NEWS

PS5 Pro is Real! Sony Minta Developer Siapin Game Mereka Termasuk Support Peningkatan Ray-Tracing!

Rahmat Handiko    |   Rabu, 17 Apr 2024


Makin update dengan berita game dan esports! Yuk subscribe ke channel YouTube KotakGame DI SINI dan Instagram KotakGame DI SINI! Bakal ada banyak FREE GIVEAWAY Diamonds, UC, PS4, gaming peripheral, dan lainnya!

Makin update dengan berita game dan esports! Yuk subscribe ke channel YouTube KotakGame DI SINI dan Instagram KotakGame DI SINI! Bakal ada banyak FREE GIVEAWAY Diamonds, UC, PS4, gaming peripheral, dan lainnya!

Sony bersiap untuk mengeluarkan versi yang lebih kuat dari konsol PS5, yang kemungkinan akan dirilis menjelang akhir tahun ini. Setelah bocoran spesifikasi PS5 Pro baru-baru ini, The Verge berhasil memperoleh daftar spesifikasi lengkap untuk konsol tersebut. Sumber yang mengenal rencana Sony mengungkapkan bahwa developer diminta untuk memastikan bahwa game mereka dapat berjalan dengan baik di konsol baru ini, terutama dalam hal peningkatan ray tracing.

Dikenal dengan nama kode Trinity, model PlayStation 5 Pro akan memiliki GPU yang lebih kuat dan mode CPU yang sedikit lebih cepat. Semua perubahan ini bertujuan membuat PS5 Pro mampu merender game dengan efek ray tracing yang lebih baik atau mencapai resolusi dan frame rate yang lebih tinggi. Sony sepertinya ingin mendorong developer untuk memanfaatkan fitur-fitur grafis canggih seperti ray tracing dengan PS5 Pro, dan game yang melakukan ini dapat ditandai sebagai "Trinity Enhanced" jika memberikan peningkatan yang signifikan.

Sony menargetkan peningkatan sekitar 45 persen dalam rendering GPU pada PS5 Pro dibandingkan dengan PS5 standar. GPU PS5 Pro akan lebih besar dan menggunakan memori sistem yang lebih cepat untuk mendukung ray tracing yang lebih baik dalam game. Selain itu, PS5 Pro akan menggunakan arsitektur ray tracing yang lebih kuat, dengan kecepatan hingga tiga kali lipat dari PS5 biasa.

Trinity dijelaskan sebagai versi high-end dari PlayStation 5, dan Sony berencana untuk tetap menjual PS5 standar setelah peluncuran PS5 Pro. Sony berharap para developer dapat menghasilkan game yang kompatibel dengan kedua versi konsol tersebut, dengan game yang sudah ada dapat diperbarui untuk mendukung kinerja yang lebih baik.

Pengujian alat sudah dapat dilakukan oleh developer, dan Sony mengharapkan setiap game yang diajukan untuk sertifikasi pada bulan Agustus akan kompatibel dengan PS5 Pro. Insider Gaming pertama kali melaporkan spesifikasi lengkap PS5 Pro dan menyatakan bahwa konsol ini akan dirilis menjelang liburan tahun 2024.

Baca ini juga :


» Shift Up Pertimbangkan Stellar Blade Untuk Rilis di PC
» DreadOut Remastered Collection Tuju PS5 dan Switch
» Jadi Game PlayStation Dengan Penjualan Tercepat, Helldivers II Terjual 12 Juta Unit Hanya Dalam 3 Bulan
» Ada EA Sports FC 24! PlayStation Umumkan List Game Gratis PS Plus Bulan Mei 2024!
» Stellar Blade Menjadi Game Khusus PS5 Dengan User Score Metacritic Tertinggi

Meskipun fokus utama Sony adalah meningkatkan GPU PS5 Pro, CPU-nya akan tetap sama dengan PS5 standar, dengan peningkatan sedikit pada clock speed. Sony akan memberikan opsi kepada developer untuk memilih antara mode standar pada 3,5GHz atau mode frekuensi CPU tinggi pada 3,85GHz.

PS5 Pro juga akan memiliki perubahan pada memori sistem, dengan peningkatan bandwidth dan lebih banyak akses ke memori sistem untuk developer. Game dapat menggunakan lebih banyak memori sistem pada PS5 Pro, yang dapat meningkatkan performa secara keseluruhan.

Peningkatan kecepatan dan alokasi memori juga mendukung fitur baru Sony yang disebut PlayStation Spectral Super Resolution (PSSR), yang bertujuan meningkatkan frame rate dan kualitas gambar pada PS5 Pro. Sony telah mengembangkan arsitektur khusus untuk PSSR, yang membutuhkan dukungan memori tambahan.

Sony berharap untuk meluncurkan PS5 Pro pada musim liburan ini, mengikuti pola yang sama dengan peluncuran versi PS4 sebelumnya. Mereka berharap library game yang ditingkatkan akan tersedia pada peluncuran, serta game baru dengan dukungan ray tracing yang lebih baik untuk konsol baru ini.



Selain berita utama di atas, KotakGame juga punya video menarik yang bisa kamu tonton di bawah ini.

TAGS

Jika ingin mengirim artikel, kerjasama event dan memasang Iklan (adverstisement) bisa melalui email redaksi[at]kotakgame.com atau Hotline (021) 93027183
rekomendasi terbaru