Feature

Evolusi Seri Monster Hunter dari Masa ke Masa

Mengembangkan sebuah franchise baru adalah salah satu langkah paling krusial bagi developer game manapun. Karena melahirkan sebuah franchise artinya adalah menawarkan sebuah seri game yang lebih revolusioner dan disukai oleh para gamer, impresi pertama yang diperlihatkan tentunya harus menjanjikan. Seolah ingin menawarkan sebuah konsep game action RPG yang lebih unik, pada tahun 2004 lalu Capcom akhirnya resmi merilis seri pertama Monster Hunter.

Game yang dirilis di PlayStation 2 tersebut berhasil menarik perhatian banyak sekali gamer dan berakhir dengan kesuksesan besar. Walaupun gamenya sendiri tidak berfokus pada jalan cerita, tapi pengalaman berburu monster dengan gameplay yang kompleks dan menantang ternyata menjadi sangat digemari. Kesuksesan ini tidak didapat Capcom dengan mudah tentunya, karena mereka harus mengeksplor banyak sekali ide dan konsep unik sebelum bisa dikembangkan menjadi game.

Setelah memasuki usia yang lebih dari satu dekade, Monster Hunter saat ini sudah menjadi franchise yang sangat populer dengan banyak seri game utama dan spin off yang selalu sukses di pasaran. Setelah rilisnya seri terbaru Monster Hunter World yang berhasil menjadi game terlaris Capcom dengan angka penjualan melebihi 10 juta kopi, mungkin ini adalah saat paling tepat untuk melihat evolusi dari setiap seri utamanya hingga sekarang. Perlu diingat kalau artikel kali ini tidak menyertakan Freedom series dan beberapa game spin-off lainnya seperti Monster Hunter Stories.


Monster Hunter

Walaupun termasuk seri yang paling awal, Monster Hunter masih menawarkan pengalaman bermain yang solid dan tidak terasa ketinggalan zaman sama sekali. Dalam game ini kamu akan beperan sebagai pemburu yang dihadapkan pada beragam quest perburuan monster. Mulai dari monster kecil yang hanya perlu diambil sumber dayanya, hingga monster berbahaya yang mengancam lingkungan, setiap perburuan akan selalu memberikan sensasi yang berbeda dan menantang.

Monster Hunter sendiri menawarkan mekanisme gameplay action dimana kamu bisa menggunakan senjata dari berbagai macam kelas seperti sword dan shield, dial blade, great sword, long sword, hammer, hunting horn, gunlance, switch axe, insect glaive, charge blade dan masih banyak jenis senjata dari kelas ranged. Dengan batasan waktu yang cukup singkat di setiap misinya sekaligus keharusan untuk meracik supply seperti potion, game ini ternyata hadir dengan tingkat kesulitan yang lebih tinggi dari prediksi.

Baca ini juga :

» Ternyata Beda Banget! Inilah 5 Perubahan Baru yang Ada di Lost Saga Remastered!
» Jadi Pengen Beli! Inilah Deretan Game Next-Gen PS5 yang Wajib Kamu Tunggu!
» Cari Idaman Kamu! Rekomendasi Laptop i7 Kekinian Untuk Gamer di Budget Mulai 13 Jutaan!
» Mulai Budget 4 Jutaan Aja! Rekomendasi Laptop Murah Untuk Main Game Kekinian!
» Hadoken!!! Inilah 7 Jurus Paling Legendaris di Game Street Fighter!

Monster Hunter 2

Seri original Monster Hunter memang berhasil menarik minat banyak gamer saat pertama kali memulai debutnya, tapi franchise ini masih belum mendapatkan basis pemain yang banyak di wilayah barat. Untuk itu, Capcom akhirnya memutuskan untuk merilis sekuelnya khusus untuk wilayah Jepang saja. Monster Hunter 2 sendiri hadir dengan perombakan kualitas grafis dan gameplay yang lebih superior. Perubahan paling signifikan juga terdapat di fitur perubahan cuaca dan musim, serta jenis monster dan tipe senjata baru. Karena sangat sukses di Jepang, akhirnya Capcom kembali merilisnya untuk PSP dengan judul Monster Hunter Freedom 2.

Fitur Index :

  1. Halaman 2
Jika ingin mengirim artikel, kerjasama event dan memasang Iklan (adverstisement) bisa melalui email redaksi[at]kotakgame.com atau Hotline 021-98299724
rekomendasi terbaru