NEWS

AMD Bereksperimen Dengan Desain Heatspreader Vapor Chamber Untuk CPU AMD Ryzen 7000

Aeprukmana   |   Selasa, 11 Jul 2023


Makin update dengan berita game dan esports! Yuk subscribe ke channel YouTube KotakGame DI SINI dan Instagram KotakGame DI SINI! Bakal ada banyak FREE GIVEAWAY Diamonds, UC, PS4, gaming peripheral, dan lainnya!

Makin update dengan berita game dan esports! Yuk subscribe ke channel YouTube KotakGame DI SINI dan Instagram KotakGame DI SINI! Bakal ada banyak FREE GIVEAWAY Diamonds, UC, PS4, gaming peripheral, dan lainnya!

Penyertaan vapor chamber pada seri AMD Ryzen 7000 sempat menjadi sebuah kemungkinan, tetapi pada akhirnya, perusahaan memutuskan untuk tidak mengimplementasikannya.

AMD memprakarsai pengembangan desain heatspreader baru untuk Zen4, sebelum dimulainya pandemi COVID. Konsep ini bertujuan untuk memperkenalkan vapor chamber tersembunyi di dalam heatspreader. Gamer Nexus baru-baru ini mengungkapkan informasi ini setelah kunjungan mereka ke laboratorium termal AMD, di mana mereka disajikan dengan prototipe yang menampilkan inovasi ini.

Paket Zen4 "Raphael" AM5 mempertahankan dimensi yang sama dengan CPU Ryzen generasi sebelumnya yang menggunakan soket AM4. AMD memberikan alasan kuat untuk mendukung pelestarian ukuran paket, seperti memastikan kompatibilitas dengan pendingin yang ada dan memfasilitasi jalur upgrade yang lebih mudah bagi pengguna AMD.


Sumber: Gamer Nexus


Sumber: Gamer Nexus

Baca ini juga :


» ASUS Luncurkan Kipas Case TUF Gaming TR120 ARGB
» ASUS Republic of Gamers Umumkan Kehadiran ROG Tessen Mobile Controller
» Tingkatkan Produktivitas Dengan Dual Layar! Review ASUS Zenbook Pro 14 Duo OLED (UX8402VU)
» Predator Gaming Indonesia & HMNS Perfume Luncurkan Predator Triton Neo 16 Body Spray Limited Edition
» China Pamerkan Robot Yang Bisa Masak Sampai Strika Baju! Bisa Gantikan ART?

AMD akhirnya memutuskan untuk tidak lagi mengimplementasikan heatspreader vapor chamber, karena perbedaan suhu antara heatspreader tersebut dan desain logam konvensional hanya 1°C. Selain itu, selama pengujian ekstensif pada silikon pra-rilis, suhu kadang-kadang melebihi tingkat normal di bawah beban kerja yang berkelanjutan, seperti yang dikonfirmasi oleh AMD. Pilihan pendingin tampaknya memiliki signifikansi yang lebih besar daripada integrated heat spreader (IHS), sehingga manfaat teknologi vapor chamber menjadi tidak penting.

Perbedaan margin suhu ini terbukti tidak cukup untuk menjamin peningkatan biaya yang terkait, meskipun jumlah pastinya tidak diungkapkan. Khususnya, pendingin yang lebih efisien akan dengan mudah mencapai penurunan suhu yang sama, sehingga mendorong AMD untuk mengabaikan ide tersebut.

Dalam sebuah video yang diungkapkan oleh GamersNexus, akses diberikan kepada laboratorium AMD yang saat ini sedang melakukan pengujian sampel engineering awal. Nasib dari sampel-sampel ini, apakah akan diwujudkan sebagai produk ritel, masih belum dapat dipastikan. Pekerjaan yang dilakukan oleh para engineer ini memainkan peran penting dalam memetakan perjalanan seri AMD Ryzen. Seperti yang telah ditunjukkan, upaya tertentu yang berlarut-larut tidak menghasilkan manfaat yang substansial untuk membenarkan implementasinya.

Selain berita utama di atas, KOTAKGAME juga punya video menarik yang bisa kamu tonton di bawah ini.

TAGS

Jika ingin mengirim artikel, kerjasama event dan memasang Iklan (adverstisement) bisa melalui email redaksi[at]kotakgame.com atau Hotline (021) 93027183
rekomendasi terbaru