Feature

Inilah Deretan Game PC dengan Port Terburuk!

oleh: Keyboard22
Berbeda dengan pengembangan dan perilisan game di konsol. Developer sepertinya harus sedikit memutar otak jika ingin merilis game besutannya ke PC. Jika konsol, semua hardware yang terdapat di dalamnya tentu sama. Namun jika PC, tentunya spesifikasi PC tiap orang pastinya berbeda. Itulah beberapa developer cukup sering merilis versi PC game besutannya belakangan atau bahkan tidak sama sekali karena berbagai pertimbangan.

Nah, pada artikel ini kru KotGa akan coba menyebutkan berbagai deretan game PC yang dirilis dengan port yang sangat buruk. Entah dari optimisasi yang ditawarkan, atau berbagai fitur yang seharusnya ada di PC, tapi tidak dihadirkan. Apa saja game tersebut? Yuk simak artikelnya!

Baca ini juga :

» Tetap Mantap di Patch Baru, 5 Hero Carry Dota 2 Terbaik di Patch 7.23 Versi Rizpol
» Menyeramkan Pada Masanya, 7 Hero Favorit Pemain Lost Saga Zaman Old!
» Perlu Dihidupkan? Inilah 7 Franchise Game Legendaris yang Sudah Lama Mati!
» Fans SAO Merapat! Inilah Deretan Game Sword Art Online yang Wajib Kamu Mainkan
» Terlalu Imba! 7 Orang Ini Dikenal Lihai Menggunakan Hero Dota Andalannya
1. Batman: Arkham Knight

Sumber: Official Rocksteady Studios

Batman: Arkham Knight merupakan seri keempat dari game Batman dengan tema Arkham dan seri ketiga dari developer Rocksteady. Batman: Arkham Knight ini menghadirkan dunia open world yang sangat menakjubkan. Seperti yang kamu ketahui, dulu Batman: Arkham Knight versi PC sempat ditarik peredarannya dari Steam karena porting yang begitu buruk.

Ketika awal dirilis, jangan harap kamu bisa memainkan Batman: Arkham Knight dengan RAM di bawah 12GB. Jika kamu memaksakannya, game tersebut akan berjalan tidak nyaman karena banyak stutter dan framerate yang terjun bebas. Setelah ditarik dari Steam dan kembali muncul, Batman: Arkham Knight sudah mendapatkan update untuk membenahi berbagai masalah tersebut.

2. Grand Theft Auto IV

Sumber: Official Rockstar Games

Seri-seri sebelum Grand Theft Auto sebelum versi keempat ini memang luar biasa. Tapi, banyak dari kamu pastinya melewatkan seri GTA yang satu ini. Hal tersebut sepertinya bukan tanpa alasan. Karena game tersebut bukan hanya buruk dari segi konsep hingga gameplay yang ditawarkan, melainkan juga porting untuk versi PC terutama.

Jika kamu memiliki PC dengan spesifikasi "pas-pasan" pada zamannya, jangan harap kamu bisa memainkannya dengan lancar. Porting yang begitu buruk bahkan terus terbawa hingga ekspansi Episodes from Liberty City. Untungnya, Rockstar sepertinya sudah belajar dari kesalahan dengan melakukan porting GTA V yang luar biasa.

3. Red Dead Redemption 2

Sumber: Official Rockstar Games

Karena PC adalah platform yang memiliki potensi performa lebih tinggi daripada konsol, Rockstar tentunya bisa menawarkan berbagai perombakan signifikan pada kualitas grafisnya. Mulai dari tekstur yang lebih realistis, dukungan resolusi tinggi hingga 4K, efek grafis yang lebih mendetail, hingga dukungan HDR adalah sebagian dari berbagai perombakan baru yang ditawarkan versi PC ini.

Sayangnya, eksekusi yang dilakukan oleh Rockstar Games sepertinya diluar perkiraan. Cukup banyak gamer PC yang bermasalah ketika memainkannya. Mulai dari crash setiap 30 menit, FPS drop, stuttering, hingga optimisasi yang sangat buruk dimana GTX 1060 hanya bisa memainkannya pada settingan high dengan framerate 29 FPS.

Fitur Index :

  1. Halaman 2
Jika ingin mengirim artikel, kerjasama event dan memasang Iklan (adverstisement) bisa melalui email redaksi[at]kotakgame.com atau Hotline 021-98299724
rekomendasi terbaru