NEWS

ROG Phone II Resmi Diluncurkan di Indonesia, Wujud Sesungguhnya Smartphone Gaming

Keyboard22   |   Kamis, 05 Dec 2019


Makin update dengan berita game dan esports! Yuk subscribe ke channel YouTube KotakGame DI SINI dan Instagram KotakGame DI SINI! Bakal ada banyak FREE GIVEAWAY Diamonds, UC, PS4, gaming peripheral, dan lainnya!

Makin update dengan berita game dan esports! Yuk subscribe ke channel YouTube KotakGame DI SINI dan Instagram KotakGame DI SINI! Bakal ada banyak FREE GIVEAWAY Diamonds, UC, PS4, gaming peripheral, dan lainnya!
ASUS menggebrak pasar gaming smartphone dengan ROG Phone besutannya. Hadir dengan spesifikasi yang canggih, hingga berbagai fitur yang memanjakan para gamer, ROG Phone benar-benar sukses menjadi smartphone primadonanya para gamer. Namun, ASUS tidak berhenti di situ saja. ROG Phone 2 akhirnya resmi diumumkan nih Kotakers.

Tanggal 5 Desember 2019, ASUS resmi menghadirkan ROG Phone II di Indonesia. Selain merupakan smartphone gaming paling powerful, ROG Phone II juga hadir dengan fitur khusus gaming yang tidak dimiliki oleh smartphone lainnya. Salah satu fitur tersebut adalah layar AMOLED dengan refresh rate 120Hz dan response time 1ms.


Sumber: Dokumentasi KotakGame

Pengaruh Refresh Rate Tinggi dalam Game

Seperti diketahui, refresh rate merupakan istilah yang sering muncul ketika membahas sebuah layar digital. Refresh rate merupakan kemampuan layar untuk melakukan refresh dan menampilkan frame dalam satu detik yang ditampilkan dalam bentuk frekuensi dengan satuan Hertz (Hz). Refresh rate erat kaitannya dengan berapa banyak frame yang bisa ditampilkan layar dalam satu detiknya.

Sebagai contoh, jika sebuah layar memiliki refresh rate 60Hz, maka layar tersebut hanya bisa menampilkan 60 frame per detiknya (60fps). Semakin tinggi refresh rate maka jumlah frame yang dapat ditampilkan semakin banyak, dan semakin banyak frame yang ditampilkan maka tampilan visual dan animasi akan terlihat semakin halus.


Sumber: Dokumentasi KotakGame

Di dunia PC, sebagian besar gamers eSport sudah terbiasa dengan standar refresh rate 144 dan 240Hz. Sementara di lini mobile gaming ROG Phone II ingin menaikkan standar gaming melalui layar 120Hz yang mampu menampilkan framerate hingga 120fps. Tak hanya itu, response time-nya pun diset ke angka yang luar biasa.

Response Time Sebagai Faktor Kemenangan

Siapa bilang kemampuan sang gamer adalah satu-satunya faktor penentu kemenangan di dalam pertandingan? Faktor teknis seperti response time pada layar perangkat juga memiliki peran penting. Response time adalah waktu yang diperlukan layar untuk menampilkan perintah atau masukan (input) gamer menjadi animasi di dalam game.

Response time yang tinggi membuat input dari gamer terlambat untuk ditampilkan sehingga menimbulkan fenomena jeda input atau input lag. Setiap milidetik bagi gamer adalah pertaruhan hidup atau mati dan menang atau kalah, sehingga perangkat yang memiliki layar dengan response time lebih rendah tentu saja lebih diminati.


Sumber: Dokumentasi KotakGame

Selain memiliki response time yang sangat rendah dan refresh rate yang sangat tinggi, layar AMOLED yang digunakan di ROG Phone II juga mampu menyajikan konten HDR serta memiliki warna yang sangat akurat. Tidak tanggung-tanggung, layar di smartphone gaming ini bahkan memiliki tingkat reproduksi warna di color space DCIP-3 hingga 111,8% dengan Delta E<1.

