Feature

Rekomendasi Rakit PC Gaming Budget Paling Irit Mulai 3 Jutaaan!

Saat ini, cukup banyak pilihan perangkat gaming untuk memainkan berbagai game AAA khususnya. Untuk konsol saja, para gamer bisa memilih konsol seperti Xbox One, PlayStation 4, ataupun Nintendo Switch. Namun, jika berbicara perangkat gaming paling ideal untuk anak sekolahan yang mungkin hanya memiliki budget terbatas, PC adalah perangkat gaming utama yang paling cocok.

Memiliki sebuah PC gaming tentunya sangat multifungsi, selain bisa digunakan untuk memainkan game, bisa juga digunakan untuk belajar dan mengerjakan tugas. Namun, kebanyakan anak kuliah atau sekolahan pasti bingung kan spesifikasi seperti apa yang cocok untuk mereka karena budget yang terbilang terbatas dan pilihan yang minim.

Nah, pada artikel ini kru KotGa akan memberikan rekomendasi rakit PC gaming paling cocok untuk anak kuliah atau sekolahan. Pada artikel ini kru KotGa anggap kalian sudah memiliki keyboard, monitor, mouse, dan speaker ataupun headset. Seperti apa spesifikasinya? Yuk simak artikelnya!

Baca ini juga :

» Zona Nyaman! Rekomendasi Rakitan PC Paling Enak Buat Gaming Gak Pake Mahal
» Bisa Main Game Apapun! Inilah Rekomendasi Rakit PC High-End Sampe 10 Jutaan
» Masih Pelajar? Ini Tips Rakit PC Gaming 4 Jutaan Buat Game Kekinian & Mengerjakan Tugas!
» PC Kentang Merapat! Ini Tips Untuk Meningkatkan Performa PC Kamu
» Rekomendasi 10 Game dengan Grafis Fantastis yang Bisa Dimainin di PC Kentang
Berikut rekomendasi rekomendasi rakit PC gaming paling cocok untuk pelajar. Harganya terbilang cukup terjangkau untuk ukuran sebuah PC gaming dan tidak memerlukan budget banyak, hanya sekitar IDR 3 jutaan saja.

  • Prosesor: AMD Athlon 3000G (Radeon Vega 3) = IDR 775.000
  • Motherboard: MAXSUN MS-A320M Challenger Series = IDR 735.000
  • RAM: V-GeN Tsunami DDR4 PC21000 2666Mhz Dual Channel 8GB = IDR 628.000
  • SSD: V-GeN SSD M.2 256GB = IDR 438.000
  • PSU: FSP HV PRO 550W 80+ = IDR 594.000
  • Casing: Cube Gaming Zerv = IDR 420.000

Total: IDR 3.590.000

Prosesor AMD Athlon 200GE + GPU Radeon Vega sudah cukup

Arsitektur "Zen" yang sangat efisien membantu prosesor AMD Athlon 3000G untuk tetap dingin dan sunyi ketika digunakan, sedangkan core prosesor dan grafis "Zen" memungkinkan performa PC responsif dan pengalaman yang lancar dalam bermain game maupun menonton film HD. Sebagai tambahan, prosesor AMD Athlon 3000G didukung oleh infrastruktur socket AMD AM4 yang sudah tersedia untuk sebuah platform yang memberikan fitur-fitur PC terbaru seperti memori DDR4, penyimpanan NVMe, dukungan tampilan 4K, dukungan USB 3.1 generasi kedua, dan menawarkan jalur peningkatan mudah untuk performa yang jauh lebih tinggi dengan prosesor AMD Ryzen processors dan kartu grafis discrete.

Jeroan lainnya? Cukup yang standar saja, karena budget di push sekecil mungkin

Kru KotGa sengaja memilih brand Maxsun untuk pemilihan motherboard. Seperti yang sudah Kru KotGa tekankan diatas. Budget akan di press hingga sekecil mungkin agar super hemat. Lagipula, Maxsun memiliki "nama" yang cukup baik di negara asalnya, China. Meskipun tidak sebaik brand lain, sepertinya kamu tidak perlu terlalu meragukan kualitasnya.

Untuk urusan penyimpanan, kru KotGa memilih SSD M.2 dengan kapasitas 256GB. Kenapa SSD diutamakan? Karena saat ini berbagai aplikasi atau game, hingga berjalannya sistem operasi seperti Windows 10 membutuhkan SSD agar berjalan lebih optimal dan tidak ada kasus "Disk 100%" yang membuat PC lemot.

Sementara untuk urusan power supply, kru kotga memilih FSP HV PRO 550W 80+ yang dirasa sudah lebih dari cukup untuk rakit PC super hemat ini, bahkan jika kamu ingin upgrade sampai dengan Ryzen 7 + GTX 1660 Ti juga masih cukup untuk kedepannya.

Penasaran dengan peforma gamingnya? Berikut berbagai game yang bisa dimainkan:

  • FIFA 20: 720p - Low - 86 FPS
  • Apex Legends: 720p - Very Low - 33 FPS
  • GTA V: 720p - Medium - 49 FPS
  • PUBG: 720p - Very Low - 30 FPS
  • Resident Evil 3 Remake: 720p - Low - 34 FPS
  • CSGO: 720p - Low - 103 FPS
  • Valorant: 720p - Low - 101 FPS

Baca ini juga :

» Zona Nyaman! Rekomendasi Rakitan PC Paling Enak Buat Gaming Gak Pake Mahal
» Bisa Main Game Apapun! Inilah Rekomendasi Rakit PC High-End Sampe 10 Jutaan
» Masih Pelajar? Ini Tips Rakit PC Gaming 4 Jutaan Buat Game Kekinian & Mengerjakan Tugas!
» PC Kentang Merapat! Ini Tips Untuk Meningkatkan Performa PC Kamu
» Rekomendasi 10 Game dengan Grafis Fantastis yang Bisa Dimainin di PC Kentang
Melihat performa diatas, rasanya AMD Athlon 3000G + Vega 3 akan menjadi solusi untuk gamer yang ingin merakit PC dengan budget super hemat. Tentunya harga yang Kru KotGa sebutkan diatas akan berbeda-beda di setiap toko, tapi tidak akan terlalu jauh kok perbedaannya. Semoga artikel rekomendasi rakit PC gaming paling cocok untuk anak kuliah atau sekolahan ini bermanfaat untuk kamu ya!

(KotakGame)

Jika ingin mengirim artikel, kerjasama event dan memasang Iklan (adverstisement) bisa melalui email redaksi[at]kotakgame.com atau Hotline 021-98299724
rekomendasi terbaru