Preview

ASUS ROG Zephyrus M. Kerja Bisa, Gaming Bisa!

oleh: Keyboard22,

Halaman 1



ASUS ROG Zephyrus M. Pertama dengan Intel Coffee Lake!

Intel akhirnya meresmikan kehadiran prosesor kelas performa terbarunya berbasis arsitektur Coffee Lake secara global. Prosesor yang dibuat berdasarkan teknologi manufaktur 14 nanometer versi mutakhir tersebut digadang-gadang menawarkan performa hingga 45 persen lebih tinggi dibanding generasi pendahulu dalam berbagai skenario penggunaan.

Salah satu laptop pertama yang menghadirkan prosesor Intel generasi terbaru tersebut adalah ASUS dengan model ROG Zephyrus M GM501.

Saat diluncurkan, ASUS ROG Zephyrus tidak hanya mendefinisi ulang laptop gaming yang tipis dan ringan, tetapi juga menjadi generasi baru ROG, laptop klasik. Versi terbaru, yakni Zephyrus M GM501 mewarisi desain klasik Zephyrus yang memenuhi kebutuhan kinerja yang memuaskan, serta masa pakai baterai yang memadai. Untuk ukuran sebuah laptop gaming.

ROG Zephyrus M GM501 kini diperkuat prosesor enam inti Intel Core i7 yang bertenaga dan grafis NVIDIA GeForce GTX 1070, menawarkan level baru sebuah laptop yang dapat digunakan baik untuk ROG esports dan bekerja.

Dari sisi dimensi, ketebalan Zephyrus M GM501 dipertahankan antara 17,5 hingga 19,9 mm. Masih cukup tipis untuk mengakomodasi dua perangkat penyimpanan dan baterai yang lebih besar. Namun, karena penyesuaian ketebalan, keyboard dan posisi desain termal AAS telah berubah. Misalnya, ketinggian bagian bawah laptop meningkat, dan jumlah outlet thermal meningkat menjadi empat untuk mempertahankan kinerja yang kuat dan pembuangan panas ekstrem yang harus dimiliki laptop seri Zephyrus.

ASUS ROG Zephyrus M GM501 memungkinkan gamer untuk beralih secara manual antara discrete graphics dan mode Optimus. Kartu grafis diskrit meningkatkan kinerja permainan, sementara kartu grafis terintegrasi menghemat masa pakai baterai. Terlebih lagi, keyboard AURA RGB dan layar G-Sync dengan refresh rate tinggi yang dibutuhkan oleh gamers semuanya tersedia, memuaskan kinerja dan daya tahan yang diperlukan untuk game dan bekerja.

Penampilan Ekstrim dengan Pembuangan Panas Mutakhir

Dari sisi penampilan, permukaan lid ROG Zephyrus M menggunakan garis finish ganda yang disebut dengan “3D Drawbench” yang dipisahkan pada sudut 45 derajat untuk menegaskan guratan halus dengan arah berbeda. Ini tidak hanya membuat produksi cover penutup tersebut menjadi lebih sulit, tetapi juga melambangkan Zephyrus M yang menjaga keseimbangan antara kinerja dan daya tahan.

Mempertimbangkan desain estetika dan teknik disipasi panas, bagian bawah bingkai keyboard memiliki desain yang disebut dengan plasma copper drill cut design yang meningkatkan estetika dan membuat tepi laptop menjadi sangat halus. Karena perubahan ketebalan, posisi optimal untuk keyboard digeser ke bagian tengah bingkai keyboard.

Keyboard-nya sendiri merupakan keyboard berukuran penuh, dan trackpad dilapisi dengan Hot Glossy Printing. Meskipun keyboard terletak di tengah, ada saluran udara di atasnya.

Bagian bawah laptop memiliki struktur penghilang panas khusus sehingga ketika laptop terbuka, bagian bawah akan mengangkat laptop setinggi 9mm, memungkinkan udara dingin mengalir melalui bagian atas keyboard serta celah di bagian bawah untuk memaksimalkan sirkulasi udara. Selain itu, ada empat ventilasi heat sink yang terletak di sebelah kiri, kanan, dan belakang laptop untuk mengeluarkan panas.

