NEWS

Pendapatan Pasar Game Nasional Tembus Rp25 Triliun, Asing Raup 99,5 Persen Pendapatannya!

Bagas Prawira   |   Kamis, 19 Oct 2023


Makin update dengan berita game dan esports! Yuk subscribe ke channel YouTube KotakGame DI SINI dan Instagram KotakGame DI SINI! Bakal ada banyak FREE GIVEAWAY Diamonds, UC, PS4, gaming peripheral, dan lainnya!

Makin update dengan berita game dan esports! Yuk subscribe ke channel YouTube KotakGame DI SINI dan Instagram KotakGame DI SINI! Bakal ada banyak FREE GIVEAWAY Diamonds, UC, PS4, gaming peripheral, dan lainnya!
Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia (Kemenparekraf) melaporkan bahwa pada tahun 2022, industri game yang berkembang di Indonesia berhasil mencapai pendapatan sebesar Rp25 triliun. Menurut Imam Santosa, Direktur Aplikasi Permainan, Televisi, dan Radio Kemenparekraf, industri game memiliki potensi besar untuk mendukung pertumbuhan ekonomi dalam negeri.

Baca ini juga :

» Rumor Game Watch Dogs Series Ga Bakal Dilanjut Sama Ubisoft, Termasuk Franchise Watch Dogs lainnya!
» Menkominfo Terbitkan Peraturan Menteri Nomor 2 Tahun 2024 Untuk Regulasi Video Game di Indonesia!
» LPAI Minta Kominfo Untuk “Bersihkan” Game Dengan Unsur Kekerasan
» CEO Saber Interactive Katakan Harga Game Bisa Lebih Mahal Dari 70 USD
» ESRB, Badan Rating Game AS Ingin Ada Scan Wajah Buat Verifikasi Umur Sebelum Main Game!



Dilansir dari IDX, Imam Santosa mengungkapkan, "Pasar game nasional kita berhasil mencapai nilai sebesar Rp25 triliun pada tahun 2022." Dia juga menyebutkan bahwa sebagian besar pendapatan industri game, yaitu sekitar 99,5 persen, masih berasal dari luar negeri. Hanya sekitar 0,5 persen pendapatan yang dinikmati dalam negeri, hal ini disebabkan oleh dominasi penyedia aplikasi game asing di pasar.



Kemenparekraf berkomitmen untuk meningkatkan proporsi pendapatan industri game nasional yang dapat meningkatkan pendapatan di dalam negeri.

Pemerintah akan mengeluarkan Peraturan Presiden (Perpres) mengenai Percepatan Pengembangan Industri Game Nasional. Perpres ini diharapkan dapat diimplementasikan pada tahun mendatang. Upayanya adalah untuk meningkatkan kontribusi pendapatan tersebut dari 0,5 persen menjadi 70 persen.


Selain berita utama di atas, KOTAKGAME juga punya video menarik yang bisa kamu tonton di bawah ini.

TAGS

Jika ingin mengirim artikel, kerjasama event dan memasang Iklan (adverstisement) bisa melalui email redaksi[at]kotakgame.com atau Hotline (021) 93027183
rekomendasi terbaru