NEWS

Aturan Smartphone Kembali Pakai Baterai Lepas-Pasang Segera Bergulir di Uni Eropa

Yohanes   |   Senin, 19 Jun 2023


Makin update dengan berita game dan esports! Yuk subscribe ke channel YouTube KotakGame DI SINI dan Instagram KotakGame DI SINI! Bakal ada banyak FREE GIVEAWAY Diamonds, UC, PS4, gaming peripheral, dan lainnya!

Makin update dengan berita game dan esports! Yuk subscribe ke channel YouTube KotakGame DI SINI dan Instagram KotakGame DI SINI! Bakal ada banyak FREE GIVEAWAY Diamonds, UC, PS4, gaming peripheral, dan lainnya!

Setelah aturan port pengisian daya tunggal menggunakan USB-C, kini Komisi Uni Eropa (UE) mengajukan aturan baru untuk baterai gadget yang dijual di Eropa. Anggota parlemen Eropa tengah berdiskusi dan meminta vendor smartphone untuk memasang komponen baterai gadget yang mudah diganti. Artinya, baterai yang dimaksud adalah baterai yang dapat dilepas-pasang yang memang terasa cukup merepotkan sebagian besar vendor gadget dan smartphone yang menjual perangkatnya di wilayah Eropa. Seperti yang diketahui, komponen baterai di smartphone kini sudah menggunakan sistem tanam, karena memang baterai tanam dianggap lebih unggul akibat membuat desain perangkat lebih ramping. Sementara itu, baterai lepasan membutuhkan rangka plastik khusus untuk memisahkan komponen dengan bagian mesin HP. Ini membuat perangkat terlihat lebih tebal.

Baca ini juga :


» Chipset Terbaru Samsung Exynos 2500 Katanya Bakal Lebih Efisien Dari Pada Snapdragon 8 Gen 4!
» Pemerintah Minta Apple Hapus WhatsApp dan Threads dari App Store China!
» Kabar Baik Bagi user iPhone! Akhirnya Apple Izinkan Benerin iPhone Pakai Part Bekas dari iPhone Lain!
» Apple Akhirnya Izinkan Emulator Masuk ke App Store, Udah Bisa Mainin Game Retro di iOS!
» Apple Tambahkan Fitur Avatar Spatial Persona ke Vision Pro, Bikin Video Call Berasa Ketemu Langsung!




Ilustrasi: Baterai tanam


Selain bicara soal desain, baterai tanam dapat mencegah terjadinya kebocoran pada baterai ponsel dan memiliki performa yang lebih tahan lama. Dikarenakan baterai tanam sudah menggunakan teknologi penyimpanan Lithium Ion (Li-ion) dan Lithium Polymer (Li-po) yang membuat HP bisa bertahan lama dengan sekali pengisian daya.


Ilustrasi: Baterai tanam


Sebaliknya, menurut UE, penggantian baterai tanam ke baterai lepasan akan mengurangi limbah industri. Berdasarkan pernyataan yang ditulis di News European Parliament, pemerintah setempat ingin industri teknologi lebih bertanggung jawab terhadap penggunaan baterai. Kebijakan tersebut dilaporkan sejalan dengan undang-undang daur ulang terkait meminimalisasikan penggunaan logam mulia di baterai daur ulang, mengurangi jejak karbon, target pengumpulan limbah yang diperketat.

Kebijakan ini akan membuat vendor seperti Apple, Samsung, Google, dan lainnya mencari strategi baru. Kebijakan baru ini tentunya membuat perusahaan perlu merombak desain ponsel secara drastis. Walau aturan ini hanya berlaku di wilayah Eropa saja, hal tersebut tidak mungkin membuat OEM (Original Equipment Manufacturer) hanya memproduksi baterai lepasan khusus pengguna Eropa. Seluruh perangkat yang didistribusikan ke wilayah lain kemungkinan akan mengadopsi desain yang sama, seperti di wilayah Eropa. Fenomena ini juga serupa dengan desakan UE untuk meminta iPhone mengubah port pengisian dayanya dari tipe Lightning menjadi USB tipe C. Aturan tersebut rencananya akan mulai efektif per akhir 2024 mendatang. Kendati begitu, untuk saat ini OEM sepertinya tidak perlu melakukan perubahan apapun. Kebijakan baru tersebut tampaknya belum akan diberlakukan dalam waktu dekat karena masih dalam tahap diskusi. Parlemen Eropa juga belum menginformasikan lebih lanjut kapan kebijakan tersebut bakal berjalan efektif. Hanya saja, beberapa pihak berspekulasi bahwa UE akan menerapkan aturan ini pada awal 2027 mendatang.

Selain berita utama pada artikel ini, Kru KotGa juga punya pembahasan menarik yang bisa kamu tonton pada video di bawah ini.

TAGS

Jika ingin mengirim artikel, kerjasama event dan memasang Iklan (adverstisement) bisa melalui email redaksi[at]kotakgame.com atau Hotline (021) 93027183
rekomendasi terbaru