Feature

[Diary Kru Kotga] Awas Efek Samping! Gacha Beneran Menjanjikan Kekuatan

oleh: Master-Fakry

Buat gamer yang doyan main game mobile bergenre RPG, pasti sudah tidak asing dengan fitur gacha (gachapon) yang menjanjikan kekuatan. Itu bukan sekadar ungkapan, item dambaan gamer yang hanya bisa diperoleh melalui gacha memang benar-benar mampu memberikan kekuatan luar biasa. Gacha adalah fitur yang akan memberikan karakter atau item langka (super rare) secara acak jika beruntung, namun pemain juga berkemungkinan untuk mendapatkan item "ampas" jika sedang sial.

Salah satu game mobile masa kini yang terkenal dengan sensasi gacha-nya adalah Fate/Grand Order. Game tersebut tidak tersedia di Google Play, dan tidak mengadirkan konten berbahasa Inggris apalagi Indonesia. Kamu bisa mengaksesnya melalui aplikasi QooApp. Namun banyak gamer Indonesia yang memainkannya dan tidak segan untuk melakukan pembelian in-game credits untuk bisa mendapatkan karakter-karakter keren yang dijanjikan melalui fitur gacha (Summon).


Selain Fate/Grand Order, game mobile yang menghadikan fitur gacha adalah Seven Knights. Game ini sering menghadirkan update karakter baru yang bisa didapatkan melalui fitur gacha. Hanya saja, gosip yang beredar adalah ID baru bisa mendapatkan karakter-karakter bagus lebih mudah daripada ID lama. Oleh karena itu, banyak gamer Seven Knights yang memutuskan untuk bikin ID baru untuk mendapatkan karakter terbaru yang lebih kuat.


Kru Kotga sebenarnya lebih suka membeli item secara langsung, tanpa harus gacha dulu. Namun kebanyakan developer game zaman sekarang mungkin menilai pendapatan dari fitur gacha lebih besar dibandingkan dengan penjualan item secara langsung. Jadi mayoritas item keren di game mobile hanya bisa didapatkan dari gacha. Pada sebagian besar mobile RPG, gacha ini menjadi satu-satunya fitur untuk mendapatkan karakter atau item keren.

Baca ini juga :

» Gak Bikin Stress, Inilah 7 Game Mobile yang Paling Gampang Gacha-nya!
» Gampang Dapet Waifu, Inilah 7 Game Mobile dengan Sistem Gacha Paling Baik!
» Gacha Ampas Jangan Sedih! Ini Tips Jago Walaupun Gacha Kurang Beruntung di MoeGirl GO!
» Gacha Bisa Kaya? Mengenal Istilah Reroll di Game Android dan Kenapa Bisa Menguntungkan
» Tips Tetap Asyik dan Jago Walaupun Gacha Ampas Saat Main Game Mobile
Kilas balik beberapa tahun yang lalu, ketika game online PC masih jaya-jayanya di Indonesia. Banyak dari game yang juga menghadirkan fitur sejenis gacha sebagai salah satu cara untuk memasarkan item langka yang memiliki kekuatan luar biasa, bahkan game bergenre first person shooter pun ikut menghadirkan fitur gacha yang disebut "capsul" untuk memasarkan senjata yang paling bagus. Ragnarok Online juga ada fitur ini, yakni berbagai macam Egg yang menjanjikan item edisi terbatas.

Pengalaman dalam nge-gacha benar-benar bikin jantung jadi dag-dig-dug. Bisa dibilang mirip seperti judi. Kalau berhasil mendapat karakter atau item yang diinginkan bikin ketagihan, tetapi kalau gagal bikin penasaran. Itulah yang membuat pemain tidak ada hentinya untuk terus nge-gacha. Bagi Kru Kotga, hanya dua cara untuk berhenti main gacha, yaitu berhenti memainkan gamenya atau bangkrut alias sudah nggak punya uang.

(KotakGame)

Jika ingin mengirim artikel, kerjasama event dan memasang Iklan (adverstisement) bisa melalui email redaksi[at]kotakgame.com atau Hotline 021-98299724
rekomendasi terbaru