NEWS

[Eksklusif] Interview Produser Unicorn Overlord, Yamamoto Akiyasu. Apa Ada Kemungkinan Rilis di PC?

Haykal Yama Dena   |   Kamis, 04 Apr 2024


Makin update dengan berita game dan esports! Yuk subscribe ke channel YouTube KotakGame DI SINI dan Instagram KotakGame DI SINI! Bakal ada banyak FREE GIVEAWAY Diamonds, UC, PS4, gaming peripheral, dan lainnya!

Makin update dengan berita game dan esports! Yuk subscribe ke channel YouTube KotakGame DI SINI dan Instagram KotakGame DI SINI! Bakal ada banyak FREE GIVEAWAY Diamonds, UC, PS4, gaming peripheral, dan lainnya!
Pada awal Maret 2023, KotakGame mendapatkan kesempatan untuk mewawancarai produser Unicorn Overlord, Yamamoto Akiyasu mengenai game ini melalui e-mail interview. Pensaran dengan hasil wawancaranya? Yuk, kita gas! Baca ini juga :

» Bakal Datang ke Indonesia! ATLUS 35th Anniversary World Tour akan Hadir di Jakarta!
» [VIDEO] Jelajahi Kisah Terbaru Perebutan Takhta Di Dunia Penuh Demon - Shin Megami Tensei V Vengeance
» Jelajahi Kisah Terbaru Perebutan Takhta di Dunia Penuh Demon - Shin Megami Tensei V: Vengeance Review
» Interview Developer Shin Megami Tensei V: Vengeance - Lebih Dari Sekedar Port Versi Switch
» Shin Megami Tensei V: Vengeance Telah Tersedia di Berbagai Platform dan Penjualan Telah Mencapai 1,6 Juta Kopi


Yamamoto Akiyasu - Produser Unicorn Overlord

Q: Beberapa dialog memiliki opsi yang bisa mempengaruhi nasib musuh. Apakah ini mempengaruhi story dan gameplay?
Yamamoto: Karena ini merupakan game yang sangat padat, kami mendesainnya agar pemain tidak perlu bermain berulang kali untuk menikmati kontennya, anda bahkan bisa merekrut semua karakter dalam sekali permainan! Mohon diingat bahwa ada pilihan yang tidak bisa diubah dan akan mempengaruhi siapa yang bisa kamu rekrut. Contohnya, kamu tidak akan bisa merekrut karakter yang telah dieksekusi, pemain diberikan kebebasan untuk membuat pilihan mereka sendiri dan menikmati cerita dengan tempo mereka sendiri.

Q: Bagaimana tim anda memutuskan jalan cerita utama game ini?
Yamamoto: Sebenarnya kami memulai dengan gameplay. Saat pertama kali game ini kami tawarkan ke Atlus di 2016, tim kami memutuskan untuk membuat throwback ke game tactical RPG tahun 90-an sekaligus menambahkan elemen online yang modern. Kami memutuskan sejak awal kalau combatnya akan otomatis dan game ini akan memiliki elemen membangun deck dimana tim komposisi tim akan membuat atau menghancurkan kemenangan. Mekanisme ini cukup inovatif untuk tactical RPG, jadi kami sangat berhati-hati untuk menyeimbangkannya gaar pemain yang pertama kali memainkannya tidak akan kesulitan untuk mempelajarinya. Sekarang, karena game ini sudah rilis, kami bersemangat untuk melihat pemain di seluruh dunia menikmatinya.

Q: Bagaimana mengenai balancing di game? Bisakah pemain menjadi terlalu overpower untuk main quest karena mereka banyak melakukan side quest?
Yamamoto: Untuk menjelaskan lebih lanjut, kami telah mendedikasikan sebagian besar waktu kami untuk mekanisme sistem pertarungan sejak tahap awal pengembangan. Sebagai penerbit, kami khawatir para pemain akan menganggap gameplay Unicorn Overlord terlalu menakutkan pada pandangan pertama, jadi mengatasi hal tersebut menjadi salah satu prioritas utama kami. Kami secara rutin memantau pengujian gameplay dan menyempurnakan mekanismenya dengan cermat hingga game tersebut dirilis secara resmi. Hasil akhir yang anda lihat di hadapan anda adalah puncak dari proses itu. Kami sangat berharap anda menikmatinya! Namun, kembali ke pertanyaan anda, aspek unik dari Unicorn Overlord adalah mampu menyelesaikan sejumlah misi dan tetap menikmati permainan, jadi anda bebas bermain sesuka anda.

