NEWS

ASUS Memamerkan Kartu Grafis RTX 4060 Ti Dengan Slot M.2 SSD

Aeprukmana   |   Sabtu, 01 Jul 2023


Makin update dengan berita game dan esports! Yuk subscribe ke channel YouTube KotakGame DI SINI dan Instagram KotakGame DI SINI! Bakal ada banyak FREE GIVEAWAY Diamonds, UC, PS4, gaming peripheral, dan lainnya!

Makin update dengan berita game dan esports! Yuk subscribe ke channel YouTube KotakGame DI SINI dan Instagram KotakGame DI SINI! Bakal ada banyak FREE GIVEAWAY Diamonds, UC, PS4, gaming peripheral, dan lainnya!

Saat ini, sebagian besar kartu entry-level dan kelas menengah terbatas pada spesifikasi PCIe Gen4 dan 8 jalur. Namun, semua kartu ini pada akhirnya akan dimasukkan ke dalam slot 16 lajur berukuran penuh. Inilah sebabnya mengapa kartu seperti seri RTX 4060 dan Radeon RX 7600 memiliki konektor berukuran penuh, tetapi tidak semua jalur terhubung secara elektrik.

Sebuah video dari Tony Yu (GM di ASUS) menunjukkan sebuah konsep kartu grafis RTX 4060 Ti Dual yang dapat memecahkan masalah jalur PCIe yang tidak terpakai. Perusahaan telah menemukan bahwa alih-alih membuat jalur palsu, jalur tersebut masih dapat digunakan untuk perangkat lain, seperti penyimpanan SSD berkecepatan tinggi. Mereka mempresentasikan sebuah konsep GPU RTX 4060 Ti dengan SSD Samsung 980 PRO 2TB yang terpasang di bagian belakang.


Sumber: Tony/ASUS

Baca ini juga :


» Motherboard ASUS AMD 600 Series Kini Mendukung Prosesor Ryzen Generasi Terbaru
» ASUS ProArt Umumkan Penawaran Spesial ProArt Bertema Create with the Best
» Meta Kerjasama Dengan ASUS Buat Kembangkan Next Generation VR Headset Pakai Meta Horizon OS
» Inilah AI Gaming Laptop 14-inci Terbaik Saat Ini: ROG Zephyrus G14
» ROG Ally Kuasai Pasar Gaming Handheld PC di Indonesia

Sebagian besar SSD saat ini dipasang di tempat yang tidak nyaman dan sempit pada motherboard, sering kali membutuhkan pelepasan kartu grafis atau bahkan pendingin CPU yang besar untuk mendapatkan akses. Meskipun demikian, pengguna akan memiliki akses yang lebih mudah dengan SSD M.2 yang dipasang pada kartu grafis.

Selain itu, penting untuk mempertimbangkan bahwa kartu grafis akan membutuhkan daya yang lebih besar, tetapi tidak boleh melebihi maksimum 10W, yang tidak dapat ditangani oleh RTX 4060 Ti hanya dengan satu konektor daya 8-pin.


Sumber: Tony/ASUS


Sumber: Tony/ASUS

Tony menguraikan semua aspek dari instalasi tersebut, termasuk potensi masalah panas yang mungkin timbul karena koneksinya ke kartu grafis. Menarik untuk dicatat bahwa suhu sebenarnya telah turun sekitar 10 C dan penurunan kinerja minimal (6,8 GB/s, bukan 6,9 GB/s untuk peak sustained read speed).

Hal ini dikarenakan PCB telah dipotong untuk memungkinkan aliran udara dari pendingin GPU mencapai SSD, bahkan, pendingin tersebut langsung terpasang ke SSD dengan pad termal. GPU dan SSD hanya berbagi pendingin yang besar, dan dapat dibayangkan bahwa pemasangan tiga kipas hanya akan membuat hal ini menjadi lebih efisien.


Sumber: Tony/ASUS

Perlu diingatkan kepada para pembaca bahwa ASUS RTX 4060 Ti bukanlah kartu grafis pertama yang memiliki fitur SSD on-board. AMD memiliki ide ini beberapa tahun yang lalu untuk Radeon SSG profesional berbasis arsitektur Vega, hanya saja teknologi itu memiliki tujuan yang berbeda dan penggantian SSD jauh lebih tidak nyaman. Namun demikian, kami hanya bisa berharap ide ini akan digunakan secara lebih luas oleh segmen GPU kelas menengah di masa depan.

Sumber: videocardz, twitter, ASUS

Selain berita utama di atas, KOTAKGAME juga punya video menarik yang bisa kamu tonton di bawah ini.

TAGS

Jika ingin mengirim artikel, kerjasama event dan memasang Iklan (adverstisement) bisa melalui email redaksi[at]kotakgame.com atau Hotline (021) 93027183
rekomendasi terbaru