Feature

Metropolismania, Sebuah Game Simulasi Jadul yang Keren dengan Tujuan Membangun Sebuah Kota

oleh: Billy Mariza

Mungkin anak konsol generasi awal PlayStation 2 banyak yang terpana dengan game-game hack and slash seperti Devil May Cry ataupun God of War yang sangat populer pada zamannya. Segi grafis yang meningkat dan kemampuan yang berbeda dari generasi sebelumnya banyak mengeksplor game-game jenis terbaru.

Namun tahukah Kotakers ada sebuah simulator game membangun kota yang memacu kita untuk membuat sebuah peradaban dalam sebuah map yang di antah berantah dan kita sebagai berperan sebagai pembangun kotanya. Yap, game tersebut berjudul Metropolismania yang dirilis pada tahun 2001.

Dikembangkan oleh Indi dan diterbitkan oleh Media Factory di Jepang, dan Natsume di Amerika Utara, serta Ubisoft untuk bagian Eropa mengharuskan para gamer untuk bisa berinteraksi dengan para NPC untuk meramaikan beberapa kota. Mau tahu beberapa Fakta unik dari game ini? Yuk, simak saja ulasannya dari Kru KotGa!

Baca ini juga :

» [KotaKlasik]: Tekken: Dari Tester Animasi 3-D Menjadi Raja Game Fighting 3-D Legendaris
1. Simulasi Membangun Kota


Sumber: Natsume

Game ini mengajakmu untuk meningkatkan sebuah populasi di sebuah kota dan peradaban disana. Diawal permainan kamu harus membangun sebuah perkotaan dengan sebuah surat izin untuk membangun rumah ataupun fasilitas kota, dan kamu harus bisa membangun secara rapi antar lintas jalan maupun rumah di dalam pulau atau kota tersebut.

Kamu juga harus bersosialisasi kepada para penduduk agar bisa menemukan kenalan baru yang ingin pindah di kota yang sedang kamu bangun. Dengan beragam jenis rumah atau tipe serta ukuran, kamu harus bisa menyelaraskan semuanya agar bisa mendapatkan tempat secara maksimal. Terkadang ada beberapa wilayah yang membutuhkan air untuk pembangunannya seperti tambak ikan ataupun sebuah resort yang membutuhkan air dalam penempatannya.

2. Membantu Memecahkan Masalah yang Terjadi di Sekitarmu


Sumber: Natsume

Dalam membangun kota, pada umumnya akan ada warga yang ingin protes terhadap sesuatu ataupun permintaan untuk dapat mengakses sebuah tempat umum di sekitarnya. Hal ini akan kamu temukan jika pemilik bangunan merasa ada yang kurang dari sekitar rumahnya dan secara otomatis bangunan yang ia miliki berwarna sesuai permintaannya.

Warna tersebut ialah Merah (Rumah Sakit), Biru (Kantor Polisi), Pink (Tempat Makan), Oranye (Tempat Hiburan), Coklat Muda atau Coklat Tua (Sekolah), Biru Muda (Kantor atau Gas Station), hingga Hijau (Pekerja). Semakin banyak kamu menyelesaikan masalah di kotamu, maka kebahagiaan dikotamu akan meningkat.

Tentunya ada beberapa hal yang kompleks terjadi di game ini seperti adanya penduduk yang tidak ingin adanya pabrik di sekitarnya akibat suara bising yang terjadi, namun disatu sisi kamu harus tetap menjaga penduduk yang sering sekali dibutuhkan pabrik untuk mendapatkan pekerja. Namun tenang, ada solusi untuk ini kamu hanya menghindari penduduk dekat dengan pabrik paling tidak dua atau tiga bangunan.

Fitur Index :

  1. Halaman 2
KRU KOTGA BISA BACA PIKIRANMU! Kamu pasti akan suka dengan artikel ini :
Jika ingin mengirim artikel, kerjasama event dan memasang Iklan (adverstisement) bisa melalui email redaksi[at]kotakgame.com atau Hotline 021-98299724
rekomendasi terbaru