NEWS

Makin Tegas, Sony Juga Akan Sensor Game Dewasa di Jepang

Fadhil Baladraf   |   Kamis, 08 Nov 2018


Makin update dengan berita game dan esports! Yuk subscribe ke channel YouTube KotakGame DI SINI dan Instagram KotakGame DI SINI! Bakal ada banyak FREE GIVEAWAY Diamonds, UC, PS4, gaming peripheral, dan lainnya!

Makin update dengan berita game dan esports! Yuk subscribe ke channel YouTube KotakGame DI SINI dan Instagram KotakGame DI SINI! Bakal ada banyak FREE GIVEAWAY Diamonds, UC, PS4, gaming peripheral, dan lainnya!

Seiring perkembangan industri game yang semakin maju dan mulai diwarnai persaingan, bukan rahasia umum memang kalau banyak developer juga dipaksa untuk terus berinovasi dengan mengembangkan game baru yang tidak hanya menarik, namun juga bisa menjadi penyelamat finansial mereka untuk bisa terus berkarya. Hal ini mungkin bukan masalah besar untuk developer raksasa seperti Ubisoft atau Bethesda misalnya, namun untuk developer indie khususnya yang mengandalkan game bergenre dewasa, kenyataanya justru berbanding terbalik.

Disini para developer tersebut tidak hanya kesulitan untuk memasarkan game secara luas, namun mereka juga harus bersiap untuk mendapat peringatan bahkan hingga mendapat tuntutan. Bicara soal kebijakan khusus, belum lama ini pihak Sony Interactive Entertainment kabarnya sudah membuat kebijakan baru yang memaksa developer Jepang untuk mensensor game dewasa yang mereka kembangkan. Mengejutkannya tidak hanya di wilayah barat saja, namun kebijakan sensor ini juga berlaku di Jepang.

Baca ini juga :

» Stellar Blade Kena Sensor Setelah Rilis, Beberapa Fans Langsung Marah
» Pemburu Cantik Yang Berdansa Dengan Pedangnya - Stellar Blade Review
» Bentar Lagi Rilis di PC! Ini dia Spesifikasi PC Buat Mainin Ghost of Tsushima: Director's Cut!
» Live Action One Punch Man Akan Dikerjakan Oleh Penulis Rick and Morty
» PS5 Pro is Real! Sony Minta Developer Siapin Game Mereka Termasuk Support Peningkatan Ray-Tracing!

Informasi ini pertama kali diketahui setelah developer Light mengadakan sesi livestreaming khusus dimana mereka menjelaskan tentang kebijakan baru tersebut. Pihak Light sendiri mengaku sangat antusias untuk merilis game visual novel mereka yang berjudul Silverio Trinity di PlayStation 4 menjelang tahun baru, namun Sony sayangnya tidak bisa memberikan izin tersebut karena adanya konten dewasa dan tema seksual dalam game tersebut.

Walaupun masih ada opsi untuk merilis gamenya di PC, namun peminat game dewasa khususnya di Jepang lebih mengandalkan konsol sebagai platform utama. Jikapun gamenya lolos sensor oleh Sony, developer yang terlibat nantinya masih harus menjalani proses approval yang rumit dan menggunakan bahasa Inggris (Cukup merepotkan tentunya bagi developer dengan karyawan yang hanya bisa berbahasa Jepang saja). Kebijakan ini sebenarnya sudah cukup lama diberlakukan Sony, dimana salah satu kasus terbarunya juga terjadi saat game dewasa Omega Labyrinth Z dibatalkan perilisannya di pasar barat.

(KotakGame)

TAGS

Jika ingin mengirim artikel, kerjasama event dan memasang Iklan (adverstisement) bisa melalui email redaksi[at]kotakgame.com atau Hotline (021) 93027183
rekomendasi terbaru