Feature

[SPECIAL] Selain WannaCry, 5 Virus Komputer Ini Tidak Kalah Sadisnya

Sejak beberapa hari lalu virus Ransomware yang disebut dengan WannaCry telah berdampak besar pada dunia dan menimbulkan keresahan yang cukup mengkhawatirkan. Virus tersebut akan masuk melalui celah sistem operasi tanpa diketahui lalu mengunci segala file yang terdapat pada komputer tersebut.

Virus tersebut telah membuat kepanikan di dunia maya. WannaCry telah memakan korban 16 rumah sakit di Inggris. Virus ini juga sudah menyebar ke 99 negara serta ratusan ribu sistem komputer yang sudah terjangkit virus mematikan ini. Bahkan, salah satu rumah sakit di Indonesia pun terkena virus yang sangat kejam ini.

Namun tahukah kamu bahwa sebelum virus WannaCry ini muncul, terdapat banyak virus komputer mematikan yang cukup menghebohkan pada saat itu. Apa saja virus itu? Yuk simak artikel ini.

Baca ini juga :

» Anti Selip! Fakta Unik Light Snowmobile, Kendaraan Pengganti Motor di Map Vikendi
» Raja Tanpa Mahkota, 7 Pemain Veteran Dota 2 yang Belum Mencicipi Juara The International
» Waspada Virus Corona! Inilah 5 Game Bertema Virus Jahat sebagai Bahan Pelajaran Gamer
» 7 Game PlayStation 1 yang Bikin Gamers Tahun 90an Nostalgia ke Masa Kecil!
» [SPECIAL] Clint vs Violet, Sama-sama Piercing Shot Mana yang Jadi Carry Sejati
1. Morris Worm
Yap, ini adalah virus komputer worm yang pertama di dunia. Morris Worm bisa dibilang sangat menghebohkan pada saat 2 November 1988. Sebanyak 10 persen pengguna komputer di Internet seluruh dunia terkena imbasnya. Untuk membersihkan virus Morris Worm ini di seluruh dunia, pemerintah terkait menghabiskan sampai dengan USD 100 juta.

2. Lovebug
Virus ini dikirim melalui email yang berjudul I Love You dengan teks bertuliskan LOVE-LETTER-FOR-YOU.TXT.VBS, virus ini akan langsung menggandakan filenya lalu menghapus file .jpg serta jpeg. Meskipun tidak bisa dibandingkan dengan virus WannaCry yang telah berhasil menyerang ratusan negara. Virus Lovebug ini hanya berhasil menyerang 20 negara, akan tetapi virus ini telah menyebabkan kerugian sebesar USD 10 Miliar di 20 negara tersebut.

3. Code Red
Code Red merupakan virus berjenis worm yang muncul pada tahun 2001. Dikala itu memang virus komputer berjenis worm sangat menjengkelkan. Code Red ini mengincar Microsoft IIS Web Server dengan meninggalkan pesan "Hacked by Chinese!" serta merusak situs resmi White House. 2 juta server IIS saat itu telah berhasil diserang dengan kerugian sampai dengan USD 2 miliar.

4. Conficker
Salah satu jenis virus komputer yang tidak kalah dengan WannaCry. Virus dengan nama Win32/Conficker.C ini sangat amat berbahaya karena penyebarannya yang sangat cepat pada Oktober 2008 lalu. Virus ini berhasil menginfeksi 9 juta komputer di seluruh dunia yang mejadikannya virus paling mematikan dengan menyebabkan kerusakan terbesar. Conficker berhasil membuat kerugian sebesar USD 9 miliar.

5. Rensenware
Sebenarnya virus ransomware yang satu ini mematikan sekaligus seru. Bagaimana tidak, sang pembuat virus tidak meminta uang tebusan, tetapi meminta kamu untuk memainkan sebuah game arcade shooting dengan tingkat kesulitan yang luar biasa serta mengharuskan kamu untuk mendapatkan score 200 juta point pada game Tohou, Undefined Fantastic Object dengan tingkat kesulitan lunatic.

Rensenware ini dibuat oleh progammer asal Korea. Saking sadisnya, bahkan sang programmer pun sempat terkena virus yang ia buat sendiri. Programmer asal Korea tersebut mengunggah virusnya melalui situs GiftHub. Lalu akhirnya virus yang ia buat menjadi viral di Internet, dan sontak ia meminta maaf dan langsung memberikan sebuah program pembasmi virus tersebut.

Baca ini juga :

» Anti Selip! Fakta Unik Light Snowmobile, Kendaraan Pengganti Motor di Map Vikendi
» Raja Tanpa Mahkota, 7 Pemain Veteran Dota 2 yang Belum Mencicipi Juara The International
» Waspada Virus Corona! Inilah 5 Game Bertema Virus Jahat sebagai Bahan Pelajaran Gamer
» 7 Game PlayStation 1 yang Bikin Gamers Tahun 90an Nostalgia ke Masa Kecil!
» [SPECIAL] Clint vs Violet, Sama-sama Piercing Shot Mana yang Jadi Carry Sejati
Nah, itulah beberapa virus yang cukup menghebohkan sebelum terjadi virus ransomware WannaCry saat ini telah menjadi perbincangan di dunia maya. Segala macam virus tidak akan menginfeksi komputermu jika kamu bijak saat berselancar di internet. Selain itu, rutin lah update sistem operasi milikmu serta gunakan antivirus yang handal.

(KotakGame)

Jika ingin mengirim artikel, kerjasama event dan memasang Iklan (adverstisement) bisa melalui email redaksi[at]kotakgame.com atau Hotline 021-98299724
rekomendasi terbaru