Baca ini juga :

» Game Terbaru Kingdom Hearts akan Hadir untuk Platform Android dan iOS
» Hands-On ASUS ExpertBook B9450, Laptop Bisnis Ringkas dan Powerful untuk Profesional
» Rilis di Asia Tenggara Pada 28 Februari, Game Shooter NetEase Disorder Berbagi Hadiah Pra-Registrasi
» MMORPG Mobile Terkenal Summoners War, Pastikan Akan Rilis Seri Terbaru Summoners War: Chronicles
» Masuk ke Pasar Game Mobile, Studio TikTok Siap Menggeser Game Populer di Tahun 2020!

Smartphone Gaming yang Sebenarnya

Tidak hanya unggul dari sisi layar, ROG Phone II sejak awal tampil sebagai smartphone yang dirancang khusus untuk gamer. Dari segi performa, ROG Phone II dibekali dengan spesifikasi terbaik mulai dari SoC Qualcomm Snapdragon 855+ dengan clock speed hingga 2,96GHz, penyimpanan UFS 3.0 hingga 512GB, serta RAM LPDDR4X hingga 12GB.

Kombinasi ketiga komponen performa tinggi tersebut memastikan semua game dapat berjalan dengan kualitas dan performa terbaik. ROG Phone II juga dilengkapi dengan fitur gaming khusus, salah satunya adalah Air Trigger yang merupakan sensor khusus di bagian samping bodi ROG Phone II yang dapat digunakan sebagai tombol tambahan ketika bermain game.


Sumber: Dokumentasi KotakGame

Selain itu, terdapat juga port USB Type-C khusus di bagian samping bodi ROG Phone II yang berfungsi sebagai fasilitas untuk mengisi daya sekaligus menghubungkan berbagai aksesori khusus ROG Phone II.

ROG Phone II tidak hanya powerful dan penuh fitur, tetapi juga dapat menemani sesi bermain game penggunanya dalam jangka waktu yang lebih lama. Berkat baterai besar 6.000mAh, ROG Phone II dapat digunakan untuk bermain game lebih lama dibandingkan smartphone lainnya. Didukung dengan teknologi Quick Charge 4.0, baterai ROG Phone II juga dapat diisi ulang dalam waktu yang singkat.

ROG Phone 2 dibanderol dengan harga Rp8.499.000 untuk yang versi RAM 8GB dan storage 128GB.

Spesifikasi ASUS ROG Phone II

Model Number ROG Phone II ZS660KL
ProsesorQualcomm SDM855 Snapdragon 855+ (7 nm)
RAM 8 / 12 GB
Internal Storage 128 / 512 GB / 1 TB
Micro-SD Tidak Ada
Display 6,59 AMOLED 10 bit HDR dengan 120 Hz Refresh Rate
Kamera Belakang 48 MP, f/1.8, 26mm (wide), 1/2", 0.8µm, PDAF, Laser AF 13 MP, f/2.4, 11mm (ultrawide)
Kamera Depan 24MP, f/2.2, 0.9µm
SIM Card Dual SIM (Nano-SIM, dual stand-by)
Dimensi 171 x 77.6 x 9.5 mm (6.73 x 3.06 x 0.37 in)
Bobot 240 g (8.47 oz)
Baterai Non-removable Li-Po 6000 mAh battery denganFast battery charging 30W (Quick Charge 4.0)
Aksesoris TwinView Dock II, ROG Kunai Gamepad, WiGig Display Dock Plus, ROG Lighting Armor Case, Aero Case, AeroActive Cooler II, dan Mobile Desktop Dock.
Socket 3.1, Type-C 1.0 reversible connector; accessory connector

TAGS

Jika ingin mengirim artikel, kerjasama event dan memasang Iklan (adverstisement) bisa melalui email redaksi[at]kotakgame.com atau Hotline (021) 93027183
rekomendasi terbaru