Laptop Hexa-Core, Kerja Bisa, Gaming Bisa!

ROG Zephyrus M GM501 adalah yang pertama di dunia yang menggunakan prosesor Intel Core i7 generasi ke-8 yakni i7-8750H Intel, yang memiliki 6-core 12-thread, dan bekerja pada 2.2GHz-3.9Ghz auto-overclock. Selain itu, pada prosesor generasi ke-8, selain peningkatan core dan kinerja, chipset juga telah ditingkatkan ke HM370, yang pada akhirnya memungkinkan GM501 untuk dilengkapi dengan clock memory tinggi yakni DDR4 2666MHz untuk meningkatkan kinerja komputasi secara keseluruhan.

Menurut tes Cinebench R15 untuk CPU multi-core, generasi baru GM501 dapat meningkatkan kinerja multi-core hampir 70% dan kinerja single core dengan signifikan 20%. Generasi baru CM501 memberikan pemain kinerja CPU yang lebih kuat dan pengolahan kata yang lebih cepat dan konversi multimedia.

NVIDIA GeForce GTX 1070 untuk Kinerja, Grafis Terintegrasi untuk Masa Aktif Baterai

GM501 dilengkapi dengan kartu grafis diskrit Nvidia GeForce GTX 1070 8GB GDDR5 untuk tidak hanya memenuhi kebutuhan rendering visual game-game kelas AAA, tetapi juga menawarkan pengalihan mode GPU antara diskrit grafis dan Optimus (laptop harus direstart ketika mode GPU diubah)

Mode diskret grafis memungkinkan kinerja grafis yang paling kuat. Mode Optimus memungkinkan grafik diskret GTX 1070 dan grafis terintegrasi iGPU, dan melalui NVIDIA Optimus, memilih untuk menggunakan iGPU atau GTX 1070 tergantung pada aplikasi untuk masa pakai baterai terbaik.

Karena itu, GM501 dilengkapi chip grafis diskrit GTX 1070 dan layar G-Sync dengan tingkat penyegaran tinggi untuk kinerja game dan permainan yang halus sementara mode Optimus mengoptimalkan masa pakai baterai, menjadikan laptop pilihan yang sempurna untuk pekerjaan dan game.

Active Aerodynamic System (AAS)

Istilah AAS digunakan untuk meringkas desain disipasi panas dari laptop, kipas, dan sirip termal. Zephyrus memelopori AAS untuk memungkinkan lebih banyak udara dingin mengalir ketika laptop dibuka dengan menciptakan celah di bagian bawah.

Pengoptimalan pendinginan dilakukan karena ketipisan Zephyrus M membuat penempatan keyboard harud digeser ke tengah untuk kenyamanan maksimal. Selain udara mengalir melalui setengah bagian atas keyboard, untuk memastikan asupan udara yang cukup, bagian bawah akan mengangkat ketika laptop dibuka untuk menciptakan celah 9mm untuk aliran udara yang lebih baik.

Komponen CPU, GPU dan power supply akan mengalirkan panas melalui heat sink tembaga dan heat pipe ke thermal fin setebal 0,1 milimeter. Dan melalui kipas 12V berdesain baru serta penggunaan liquid crystal polymer (LCP), panas dibuang melalui sirip-sirip kipas. 71 bilah kipas kini 33% lebih tipis dan mampu meningkatkan aliran udara hingga 15%.

Teknologi AAS milik Zephyrus M juga sedikit berbeda dengan Zephyrus versi awal. Sebagai contoh, ruang yang terjadi di bawah laptop saat terbuka telah meningkat dari 7 milimeter menjadi 9 milimeter. Dan kini, ada empat buah outlet pembuangan panas. Sebelumnya hanya ada tiga. Namun demikian, seluruh teknologi ASUS yakni Anti-Dust thermal tunnels untuk memastikan debu-debu tetap tersalurkan dan terbuang ke luar juga tetap hadir.

TAGS

Jika ingin mengirim artikel, kerjasama event dan memasang Iklan (adverstisement) bisa melalui email redaksi[at]kotakgame.com atau Hotline (021) 93027183
rekomendasi terbaru



Most Popular Previews
Belum ada Preview