NEWS

Browser Apple Safari 16.4 beta Mendapat Dukungan Codec AV1

Aeprukmana   |   Sabtu, 18 Feb 2023


Makin update dengan berita game dan esports! Yuk subscribe ke channel YouTube KotakGame DI SINI dan Instagram KotakGame DI SINI! Bakal ada banyak FREE GIVEAWAY Diamonds, UC, PS4, gaming peripheral, dan lainnya!

Makin update dengan berita game dan esports! Yuk subscribe ke channel YouTube KotakGame DI SINI dan Instagram KotakGame DI SINI! Bakal ada banyak FREE GIVEAWAY Diamonds, UC, PS4, gaming peripheral, dan lainnya!

APU dan GPU modern mendukung decoding format bebas royalti terbaru ini, sementara layanan streaming dan perekaman mulai menerapkan dukungan AV1 untuk platform mereka. Satu-satunya perusahaan yang tidak membuat kemajuan dalam hal ini adalah Apple, yang seri silikon M1 dan M2-nya tidak memiliki akselerasi perangkat keras untuk codec AV1 sama sekali.

Segalanya mungkin akan berubah, karena browser web Safari 16.4 beta sekarang mencantumkan kode AV1 untuk hardware decoding MediaCapabilities API dan WebRTC AV1. Changelog menyebutkan bahwa fitur ini didukung pada perangkat yang memiliki kemampuan seperti itu, namun tidak ada produk Apple modern yang mendukungnya. Selain itu, browser Safari tidak lagi tersedia untuk Windows (Apple berhenti memberikan pembaruan pada tahun 2012), sehingga daftar konfigurasi yang didukung bahkan lebih sedikit.


Sumber: Apple


Pembaruan Safari bisa menjadi tanda bahwa Apple sekarang sedang mempersiapkan base untuk dukungan AV1 di masa mendatang dengan sistem-on-a-chip seperti A17 atau M3. Apple akan bergabung dengan AMD, Intel, dan NVIDIA yang sudah mendukung decoding AV1, dan dalam kasus GPU, encoding yang kuat. Yang terakhir kemungkinan akan menjadi lebih penting karena AMD/NVIDIA meluncurkan GPU desktop kelas menengah dengan dukungan encoding akhir tahun ini.

Baca ini juga :

» Pemerintah Minta Apple Hapus WhatsApp dan Threads dari App Store China!
» Kabar Baik Bagi user iPhone! Akhirnya Apple Izinkan Benerin iPhone Pakai Part Bekas dari iPhone Lain!
» Apple Akhirnya Izinkan Emulator Masuk ke App Store, Udah Bisa Mainin Game Retro di iOS!
» Apple Tambahkan Fitur Avatar Spatial Persona ke Vision Pro, Bikin Video Call Berasa Ketemu Langsung!
» Ikut Ramaikan April Mop, Nintendo Umumkan Virtual Boy Pro! Sebuah Parodi Headset Apple Vision Pro!



Selain berita utama di atas, KOTAGAME juga punya video menarik yang bisa kalian tonton di bawah ini.

TAGS

Jika ingin mengirim artikel, kerjasama event dan memasang Iklan (adverstisement) bisa melalui email redaksi[at]kotakgame.com atau Hotline (021) 93027183
rekomendasi terbaru