Feature

5 Tips Jitu Dijamin Lancar Main Game di Smartphone

Halaman 2

3. Memakai Game Booster

Yak, cara ini memang terbilang cukup ampuh ketika Kru KotGa gunakan. Dulu, cara ini dipakai di PC berbasis Windows untuk memainkan game. Gunanya? Untuk menghentikan aplikasi background dan menghemat penggunaan ram. Penggunaan game booster di Android juga akan mematikan sementara notifikasi yang mengganggu. Game Booster juga mampu memfokuskan internet ke game yang sedang dimainkan.

Kalau smartphone ASUS yang dipersenjatai dengan ZenUI sudah diberikan aplikasi Game Genie. Pengguna Xiaomi dengan MIUI 9 keatas, juga sudah ada fitur Game Booster bawaan. Sementara selain pengguna ASUS dan Xiaomi bisa mencarinya aplikasi Game Booster di Google Play. Salah satu aplikasi Game Booster yang Kru KotGa rekomendasikan adalah Swift Gamer.

4. Usahakan baterai lebih dari 18 persen.

Kenapa kru kotga menyuruh kalian untuk menggunakan baterai lebih dari 18 persen bermain game? Yap, umumnya sistem operasi Android terkini memiliki fitur mode power saving, dimana ketika baterai sudah 18 persen kebawah kemampuan hardware akan dibatasi demi mengirit baterai. Makanya, jangan paksakan bermain game ketika beterai sedang low ya!

5. Gunakan Custom ROM

Salah satu cara ampuh mengkostumisasi Android agar lebih lancar memainkan game salah satunya dengan menggunakan Custom ROM. ROM pada Android biasanya berisi sistem operasi dan beberapa fitur tambahan yang diberikan oleh vendor, namun sayangnya tak semua fitur tersebut dipakai oleh pengguna Android yang justru malah membuat performa Android semakin lama semakin menurun. Dengan memakai Custom ROM yang kebanyakan berbasis AOSP atau Android original bisa meningkatkan performa Android.

Hanya saja, cara ini hanya bisa dilakukan oleh gamer yang sudah paham betul bagaimana mengoprek Android dan tidak dianjurkan untuk para awam, karena akan berdampak beberapa resiko mulai dari dari softbrick (bootloop) atau apesnya bisa kena hardbrick (mati total). Jadi, pikir-pikir lagi ya.

Baca ini juga :

» Bisa Minum Lewat Headset hingga Cukuran RGB, Deretan Joke Brand Gaming di April Mop!
» Resesi Is Real? Game-Game Besar ini Harus Tutup di Tahun 2023!
» Apakah Favoritmu Menang? Pengumuman Pemenang Penghargaan KotakGame Awards 2022
» Awal Tahun 2023 di Rumah Tapi Bingung Mau Ngapain Aja? Saatnya Mainkan 7 Game Ini!
» Auto Kaya! 7 Donasi Paling Menggemparkan di Jagat Streaming Indonesia!
Nah, itulah beberapa tips dari Kru KotGa akan kamu bisa bermain game di smartphone lebih lancar dari sebelumnya. Mungkin tidak terlalu berasa, tetapi akan lebih baik dan kamu tidak perlu membeli smartphone baru. Jika ada tambahan, jangan ragu untuk menambahkannya di kolom komentar ya!

(KotakGame)

Jika ingin mengirim artikel, kerjasama event dan memasang Iklan (adverstisement) bisa melalui email redaksi[at]kotakgame.com atau Hotline 021-98299724
rekomendasi terbaru