NEWS

YouTube Memblokir Video Untuk Pengguna Yang Menggunakan Ad Blocker

Aeprukmana   |   Senin, 03 Jul 2023


Makin update dengan berita game dan esports! Yuk subscribe ke channel YouTube KotakGame DI SINI dan Instagram KotakGame DI SINI! Bakal ada banyak FREE GIVEAWAY Diamonds, UC, PS4, gaming peripheral, dan lainnya!

Makin update dengan berita game dan esports! Yuk subscribe ke channel YouTube KotakGame DI SINI dan Instagram KotakGame DI SINI! Bakal ada banyak FREE GIVEAWAY Diamonds, UC, PS4, gaming peripheral, dan lainnya!

Kamu masih pake ad blocker untuk youtube? Sepertinya kamu harus hentikan itu. Youtube baru aja melakukan "eksperimen kecil", pengguna tertentu saat ini diminta untuk mematikan pemblokir iklan (ad blocker) mereka atau berlangganan Premium. Hukumannya jika kamu tidak melakukannya? Akses ke pemutaran video akan dimatikan.

Jika kamu terkena batasan ini, kamu akan melihat pesan pop-up yang berbunyi, "Sepertinya kamu menggunakan pemblokir iklan. Pemutaran video akan diblokir kecuali YouTube masuk dalam daftar yang diizinkan atau pemblokir iklan dinonaktifkan." Pesan tersebut juga menyatakan bahwa iklan "memungkinkan YouTube tetap gratis untuk miliaran pengguna di seluruh dunia," dan untuk tetap bebas iklan, diperlukan langganan YouTube Premium. Tiga slot thumbnail video juga muncul di notifikasi, yang mungkin akan terisi saat kamu perlahan-lahan menghabiskan kuota.

Baca ini juga :


» iShowSpeed Rayakan 24 juta Subscriber YouTube dengan Loncat ke Setup Streamingnya!
» Ini Dia Prototype Game Horor Indonesia yang Keren Abis! Tencent Mau Buat Game Mirip Palworld?
» Youtuber Ini Buktikan Kenapa Air Flow Berpengaruh Besar Terhadap Performa PC Desktop!
» Hari Raya Semakin Dekat! Saatnya Mulai Melirik Rekomendasi Hape Dari GadgetIn!
» Sekilas IT: Rakit PC Gaming Itu Bisa Murah Tapi Tetep Kencang! Begini Cara Nyari Komponennya!


Sumber: wccftech/reddit

Penampakan pertama dari uji coba ini muncul pada tanggal 28 Juni (seperti yang terlihat oleh Bleeping Computer), ketika pengguna Reddit mulai membagikan pengalaman mereka dengan peringatan baru tersebut. Hal ini terjadi tidak lama setelah percobaan serupa di bulan Mei (juga dilaporkan di Reddit), yang langsung memblokir akses ke semua video. Namun kali ini, pengguna mendapatkan tenggang waktu beberapa video sebelum pemutaran dimatikan.

Dalam sebuah pernyataan kepada Bleeping Computer, YouTube menjelaskan bahwa mereka "menjalankan eksperimen kecil secara global yang mendesak pengguna dengan pemblokir iklan yang diaktifkan untuk mengizinkan iklan di YouTube atau mencoba YouTube Premium." Perusahaan ini juga mengatakan bahwa mereka akan menonaktifkan pemutaran untuk pengguna yang tetap menggunakan pemblokir iklan, meskipun ada peringatan. Di mana dan seberapa luas YouTube menjalankan uji coba ini belum diketahui.

Salah satu alasan yang mungkin untuk intoleransi pemblokir iklan yang tiba-tiba: Penurunan pendapatan iklan YouTube antara kuartal pertama 2022 dan 2023, seperti yang dilaporkan oleh TechCrunch pada bulan April. Sementara itu, basis pelanggan YouTube yang terus bertambah, yang saat ini mencapai 80 juta pelanggan, untuk layanan Premium dan Musik terus berkembang. Ini memperoleh lebih dari 30 juta pelanggan antara tahun 2021 dan 2022.

Sumber: wccftech/reddit/bleeping computer/youtube

Selain berita utama di atas, KOTAKGAME juga punya video menarik yang bisa kamu tonton di bawah ini.

TAGS

Jika ingin mengirim artikel, kerjasama event dan memasang Iklan (adverstisement) bisa melalui email redaksi[at]kotakgame.com atau Hotline (021) 93027183
rekomendasi terbaru