NEWS

Acara Peluncuran iPhone 13 Virtual Dipalsukan Dan Sang Penipu Meraup Bitcoin Senilai Rp 985 Juta

Yohanes   |   Senin, 27 Sep 2021


Makin update dengan berita game dan esports! Yuk subscribe ke channel YouTube KotakGame DI SINI dan Instagram KotakGame DI SINI! Bakal ada banyak FREE GIVEAWAY Diamonds, UC, PS4, gaming peripheral, dan lainnya!

Makin update dengan berita game dan esports! Yuk subscribe ke channel YouTube KotakGame DI SINI dan Instagram KotakGame DI SINI! Bakal ada banyak FREE GIVEAWAY Diamonds, UC, PS4, gaming peripheral, dan lainnya!

Peluncuran iPhone 13 virtual oleh Apple beberapa waktu lalu memanglah menjadi salah satu acara yang sangat ditunggu oleh publik. Akan tetapi hal ini ternyata juga dimanfaatkan oleh oknum-oknum tidak bertanggung jawab yang melakukan penipuan digital.. Firma sekuriti Zscaler melaporkan bahwa scammer yang identitasnya belum diketahui telah mengelabui banyak orang lewat sebuah kanal YouTube yang dibuat seolah-oleh menayangkan acara peluncuran iPhone 13. Padahal, kanal itu merupakan kedok yang sengaja dibuat oleh penipu untuk meyakinkan korbannya. Kanal scammer tersebut menggunakan logo Apple, serta memutar rekaman video wawancara dengan CEO Apple, Tim Cook.

Baca ini juga :


» Pemerintah Minta Apple Hapus WhatsApp dan Threads dari App Store China!
» Main Game Nintendo di iPhone & iPad! Delta, Emulator Gratis Nintendo Kini Resmi Hadir di Apple App Store!
» Kabar Baik Bagi user iPhone! Akhirnya Apple Izinkan Benerin iPhone Pakai Part Bekas dari iPhone Lain!
» Apple Akhirnya Izinkan Emulator Masuk ke App Store, Udah Bisa Mainin Game Retro di iOS!
» Bocoran Casing iPhone SE 4, Adaptasi dari iPhone 14! Beda Dari Seri iPhone SE Sebelumnya!




Sumber: Zscaler


"Saat ditemukan, video di kanal palsu ini sedang disaksikan lebih dari 16.000 orang, sementara kanalnya sendiri memiliki 1,3 juta subscriber. Jumlah itu termasuk besar untuk aktivitas penipuan apapun," tulis Zscaler dalam laporannya. Kanal penipu tersebut mencantumkan tautan ke sebuah situs yang alamat URL-nya dibuat dengan menyertakan nama Apple supaya terkesan resmi. Di sinilah scammer tersebut menjalankan aksi yang menipu dengan kanal YouTube palsu tadi.

Situs yang telah dibuat semirip mungkin dengan website resmi Apple itu mengklaim bahwa Apple sedang menggelar event giveaway Bitcoin. Untuk ikut serta, pengunjung diminta mengirimkan Bitcoin sebanyak 0,1 hingga 20 keping ke sebuah alamat wallet. Sebagai imbalannya, pengunjung dijanjikan retur sebesar 2 kali nilai Bitcoin yang diberikan, yakni antara 0,2 hingga 40 keping.

Seperti cerita-cerita penipuan online yang sudah-sudah, tentu saja hadiah yang dijanjikan tersebut tidak pernah datang. Korban yang telah mentransfer Bitcoin pun hanya bisa pasrah. Menurut Zscaler, dompet digital sang scammer sudah menerima Bitcoin sebanyak 1,48299884 keping, dengan nilai sekitar 69.000 dollar AS atau sekitar Rp 985 juta. "Jumlah besar yang berhasil dikumpulkan di dompet Bitcoin dalam waktu singkat menunjukkan percobaan yang canggih dan sangat berhasil oleh para scammer," tulis Zscaler.

Selain berita utama pada artikel ini, Kru KotGa juga punya pembahasan menarik yang bisa kamu tonton pada video di bawah ini.

TAGS

Jika ingin mengirim artikel, kerjasama event dan memasang Iklan (adverstisement) bisa melalui email redaksi[at]kotakgame.com atau Hotline (021) 93027183
rekomendasi terbaru