Review

The Legend of Heroes: Trails of Cold Steel II

oleh: VolkanKaya

Halaman 1

Dibalik popularitasnya yang rendah di kalangan gamer, The Legend of Heroes adalah salah satu franchise JRPG terbaik yang wajib untuk mendapatkan perhatian lebih. Dedikasi Falcom dalam menggarap franchise ini sejak merilis Trails in the Sky pada tahun 2004 lalu, benar-benar patut diacungi jempol. Disini kita tidak hanya berbicara soal kualitas jalan cerita, karakter, dan gameplay turn based klasik yang solid, tapi juga keterikatan antara konflik peperangan dan politik di setiap serinya dalam satu dunia yang sama.

Karena Nihon Falcom termasuk developer yang cukup kecil, para fans dan gamer pendatang baru yang ingin memainkan beberapa seri gamenya memang cukup kesulitan karena masalah lokalisasi versi barat. Tapi jika kamu memang penasaran untuk mulai memainkan franchise JRPG ini, ada sebanyak 8 seri game yang sudah dirilis sejauh ini dengan nama The Legend of Heroes, namun dengan latar negeri dan jalan cerita berbeda.

Baca ini juga :

» ASUS ROG Strix G531GT
» ASUS TUF Gaming VG27AQ, Kenyamanan Sempurna!
» ASUS ROG Strix G531GD
» ASUS ROG Zephyrus M GU502GU
» Judgment

Untuk urutan lebih spesifiknya kamu bisa lihat dibawah ini:

Negeri Liberl

Trails in the Sky
Trails in the Sky SC
Trails in the Sky the 3rd

Negeri Crossbell (masih eksklusif Jepang)

Trails of Zero
Trails of Azure

Negeri Erebonia

Trails of Cold Steel
Trails of Cold Steel II
Trails of Cold Steel III (masih eksklusif Jepang)
Trails of Cold Steel IV (akan dirilis tahun ini)

Seperti yang bisa kamu lihat di atas, setiap negeri memiliki seri berbeda namun tetap membawa nama The Legend of Heroes. Walaupun kamu bisa memulai game ini dari kisah negeri manapun, tapi berdasarkan alur waktu Trails in the Sky adalah seri yang harus kamu mainkan terlebih dahulu. Lalu bagaimana kualitas franchise ini sendiri? Luar biasa, Kru KotGa bahkan tidak segan untuk menempatkannya pada posisi teratas sebagai franchise JRPG terbaik. Berhubung Trails of Cold Steel II belum lama ini dirilis untuk PC, mungkin ini adalah kesempatan terbaik untuk memberikan penjelasan lebih mendalam yang perlu kamu ketahui. Daripada penasaran, kamu bisa simak ulasan lengkap dari Kru KotGa dibawah ini.

Hanya Puncak Awal Dari Kisah Negeri Erebonia yang Fantastis

Karena Trails of Cold Steel II adalah sekuel langsung, Kru KotGa sangat merekomendasikan kamu untuk memainkan seri pertamanya terlebih dahulu sebelum memulai game ini. Dalam seri ini kamu berperan sebagai murid sekolah militer Thors bernama Rean Schwarzer, seorang pemuda yang diadopsi oleh keluarga bangsawan dan menguasai teknik aliran pedang Eight Leaves One School (katana/tachi). Masuk dalam sebuah kelas spesial (Class VII), Rean menghadapi banyak tantangan dari kegiatan sekolah yang lebih intens dan juga hubungan antara teman sekelasnya yang masih belum mengakui perbedaan antara satu sama lain.

Disinilah sosok dirinya sebagai seorang pemimpin mulai terpancar, karena berkat dirinya lah Class VII pada akhirnya dapat bersatu. Ada banyak sekali detail sinopsis yang tidak dapat Kru KotGa tuliskan dalam review kali ini, karena memang mengandung spoiler yang cukup besar dan bahkan berhubungan dengan seri lainnya. Tapi jika berbicara soal faktor "character development" dan "world building," game ini berhasil mengeksekusinya dengan sempurna dan tidak perlu diragukan lagi merupakan yang terbaik. Contohnya saja jika kamu memainkan seri Zero/Ao, kamu pasti akan mendapatkan sedikit potongan jalan cerita dan kemunculan karakter dari seri lainnya seperti Joshua, Estelle, dan Renne (Sky series). Dan disini mereka tidak hanya sebatas cameo, melainkan bagian dari jalan cerita tersebut.

Berkat keterikan yang kuat inilah tidak peduli seri apapun yang kamu mainkan, atmosfer dan perubahan yang terjadi di setiap momennya dalam dunia The Legend of Heroes juga dapat kamu rasakan. Trails of Cold Steel juga merupakan seri pertama yang menggunakan kualitas grafis 3D dengan peningkatan mekanisme gameplay signifikan. Semua karakter memiliki ekspresi, sifat, dan ciri khas yang sangat mudah untuk kamu kenali. Bisa dibilang, game ini menawarkan sebuah pengalaman bermain yang lebih personal dan menarik perhatian kamu saat mengamati perubahan karakter dari waktu ke waktu. Intinya, ada banyak sekali momen luar biasa yang akan kamu dapatkan dari Trails of Cold Steel II, dan itu semua masih sebatas puncak pertama dari kisah negeri Erebonia yang sesungguhnya.

TAGS

Jika ingin mengirim artikel, kerjasama event dan memasang Iklan (adverstisement) bisa melalui email redaksi[at]kotakgame.com atau Hotline (021) 93027183
rekomendasi terbaru



Most Popular Previews
Belum ada Preview