Feature

Komparasi iPad Pro M2 vs iPad Air 5

oleh: Aeprukmana

Halaman 3

AUDIO

Dari experience kami menggunakan kedua iPad ini, selain layar dan modul kamera, audio menjadi pembeda yang cukup berasa. iPad Pro M2 yang dibekali dengan 4 speaker punya kualitas audio yang lebih baik dari iPad Air 5. Detail suara dari iPad Pro M2 di deliver dengan sangat baik. Menonton film, mendengarkan musik hingga bermain game, speakernya sudah sangat oke.

Berbicara soal menonton film, mendengarkan musik dan bermain game, jika kamu beli iPad Pro M2, kamu akan mendapatkan free 3 bulan Apple Arcade, selain itu bakal dapat juga free Apple Music dan Apple TV, tentunya dalam periode waktu yang terbatas.

PERFORMA & BENCHMARK

iPad Pro M2 11 Inch dibekali dengan chip Apple M2 CPU 8-core dengan 4 Performance cores dan 4 efficiency cores, GPU 10-core, 16-core Neural Engine, Bandwidth memori 100 GB/dtk, RAM 8 GB dengan storage 128 GB.

iPad Air 5 dibekali dengan Chip Apple M1, 8-core CPU dengan 4 performance cores and 4 efficiency cores, 8-core GPU, 16-core Neural Engine, RAM 8GB dan storage 64GB.

BENCHMARK

Kami benchmark kedua produk Apple ini menggunakan beberapa software benchmark sintetis, dan berikut adalah hasilnya:

Terlihat jelas ada gap performa yang cukup jelas di benchmark sintetis ini.

GAMING & CONTENT CREATION EXPERIENCE

Kami coba kedua tab ini untuk bermain game dan editing video.

Untuk gaming iPad Pro M2 ini lebih unggul dari iPad Air 5, selain dari chip, juga dari layarnya, iPad Pro M2 sudah mendukung layar 120Hz yang dimana ini sangat asik untuk bermain game.

Kami tadi mencoba bermain Genshin Impact, Call of Duty Mobile dan Mobile Legends Bang Bang, dengan setting tinggi hasilnya sangat mulus, apalagi di game CODM 120Hz nya disini terpakai secara maksimal.

Lalu kami juga coba untuk editing video menggunakan Capcut, hasilnya mulus, baik di iPad Pro M2 maupun di iPad Air 5 yang masih menggunakan chip M1. Bisa dibilang untuk kebutuhan daily, chip M2 di iPad Pro 11 Inch ini cukup overpower.

Berbicara soal content creations atau produktiviti di iPad, sepertinya kurang lengkap jika tidak menggunakan keyboard dan pen.

Kita semua tahu bahwa aksesoris Apple itu harganya cukup tinggi, tapi tenang, buat kamu yang butuh keyboard dan pen untuk iPad tapi harganya cukup bersahabat, kami punya solusi buat kamu.

Perkenalkan, ini adalah Logitech Combo Touch dan Logitech Crayon.

Logitech Combo touch ini merupakan keyboard sekaligus case yang sangat menarik, pakai keyboard di iPad bakal bikin kamu makin produktif.

Jika dirasa masih kurang produktif, kamu bisa tambah pake Logitech Crayon, yang satu ini sudah menggunakan Type-C. Karena di bangun menggunakan teknologi Apple Pen, jadi secara kualitas dan fungsi tidak perlu diragukan lagi.

Secara pribadi kami merasa puas dengan kedua produk dari Logitech ini, iPad yang tadinya hanya sekedar untuk menonton film dan bermain game, sekarang jadi lebih produktif baik itu untuk kerja ataupun membuat konten.

Di marketplace Logitech Combo Touch dijual dengan harga kisaran 2,8 jutaan tergantung seri iPad yang kamu punya. Ini keyboardnya detachable jadi bisa kamu lepas pasang dari case utamanya.

Untuk Logitech Crayon Digital Pencil for iPad di marketplace dijual kisaran harga 1,2 Jutaan.

Kedua produk tadi jelas lebih murah, tapi secara kualitas dan fitur tidak perlu diragukan lagi.

Karena kedua iPad ini support display output, kita coba hubungkan ke monitor, kebetulan kami ada monitor gaming Cooler Master Tempest GP27U. Ini menyenangkan jadi bisa nonton di layar yang lebih besar, bermain game juga jadi lebih menyenangkan.

Apalagi monitor yang kami gunakan ini sudah 27 inch Quantum Dot Mini LED resolusi 4K, 160Hz, warna yang di produce sudah top notch, harganya juga cuma 14 jutaan saja, sangat worth it.

Monitor ini bisa jadi rekomendasi buat kamu yang sedang mencari monitor 4K 27 Inch 160Hz yang punya panel layar bagus dan bisa digunakan untuk produktivitas kelas profesional.



Jika ingin mengirim artikel, kerjasama event dan memasang Iklan (adverstisement) bisa melalui email redaksi[at]kotakgame.com atau Hotline 021-98299724
rekomendasi terbaru