame DI SINI dan Instagram KotakGame DI SINI! Bakal ada banyak FREE GIVEAWAY Diamonds, UC, PS4, gaming peripheral, dan lainnya!

Sejak resmi diumumkan pada bulan September lalu, PlayStation Classic Mini telah berhasil menarik banyak perhatian gamer veteran yang ingin kembali bernostalgia dengan konsol legendaris dari Sony ini. Walaupun sempat mengundang kekecewaan karena list 20 game yang kurang maksimal, namun masih ada banyak fans yang tetap menantikan perilisannya di bulan Desember mendatang.

Untuk memberikan gambaran mengenai kualitasnya secara keseluruhan, Sony sudah menyediakan konsol ini terlebih dahulu kepada beberapa media untuk kebutuhan review. Respon yang diberikan sejauh ini terbilang cukup positif, namun media seperti Kotaku tetap memberikan kritik mengenai tampilan menu hingga pilihan game yang kurang menarik. Namun dari semua artikel preview yang sudah tersebar saat ini, salah satu fakta menarik membuktikan kalau PlayStation Classic Mini ternyata menggunakan emulator PCSXR sebagai basis sistem operasi utamanya.

Baca ini juga :

» Pemburu Cantik Yang Berdansa Dengan Pedangnya - Stellar Blade Review
» Main Game Nintendo di iPhone & iPad! Delta, Emulator Gratis Nintendo Kini Resmi Hadir di Apple App Store!
» Bentar Lagi Rilis di PC! Ini dia Spesifikasi PC Buat Mainin Ghost of Tsushima: Director's Cut!
» Live Action One Punch Man Akan Dikerjakan Oleh Penulis Rick and Morty
» PS5 Pro is Real! Sony Minta Developer Siapin Game Mereka Termasuk Support Peningkatan Ray-Tracing!

Karena membuat banyak gamer skeptis akan langkah Sony untuk menggunakan emulator yang bersifat tidak resmi, ahli gaming Frank Cifaldi akhirnya merespon isu tersebut melalui akun Twitternya. Dia mengatakan kalau orang awam mungkin akan melihatnya dari sisi negatif saja, namun terkadang emulator gratis yang dikembangkan oleh "amatiran" nyatanya memang berkualitas dan bahkan lebih superior.

Lalu kenapa pihak Sony harus menggunakan emulator? Jawabannya sendiri memang tidak bisa dipastikan, namun satu hal yang pasti adalah bakat untuk mengembangkan sebuah sistem open source yang solid kenyataanya bisa dilakukan siapa pun. Bekerja di Sony tidak akan memberikan seorang teknisi kemampuan dan akses yang mutlak, jadi para kreator yang berdidikasi selama beberapa tahun untuk menyempurnakan emulator bisa melampaui kemampuan Sony sekalipun.

(KotakGame)

TAGS

Jika ingin mengirim artikel, kerjasama event dan memasang Iklan (adverstisement) bisa melalui email redaksi[at]kotakgame.com atau Hotline (021) 93027183
rekomendasi terbaru