Review

Acer Nitro 5

Halaman 1

Memasuki era teknologi yang sudah semakin maju dan serba portable khususnya saat berhubungan dengan kegiatan gaming, banyak kalangan tentunya sudah mulai mengincar laptop gaming sebagai platform utama yang dapat menawarkan pengalaman bermain game paling memuaskan. Demi menjawab tantangan ini, Acer sebagai salah satu brand laptop yang populer di Indonesia sudah menyiapkan keluaran laptop gaming terbaru yaitu Acer Nitro 5. Laptop ini hadir dengan banyak keunggulan yang meliputi fitur bawaan serta teknologi mumpuni untuk menunjang pengalaman bermain game yang maksimal.

Kantor KotakGame kebetulan sudah kedatangan Acer Nitro 5 AN515-44 untuk varian spesifikasi AMD Ryzen 4800H dengan Base Clock 2.9GHz dan Max Boost Clock 4.2GHz. Selain prosesor yang gahar, laptop ini juga ditenagai dengan kartu grafis NVIDIA GeForce GTX1650Ti 4GB GDDR6 dan RAM bawaan 8GB yang kebetulan sudah diupgrade ke 32GB serta memiliki kecepatan memori 3200MHz. Untuk urusan kapasitas laptop yang akan kami review kali ini juga sudah hadir dengan SSD 1024GB NVMe dan HDD 2TB.

Untuk melihat seberapa solid kualitas serta potensi performa yang ditawarkannya, pada artikel special ini Kru KotGa akan mengulas laptop gaming Acer Nitro 5. Ulasan kali ini akan merangkum beberapa detail mulai dari desain laptop, fitur unggulan yang ditawarkan, spesifikasi, serta performanya saat memainkan berbagai game AAA dan kompetitif.

Daripada penasaran, yuk simak ulasan lengkapnya di bawah ini!

Main Spec. Acer Nitro 5 AN515-44
CPU AMD Ryzen 7 4800H 2.9GHz
Operating System Windows 10 Home
Software Acer NitroSense
Memory 32GB DDR4 3200MHz RAM
Storage SSD 1024GB NVMe + HDD 2TB
Display 15.6-inch Full HD (1920x1080) IPS-level panel, Refresh Rate 144Hz, Response Time 3ms
Graphics NVIDIA GeForce GTX 1650Ti dengan 4GB GDDR6 VRAM
Input/Output 1x HDMI 2.0, 2x USB 3.2 Gen 1, 1x USB 3.2 Gen 2, 1x USB 3.2 Gen 2 Type-A, 1x USB 3.2 Gen 2 Type-C, 1x Ethernet (RJ-45) port, 1 x 3.5mm Audio Jack
Audio 2 x 2W speaker dengan teknologi DTS:X Ultra
Dimension Width 36cm, Depth 27.5cm, Height 2.1cm
Ketebalan 23.9mm
Berat 2.2kg

Baca ini juga :

» ASUS TUF Gaming Z490-Plus WI-FI
» Terbaik Untuk Game FPS Shooter! Review Monitor Gaming 240Hz BenQ Zowie XL2546K!
» Crash Bandicoot 4, Nostalgia dengan Sekuel Luar Biasa yang Sudah Lama Dinanti!
» Genshin Impact, Game F2P Menawan dengan Kualitas Tiada Banding!
» ASUS ROG Strix B550-A Gaming

Performa Gaming yang Dominan dengan Prosesor AMD Ryzen Generasi ke-3

Keunggulan utama dari sebuah laptop gaming tentunya terletak pada performa hardware, dan untuk ini Acer Nitro 5 sudah dibekali dengan performa dominan mulai dari prosesor AMD Ryzen 7 4800H dengan base speed 2.9 GHz yang masih bisa dimaksimalkan hingga 4.2GHz, Prosesor ini hadir dengan teknologi terbaru yaitu dengan arsitektur 7nm yang merupakan arsitektur 7nm pertama untuk prosesor laptop. Kelebihannya arstitektur terbaru tersebut menghadirkan performa yang jauh lebih cepat baik single thread ataupun performa multithread, tentunya dengan efisiensi daya yang lebih optimal.

Kelebihan teknologi tersebut kamu akan merasakan sensasi bermain game yang lebih mulus hingga 50% dibandingkan dengan generasi sebelumnya. Tak hanya untuk gaming, prosesor ini juga memiliki performa yang #benerancepat dalam hal mengolah konten digital terutama untuk para creator creator yang memang membutuhkan kinerja yang Tangguh, dukungan 8 core dan 16 thread sangat cocok buat pemrosesan rendering video ataupun animasi 3D.

