NEWS

Nokia Masuk Industri Gaming Peripheral Dengan Game Controler Pertama Mereka

Yohanes   |   Senin, 13 Feb 2023


Makin update dengan berita game dan esports! Yuk subscribe ke channel YouTube KotakGame DI SINI dan Instagram KotakGame DI SINI! Bakal ada banyak FREE GIVEAWAY Diamonds, UC, PS4, gaming peripheral, dan lainnya!

Makin update dengan berita game dan esports! Yuk subscribe ke channel YouTube KotakGame DI SINI dan Instagram KotakGame DI SINI! Bakal ada banyak FREE GIVEAWAY Diamonds, UC, PS4, gaming peripheral, dan lainnya!

Siapa yang tidak kenal dengan brand legendaris Nokia, salah satu pemain besar dalam industri telekomunikasi yang mengalami keruntuhan di era smartphone karena menolak untuk mengadopsi OS Android. Ternyata selain smartphone, aksesori audio, dan beberapa barang elektronik lainnya, Nokia juga dikabarkan akan merilis sebuah gaming peripheral yang berwujud game controller untuk pertama kalinya. Rumor ini memang sudah berkeliaran selama beberapa bulan belakangan. Namun, kini bocoran tampilan controller tersebut, beserta kotak penjualannya, sudah beredar di internet. Aneka gambar controller yang konon bernama "Nokia Game Controller 5000GC" ini tersebar di internet karena pemegang lisensi controller tersebut, yaitu StreamView, kabarnya "tak sengaja" telah memasang produk ini di situs web mereka.

Baca ini juga :


» Aturan Smartphone Kembali Pakai Baterai Lepas-Pasang Segera Bergulir di Uni Eropa
» Vivo Dipaksa Berhenti Jualan di Jerman Akibat Melanggar Paten Nokia
» Nokia Tetap Menggunakan Logo Lamanya Untuk Produk Berlisensi Lainnya
» Nokia Ganti Logo untuk Pertama Kalinya dalam 60 Tahun
» Nokia Bikin Ponsel Android Go Harga Rp 1 Jutaan Dengan Nama C12, Android Go Comeback?




Sumber: NokiaPowerUser


Berdasarkan gambar-gambar tersebut, desain controller buatan Nokia ini tampak mirip dengan tampilan controller game lainnya yang terlebih dahulu sudah beredar di pasar. Nokia Game Controller 5000GC dibalut dengan hiasan warna hitam pekat dan tampak memiliki beberapa tombol konvensional yang ada di berbagai controller game masa kini. Beberapa di antaranya seperti tombol multidirectional pad, tombol fungsi "ABXY", dan dua buah stik analog.


Sumber: NokiaPowerUser


Ada pula beberapa tombol penunjang lainnya seperti tombol "More", "Recents", "Back", "Home", "Menu", dan "Google Assistant". Karena punya tombol Google Assistant, Nokia Game Controller 5000GC bisa dipakai untuk menerima input suara kepada asisten digital Google tersebut, tentunya untuk menjalankan beberapa hal di perangkat yang terhubung dengan controller ini. Terkait konektivitas, perangkat ini disinyalir telah mendukung fitur Bluetooth dan bisa dihubungkan dengan berbagai perangkat "pintar" seperti Android TV, Android Streaming Devices seperti Chromecast, hingga ponsel Android. Fitur pendukung lainnya konon mencakup tingkat ketahanan baterai yang diklaim mencapai 14 jam dalam sekali pengisian, hingga dukungan teknologi pengisian yang bisa mengisi daya perangkat dalam waktu 1 jam.



Ada pula fitur getaran (vibration feedback) yang kabarnya bisa memberikan pengalaman game yang lebih imersif, serta teknologi six-axis gyroscope untuk menghasilkan efek pergererakan stik analog yang lebih intuitif. Untuk ketersediaan, baik Nokia dan StreamView, belum mengumbar secara resmi kapan Nokia Game Controller 5000GC bisa dipakai oleh khalayak. Mereka juga belum memberi tahu negara mana saja controller ini bakal dipasarkan. Namun, laman penjualan StreamView yang memuat controller game tersebut sempat menguak bahwa perangkat ini dibanderol dengan harga 52,90 euro atau sekitar Rp 858.000 jika dirupiahkan.

Selain berita utama pada artikel ini, Kru KotGa juga punya pembahasan menarik yang bisa kamu tonton pada video di bawah ini.

TAGS

Jika ingin mengirim artikel, kerjasama event dan memasang Iklan (adverstisement) bisa melalui email redaksi[at]kotakgame.com atau Hotline (021) 93027183
rekomendasi terbaru