NEWS

Android Berencana Bakal ada Fitur eSIM Biar Bisa Nyaingin Apple!

Rahmat Handiko    |   Jumat, 12 Jan 2024


Makin update dengan berita game dan esports! Yuk subscribe ke channel YouTube KotakGame DI SINI dan Instagram KotakGame DI SINI! Bakal ada banyak FREE GIVEAWAY Diamonds, UC, PS4, gaming peripheral, dan lainnya!

Makin update dengan berita game dan esports! Yuk subscribe ke channel YouTube KotakGame DI SINI dan Instagram KotakGame DI SINI! Bakal ada banyak FREE GIVEAWAY Diamonds, UC, PS4, gaming peripheral, dan lainnya!

Ponsel Android bisa segera mendapatkan fitur untuk mengubah SIM fisik menjadi eSIM. Fitur ini sudah terlihat pada Android 14 beta terbaru.

Kartu SIM fisik digantikan oleh eSIM, dengan merek-merek seperti Apple dan Google yang telah menggunakan teknologi ini pada ponsel mereka. iPhone bahkan memungkinkan Anda untuk mengonversi SIM tradisional Anda menjadi eSIM, sebuah fitur yang belum tersedia pada ponsel Android.

Namun, Google dilaporkan sedang mengerjakan fitur "Konversi ke eSIM". Fitur ini pertama kali terlihat di Android 14 Developer 1 tetapi tidak sampai ke rilis Android 14 yang stabil. Sekarang fitur tersebut kembali muncul di Android 14 QPR 2 Beta 3 terbaru.

Baca ini juga :


» ArcheAge War akan Buka Server Global pada Kuartal Kedua 2024
» Metal Slug: Awakening Update Mode Operasi Gabungan! Ada Hero dan Senjata Baru
» [Rumor] Samsung Dikabarkan Akan Merilis Galaxy S24 FE Di Akhir Tahun ini!
» Jelajahi MMORPG Immortal Kingdoms M! Top-Up Diamond Pack di UniPin
» Socialpoint Studio dari Zynga Berkolaborasi dengan MrBeast untuk Battle Challenge di Top Troops

Bagi yang belum tahu, eSIM mengambil sirkuit SIM, menyoldernya langsung ke papan smartphone, dan membuatnya dapat diprogram ulang dari jarak jauh melalui perangkat lunak. Seperti namanya, eSIM berbentuk digital dan tidak dapat dilepas seperti SIM fisik.

Meskipun eSIM didukung pada sebagian besar flagship Android, mereka tidak mengizinkan Anda mengonversi SIM fisik ke eSIM. Hal ini mungkin akan segera berubah karena Google sudah menguji fitur tersebut dengan Android 14 QPR 2 Beta 3 terbaru, seperti yang dilaporkan saluran Telegram Google News.

Perdebatan eSIM vs SIM fisik membuat banyak orang terbagi jadi yang mendukung dengan yang tidak. eSIM memiliki beberapa keuntungan yang jelas. Pertama, eSIM tidak dapat dirusak atau diduplikasi secara fisik. Ukurannya yang kecil juga memungkinkan produsen untuk menambahkan komponen tambahan dan memfasilitasi perangkat kedap air.

Namun, ada juga sisi negatifnya. Jika Anda terbiasa menukar kartu SIM tunggal di antara banyak perangkat yang berbeda, eSIM akan membuat hal itu jauh lebih menantang. Alih-alih hanya memasukkan kartu, Anda harus melalui proses aktivasi setiap kali melakukan pertukaran.


Selain berita utama di atas, KOTAKGAME juga punya video menarik yang bisa kamu tonton di bawah ini.

TAGS

Jika ingin mengirim artikel, kerjasama event dan memasang Iklan (adverstisement) bisa melalui email redaksi[at]kotakgame.com atau Hotline (021) 93027183
rekomendasi terbaru