Prosesor ini hadir dengan kartu grafis bawaan AMD Radeon Graphics, namun juga dilengkapi dengan kartu grafis tambahan yaitu NVIDIA GeForce GTX 1650Ti dengan VRAM 4GB GDDR6. Laptop yang kami terima kali ini memiliki RAM dengan kapasitas yang sudah dimaksimalkan hingga 32GB dengan kecepatan 3200Mhz, yang tentunya semakin mendorong keseluruhan performa saat memainkan game di kualitas grafis tinggi.

Sementara beralih ke penyimpanan, Acer Nitro 5 memiliki SSD NVMe berkapasitas 512GB yang bahkan masih bisa diupgrade hingga 2TB berkat dukungan Dual Slot SSD NVMe serta tambahan satu slot SATA. Acer Nitro 5 yang kami terima kebetulan sudah memiliki SSD dengan kapasitas 1024GB dan HDD 2TB.

Jadi meskipun termasuk laptop gaming yang lebih ditujukan untuk gamer dengan budget terjangkau, namun kamu masih bisa mendongkrak performanya secara fleksibel baik itu dengan mengupgrade RAM maupun menambah kapasitas SSD untuk memuat file game besar. Untuk melihat seberapa mumpuni performa yang ditawarkan laptop ini saat digunakan bermain game, kami sudah melakukan pengetesan dan pembahasan lebih dalamnya di HALAMAN KETIGA.

Layar FHD IPS dengan Refresh Rate 144Hz dan Response Time 3ms yang Mulus

Keseluruhan performa mumpuni dari Acer Nitro 5 juga didukung dengan kualitas layarnya yang menurut kami cukup memuaskan. Selain karena menawarkan tingkat Refresh Rate 144Hz (2x melebihi 60Hz) untuk menjamin presentasi grafis yang sangat halus, layarnya juga memiliki Response Time 3ms yang dapat mengurangi efek blur secara maksimal.

Tingkat Refresh Rate tinggi serta Response Time yang dimaksimalkan ini tentunya sangat cocok untuk gamer yang gemar memainkan game FPS dan kompetitif Esports dengan tempo permainan cepat. Kualitas panel IPS dari Acer Nitro 5 juga terlihat jernih dan menampilkan proporsi warna yang hidup berkat konfigurasi NTSC 72%, ditambah screen-to-body ratio sebesar 80% membuat layar laptop ini sangat nyaman untuk dipandang.

Desain yang Gaming Banget dengan Perpaduan Keyboard RGB 4 Zona Warna

Saat mengamati laptop ini dari tampilan luarnya, Acer Nitro 5 hadir dengan desain yang cukup sederhana namun tetap memiliki flavor gamingnya sendiri. Ada dua elemen desain yang sangat kami sukai dari laptop ini, dimana yang pertama adalah tampilan keyboard RGB dengan empat zona warna. Tombol penting untuk bermain game seperti WASD dan arrow key juga memiliki highlight warna lebih cerah yang tidak hanya berguna memudahkan penglihatan, namun juga membuat tampilan keyboardnya terlihat lebih keren saat dipandang dari banyak sudut.

Sementara untuk elemen desain kedua yang kami sukai adalah penempatan Quad-Exhaust yang brilian, karena selain dikhususkan untuk mengatur sistem cooling yang stabil dan lebih lega, kamu juga bisa melihat bagaimana keseluruhan desain laptop ini terlihat lebih keren. Bagian belakangnya bahkan menyerupai bentuk knalpot dari sebuah mobil sport yang sepertinya juga menjadi inspirasi dari nama Acer "Nitro" itu sendiri.

Lalu bagaimana dengan build quality-nya sendiri? Bagian body Acer Nitro 5 dilapisi dengan bahan plastik yang cukup solid, ketebalan bezel layar yang tipis, serta bobot ideal di 2.2kg. Bagian keyboardnya juga menggunakan bahan plastik dengan tekstur lebih halus dan sangat nyaman saat digunakan untuk mengetik. Secara keseluruhan, build quality yang ditawarkan cukup standar namun tetap sesuai dengan range harga laptopnya.

TAGS

Jika ingin mengirim artikel, kerjasama event dan memasang Iklan (adverstisement) bisa melalui email redaksi[at]kotakgame.com atau Hotline (021) 93027183
rekomendasi terbaru



Most Popular Previews
Belum ada Preview