NEWS

Harga RAM DDR5 Terus Turun, Modul 8GB Sekarang Lebih Terjangkau

Aeprukmana   |   Senin, 02 Jan 2023


Makin update dengan berita game dan esports! Yuk subscribe ke channel YouTube KotakGame DI SINI dan Instagram KotakGame DI SINI! Bakal ada banyak FREE GIVEAWAY Diamonds, UC, PS4, gaming peripheral, dan lainnya!

Makin update dengan berita game dan esports! Yuk subscribe ke channel YouTube KotakGame DI SINI dan Instagram KotakGame DI SINI! Bakal ada banyak FREE GIVEAWAY Diamonds, UC, PS4, gaming peripheral, dan lainnya!

DigiTimes melaporkan bahwa harga DRAM turun 40% pada tahun 2022, penurunan paling terasa untuk DDR3 dan DDR4, tapi DDR5 juga lumayan turun signifikan. Modul 8GB DDR5 paling terlihat penurunannya, turun sejauh 43% di 2022. Informasi ini diambil dari akumulasi data antara Februari hingga Oktober 2022.

Baca ini juga :


» LAGI! Bea Cukai China Menyita Ratusan Prosesor Intel, SSD, Dan RAM Dalam Upaya Penyelundupan
» KLEVV Perkenalkan CRAS V RGB dan BOLT V! Memori DD5 untuk Gaming
» GALAX Memperkenalkan Memori DDR5-8000 HOF PRO Untuk Intel 700 Series
» Gigabyte DDR5 Memory Berhasil di Overclock ke 11136 MT/s
» Patriot Mengumumkan DDR5 Viper Extreme 5 Memory Up-to 8000 MT/s




Sumber: TeamGroup


Modul memori DDR5 terus menurun pada tahun 2022 ditandai dengan adopsi yang luas untuk standar memori baru.

DDR5 akan banyak diadopsi di pasar PC seandainya tidak dilimitasi hanya pada market premium. Ditambah dengan komponen lainnya, konsumen dituntun untuk mencari solusi yang lebih terjangkau untuk PC mereka. Kesulitan yang dirasakan market PC ini menyebabkan produsen motherboard merancang motherboard berbeda dengan konfigurasi identik agak bisa mendukung DDR4 dan DDR5

Meskipun penurunan harga sekarang sangat baik bagi konsumen, hal itu akan merugikan produsen yang mencoba mencapai titik impas dengan angka penjualan tahun sebelumnya.


Sumber: TeamGroup


Tahun ini akan sangat bagus untuk user PC yang ingin menggunakan memori DDR5 di sistem mereka. Selain itu, DDR4 tentu saja menawarkan opsi yang lebih murah lagi bagi mereka yang ingin stay di sistem lama.

Penyebab penurunan harga dikabarkan akibat dari produksi DRAM yang terlalu banyak dan seller yang berusaha mempertahankan tapi tidak mengambil banyak stok. Pabrikan NAND juga mengalami penurunan penjualan hampir 20% selama kuartal terakhir untuk NAND TLC dibandingkan dengan NAND SLC yang harganya bisa bertahan sepanjang tahun.

Kekhawatiran paling besar bagi konsumen, serta produsen, bermuara pada biaya di sisi manufaktur. Misalkan perusahaan tidak dapat mempertahankan tingkat memori saat ini untuk dijual ke konsumen. Dalam hal ini, mereka harus memperlambat produksi, yang dapat menyebabkan penghentian total, mengganggu aliran memori di pasar global yang tersedia.

Selain berita utama pada artikel ini, Kru KotGa juga punya pembahasan menarik yang bisa kamu tonton pada video di bawah ini.

TAGS

Jika ingin mengirim artikel, kerjasama event dan memasang Iklan (adverstisement) bisa melalui email redaksi[at]kotakgame.com atau Hotline (021) 93027183
rekomendasi terbaru