NEWS

Pentingnya Kapasitas Memori: Faktor Utama pada Kartu Grafis Modern Menurut AMD

Aeprukmana   |   Rabu, 12 Apr 2023


Makin update dengan berita game dan esports! Yuk subscribe ke channel YouTube KotakGame DI SINI dan Instagram KotakGame DI SINI! Bakal ada banyak FREE GIVEAWAY Diamonds, UC, PS4, gaming peripheral, dan lainnya!

Makin update dengan berita game dan esports! Yuk subscribe ke channel YouTube KotakGame DI SINI dan Instagram KotakGame DI SINI! Bakal ada banyak FREE GIVEAWAY Diamonds, UC, PS4, gaming peripheral, dan lainnya!

AMD mengingatkan para gamer bahwa seri Radeon RX 6800 dengan VRAM 16GB kini tersedia dengan harga kurang dari $599 (8,9 Juta Rupiah).

AMD telah memutuskan untuk mengingatkan semua gamer bahwa selain performa, kapasitas memory vram juga sangat penting. Semakin tinggi resolusi dan 'tekstur kualitas film', semakin besar kemungkinan gamer menghadapi masalah keterbatasan memori.

Ternyata AMD telah melihat ini datang dua tahun lalu ketika mereka memperkenalkan jajaran GPU Navi 21 dengan VRAM 16GB. Bahkan, angka ini semakin ditingkatkan menjadi 20GB dan 24GB dengan seri Radeon RX 7900. Gamer yang menggunakan GPU Radeon aman dari kebutuhan memori yang tinggi, tetapi mereka mungkin membutuhkan lebih banyak kesabaran jika mengharapkan full ray tracing atau FSR3 dalam game seperti Cyberpunk 2077.


Sumber: AMD


AMD mendemonstrasikan bagaimana para gamer dapat melihat bahwa memory buffer yang besar akan berguna dalam judul-judul modern. Game baru seperti Resident Evil 4 atau Last Of Us Part 1 dengan resolusi 4K membutuhkan banyak memori. Gamer dapat melihat alokasi memori puncak hingga 17,5 GB pada resolusi 4K dan dengan RT ON.

Namun, harus diingat bahwa alokasi tidak selalu berarti penggunaan memori. Saat ini, game dapat menyesuaikan texture fidelity tergantung pada frame buffer yang tersedia, tetapi tidak diragukan lagi game pada 4K atau bahkan 1440p dengan judul baru hampir pasti membutuhkan GPU kelas atas akhir-akhir ini dengan VRAM lebih dari 8GB.

Sejauh ini, tidak ada GPU RTX 40 yang dirilis hingga saat ini yang memiliki VRAM kurang dari 12 GB. Konfigurasi ini akan tetap menjadi spesifikasi terendah untuk arsitektur Ada Lovelace bahkan dengan kedatangan RTX 4070 non-Ti akhir pekan ini. Namun, rumor sudah mengarah ke seri RTX 4060 dengan VRAM 8GB.


Sumber: AMD


Gamer dengan budget terbatas mungkin juga menghadapi masalah serupa dengan seri mobile Radeon RX 7700/7600, yang juga dibatasi hingga VRAM 8GB. Sayangnya, AMD diam tentang rencananya untuk GPU desktop Navi 32/33. Tetapi dengan pemasaran yang berorientasi pada memori, akan mengejutkan jika kartu yang akan datang ini tidak mendorong industri maju dengan kapasitas VRAM yang lebih tinggi dari generasi sebelumnya.

Sumber: AMD via Videocardz

Baca ini juga :

» ASUS Luncurkan Kipas Case TUF Gaming TR120 ARGB
» ASUS Republic of Gamers Umumkan Kehadiran ROG Tessen Mobile Controller
» Tingkatkan Produktivitas Dengan Dual Layar! Review ASUS Zenbook Pro 14 Duo OLED (UX8402VU)
» Predator Gaming Indonesia & HMNS Perfume Luncurkan Predator Triton Neo 16 Body Spray Limited Edition
» China Pamerkan Robot Yang Bisa Masak Sampai Strika Baju! Bisa Gantikan ART?



Selain berita utama di atas, KOTAKGAME juga punya video menarik yang bisa kamu tonton di bawah ini.

TAGS

Jika ingin mengirim artikel, kerjasama event dan memasang Iklan (adverstisement) bisa melalui email redaksi[at]kotakgame.com atau Hotline (021) 93027183
rekomendasi terbaru