Q: Game ini memiliki sistem relationship bernama Rapport System, akan ada potensi romance untuk Alain dan karakter lainnya?
Yamamoto: Ya, hal ini dimungkinkan dengan meningkatkan hubungan baik dengan rekan anda. Faktanya, membangun hubungan tidak hanya menghasilkan romance. Karakter mana pun dapat menjalin ikatan dengan rekannya dan terlibat dalam percakapan unik.

Q: Ada beberapa diskusi mengenai Rapport System yang memungkinkan player tidak mau membuat tim karena mereka ingin memaksimalkan romance. Bagaimana developer menghadapi hal ini?
Yamamoto: Rapport System tidak serta merta mengganggu komposisi tim anda, ada banyak cara untuk meningkatkan Rapport, seperti mengunjungi tavern dengan troops atau makan bersama.

Q: Bagaimana score mission dihitung?
Yamamoto: Jika anda bertanya tentang skor yang ditampilkan di akhir tahapan pertempuran, skor tersebut dihitung berdasarkan berbagai faktor, seperti jumlah waktu yang anda perlukan untuk menyelesaikan tahapan, jumlah benteng yang telah Anda bebaskan, dan jumlah musuh yang telah anda kalahkan. Ada cara lain untuk mendapatkan dana dan penghargaan, sehingga anda tetap dapat menikmati permainan tanpa terlalu mengkhawatirkan skor anda.

Q: Bagaimana mengenai replayability game ini? Adakah konten end-game?
Yamamoto: Karena game ini dirancang sebagai penghormatan kepada tactical RPG tahun 90-an dengan tambahan elemen online, anda mungkin akan merasakan pertarungan online lebih menyenangkan menjelang akhir game. Kami mohon maaf kepada siapa pun yang mengalami kesulitan dalam memainkan pertandingan ranked secara online dan melawan teman-temannya. Setelah rilis Pembaruan 1.03, masalah ini telah diperbaiki untuk menciptakan pengalaman yang lebih lancar dan mendalam. Kami berharap para pemain terus mendukung permainan ini!

Q: Apakah ada kemungkinan game ini dirilis di PC kedepannya?
Yamamoto: Saat Atlus dan Vanillaware mulai mengerjakan Unicorn Overlord pada 2016, game ini hanya dikembangkan untuk PS4 dan PS Vita. Namun, dengan berkembangnya industri gaming selama 8 tahun ini, dan sebagai hasilnya, Vanillaware meminta agar Unicorn Overlord dirilis secara bersamaan di seluruh dunia dan menambahkan pengembangannya untuk PS5, Switch, dan Xbox X/S. Sebagai publisher, ini merupakan keputusan Atlus untuk platform mana Unicorn Overlord akan dirilis, dan kami sangat berterima kasih atas keinginan Vanillaware untuk bekerja sama. Sayangnya, saat ini kami belum ada rencana untuk port Unicorn Overlord ke PC.

Q: Apakah kamu memiliki pesan yang ingin disampaikan ke gamer mengenai game ini?
Yamamoto: Sambutan positif yang luar biasa dari Asia Tenggara telah melampaui ekspektasi terliar kami. Kami sangat senang dan merasa sangat tersanjung atas tanggapan terhadap game ini. Unicorn Overlord adalah permata yang dibentuk oleh hasrat kami terhadap RPG taktis retro dan dibentuk oleh keinginan kami untuk menciptakan sebuah judul untuk para penggemar yang mendambakan pengalaman klasik itu. Sutradara, Takafumi Noma, dan desainer game utama, Wataru Nakanishi, mencurahkan hati dan jiwa mereka untuk membuat RPG taktis yang ideal, jadi jika anda tertarik untuk mencoba Unicorn Overlord setelah membaca artikel ini, silakan coba demonya!

Nah, itu dia interview eksklusif KotakGame dengan produser Unicorn Overlord, Yamamoto Akiyasu. Gimana pendapat kamu soal game ini? Kamu bisa cek review KotakGame untuk Unicorn Overlord TAGS
Jika ingin mengirim artikel, kerjasama event dan memasang Iklan (adverstisement) bisa melalui email redaksi[at]kotakgame.com atau Hotline (021) 93027183
rekomendasi terbaru