NEWS

Jadi Samurai Era Bakumatsu di Game Souls-Like yang Open World! - Preview Rise of the Ronin

Abraham Kaeris   |   Selasa, 12 Mar 2024


Makin update dengan berita game dan esports! Yuk subscribe ke channel YouTube KotakGame DI SINI dan Instagram KotakGame DI SINI! Bakal ada banyak FREE GIVEAWAY Diamonds, UC, PS4, gaming peripheral, dan lainnya!

Makin update dengan berita game dan esports! Yuk subscribe ke channel YouTube KotakGame DI SINI dan Instagram KotakGame DI SINI! Bakal ada banyak FREE GIVEAWAY Diamonds, UC, PS4, gaming peripheral, dan lainnya!
Wow. Itulah ekspresi saya saat pertama kali mencoba Rise of the Ronin. Mengapa? Mekanisme combat yang seru, tidak kaku, dan juga menegangkan. Kamu akan dibuat seperti berdansa diiringi suara logam baja yang bernyanyi melalui pedang atau senjatamu yang lain. Alur ceritanya yang intens juga akan membuat matamu fokus kepada game yang disajikan, belum lagi kamu akan diberikan pilihan saat menjalankan misi ataupun melakukan hal-hal lainnya. Tidak hanya itu, dunianya yang luas juga akan membuatmu jatuh semakin dalam saat memainkan aksimu sebagai sang Ronin.



Soulslike Dengan Tingkat Kesulitan Bisa Diatur



Rise of the Ronin memberikan combat yang menurut saya cukup komplex di bagian sistem mekaniknya. Kamu dapat melawan musuh dengan senjata pilihan kamu yang nantinya bisa kamu gabungkan dengan skill-skill yang sudah kamu buka sesuai dengan atribut stat pilihan kamu. Ada 4 stat yaitu Strength, Dexterity, Charisma, and Intelligence yang bisa bertambah seiring perjalannya game bisa dengan memakai item ataupun cara lainnya.

Mekanisme pertarungan Rise of the Ronin bisa dibilang mirip dengan Soulslike pada umumnya, namun tetapi pada situasi ini, Rise of the Ronin memberikan mekanisme pertarungan yang lebih seru, menarik, dan tentunya menegangkan. Fitur Counterspark benar-benar memberikan identitas pada game ini, dan juga penggunaan Grappling Hook pada combat juga sangat on point dan menarik.



Stamina Management di game ini benar-benar tidak bisa dianggap remeh, saya dibuat harus lebih berhati-hati dalam memutuskan langkah apa yang harus saya lakukan saat melawan musuh. Walau saya hanya memainkan Rise of the Ronin pada mode Dusk yang mungkin bisa dikatakan sebagai mode Normal, saya tetap harus dibuat berhati-hati agar tidak ceroboh.

Beberapa lawan yang kamu temukan saat eksplorasi juga tidak bisa kamu anggap remeh, sedikit kesalahan maka kamu akan bertemu dengan akhir hidupmu. Tetapi tenang saja buat kamu yang ingin lebih santai dalam bermain game ini, kamu bisa merubah difficulty settingnya dan juga kamu bisa mengaktifkan beberapa fitur yang akan membuat gamenya menjadi lebih mudah.

Takdirmu Ada Ditanganmu Sendiri



Capek main game yang protagonisnya suka mengambil keputusannya sendiri? Rise of the Ronin akan cocok banget buat kamu yang sedikit rebel dan pengen mengambil keputusan versi kamu. Pada Rise of the Ronin kamu akan diberikan kebebasan untuk menentukan jalan takdirmu sendiri sehingga cerita yang disajikan akan bergantung dari hal itu.

Selain akan menentukan jalan cerita kamu sendiri, Rise of the Ronin juga mempunyai fitur menarik yaitu Human Bonds yang dimana saat kamu makin dekat dengan para NPC, kamu akan bisa mendapatkan benefit dari mereka seperti item ataupun combat style baru. Belum lagi saat bertarung kamu juga bisa mengganti-ganti karakter yang ingin kamu gunakan sehingga membuka opsi pertarungan menjadi lebih luas. Hal ini tentu merupakan salah satu keunggulan yang akan saya perhatikan seiring jalannya permainan.

Ada juga beberapa momen yang dimana kamu bisa memilih untuk mengampuni lawanmu. Dan karena itu, terkadang ada hal baik yang dapat terjadi karena keputusanmu itu. Hal ini sepertinya akan membuat replay value dari Rise of the Ronin sangat tinggi

Nikmati Wilayah Yang Indah



Kebanyakan Soulslike biasanya hanya memberikan tempat eksplorasi yang kecil, namun tidak dengan Rise of the Ronin.Team NINJA sukses menciptakan dunia yang luas dan penuh dengan kehidupan, mau itu dari sisi NPC yang baik atau NPC-NPC jahat yang bisa kamu lawan.

Banyak juga aktivitas diluar misi utama yang dapat kamu lakukan di dunia Rise of the Ronin. Kamu dapat menyelesaikan quest yang nantinya akan memberikan kamu benefit dan juga cerita menarik. Beberapa quest di Rise of the Ronin mempunyai ceritanya yang menarik sehingga kadang quest-quest ini terasa seperti bukan sekedar side quest biasa.



Rise of the Ronin akan memberikan pemainnya pengalaman yang luar biasa tidak hanya dari segi combat yang menurut saya jauh diatas rata-rata game Soulslike pada umumnya, tetapi juga dari pilihan yang akan mempengaruhi cerita atau bahkan dunia luas yang akan kamu telusuri nantinya. Game eksklusif PS5 yang satu ini pantas untuk dibilang ambisius jika dilihat dari fitur-fitur yang diberikan Team NINJA untuk pemain.

Baca ini juga :

» Pemburu Cantik Yang Berdansa Dengan Pedangnya - Stellar Blade Review
» Bentar Lagi Rilis di PC! Ini dia Spesifikasi PC Buat Mainin Ghost of Tsushima: Director's Cut!
» Live Action One Punch Man Akan Dikerjakan Oleh Penulis Rick and Morty
» PS5 Pro is Real! Sony Minta Developer Siapin Game Mereka Termasuk Support Peningkatan Ray-Tracing!
» Sony Takedown Video Bocoran PS5 Pro dari Youtuber Moore's Law Is Dead! Apakah Bocorannya Beneran?

TAGS

Jika ingin mengirim artikel, kerjasama event dan memasang Iklan (adverstisement) bisa melalui email redaksi[at]kotakgame.com atau Hotline (021) 93027183
rekomendasi terbaru