NEWS

Sebuah Toko Komputer di Jepang Punya Mesin Gacha yang Hadiahnya Bisa Dapet Prosesor!

Rahmat Handiko    |   Jumat, 26 Apr 2024


Makin update dengan berita game dan esports! Yuk subscribe ke channel YouTube KotakGame DI SINI dan Instagram KotakGame DI SINI! Bakal ada banyak FREE GIVEAWAY Diamonds, UC, PS4, gaming peripheral, dan lainnya!

Makin update dengan berita game dan esports! Yuk subscribe ke channel YouTube KotakGame DI SINI dan Instagram KotakGame DI SINI! Bakal ada banyak FREE GIVEAWAY Diamonds, UC, PS4, gaming peripheral, dan lainnya!

Di Jepang, ada sebuah mesin mainan kapsul yang menawarkan hadiah berupa CPU Intel. Pengguna Twitter dengan nama Sawara-San berhasil mendapatkan sebuah CPU Intel Core i7-8700 dengan hanya membayar 500 Yen (sekitar $3,25) dan memutar knop pada mesin tersebut. Namun, ternyata CPU yang didapatkannya memiliki beberapa kekurangan.

Mesin mainan kapsul ini merupakan contoh dari mesin gacha atau gasha, yang sangat populer di Jepang dan beberapa negara Asia lainnya. Biasanya, mesin ini berisi mainan plastik kecil yang dikeluarkan setelah pengguna memasukkan uang dan memutar knop. Mesin ini sering kali memiliki tema tertentu seperti Hello Kitty atau mobil-mobilan, sehingga pengguna tahu jenis hadiah yang akan didapatkan, meski tidak tahu persis barang apa yang akan keluar.

Pada kasus ini, mesin gacha diisi dengan CPU Intel. Tidak jelas jenis CPU lain yang mungkin ada, tetapi ada kemungkinan sebagian besar berasal dari dekade sebelumnya atau mungkin merupakan komponen yang tidak berfungsi sepenuhnya.

Mesin gacha CPU ini terletak di depan atau di dalam toko komputer bernama 1's PC, yang menjual berbagai komponen PC baru dan bekas, serta kamera, media, software dan lainnya. Mesin gacha bisa menjadi cara yang menyenangkan bagi pengunjung toko untuk mencoba peruntungan, sekaligus berfungsi sebagai cara untuk membuang CPU yang sudah tua atau rusak.

Baca ini juga :


» [TGS 2023] Japan Game Awards: 2023 Amateur Division Hadirkan Game Berkualitas karya Para Amatir!
» KotakGame Berkunjung ke Kantor Bandai Namco di Jepang, Ada Sesuatu?
» Top Up 7 Juta Rupiah, Windah Basudara All In Untuk Dapatkan Messi Edisi Founders!
» Ditentang Enam Partai! Pemerintah Belanda Akan Banned Loot Box Gacha Dalam Game!
» Setahun di Jepang, PewDiePie Masih Tidak Menyukai Bahasa Jepang Karena Sulit Dikuasai

Dalam video berbahasa Jepang, terlihat bahwa Sawara-San merasa beruntung setelah mendapatkan Intel Core i7-8700 hanya dengan membayar $3. Ia kemudian bergegas pulang untuk memasang dan menguji prosesor tersebut. Sawara-San tampaknya senang membeli komponen PC 'rongsokan' dan bersemangat untuk menguji CPU tersebut.

Namun, perlu diingat bahwa proses berlangganan Starlink memiliki batas waktu 15 menit per sesi sebelum sesi tersebut berakhir. Oleh karena itu, bagi yang tertarik untuk mencoba layanan ini, disarankan untuk menyelesaikan transaksi dalam waktu yang ditentukan.

Namun, keberuntungan Sawara-San ternyata tidak sepenuhnya tanpa kendala. Meskipun CPU berhasil melakukan booting ke BIOS, terdapat masalah lain seperti kerusakan layar dan kegagalan instalasi Windows. Sawara-San akhirnya menyimpulkan bahwa mungkin ada masalah dengan salah satu atau beberapa core CPU.

CPU yang didapatkan dari mesin gacha tampaknya hanya berfungsi dengan lima core dan sepuluh thread. Meskipun demikian, CPU tersebut masih dapat menjalankan Windows dan menyelesaikan benchmark seperti Cinebench R15 dan R23. Sampel 5-core/10-thread ini mencapai 992cb pada pengujian Cinebench R15 nT, namun hasil ini jauh lebih rendah dibandingkan dengan sampel yang berfungsi penuh, yang mencetak 1.420cb.

Core i7-8700 bekas dari toko PC 1 dijual dengan harga 13.800 Yen ($90) dengan garansi tiga bulan, dan Sawara-San tampaknya puas dengan hadiah gacha yang didapatkannya. Masih belum jelas CPU apa lagi yang mungkin tersembunyi di dalam mesin tersebut.



Selain berita utama di atas, KotakGame juga punya video menarik yang bisa kamu tonton di bawah ini.

TAGS

Jika ingin mengirim artikel, kerjasama event dan memasang Iklan (adverstisement) bisa melalui email redaksi[at]kotakgame.com atau Hotline (021) 93027183
rekomendasi terbaru