Feature

Ingin Laptop Kamu Awet? Hindari 7 Kebiasaan Ini Agar Laptop Kamu Tidak Cepat Rusak!


Laptop sudah menjadi kebutuhan untuk banyak orang, mulai dari karyawan yang perlu menggunakannya untuk bekerja baik di kantor maupun di rumah, hingga pelajar yang mengerjakan tugasnya di gadget ini.

Namun, laptop juga dikenal sedikit "manja" hingga harus diperhatikan perawatannya. Kru KotGa sudah merangkum 7 kegiatan yang perlu dihindari untuk menghindari laptop kamu dari kerusakan. Ayo kita cek!

1. Tidak Hati-hati Dalam Menyimpan Laptop


Tidak bisa dielakan bahwa laptop adalah sebuah gadget yang praktis dan simpel untuk dibawa kemana saja untuk berbagai keperluan. Namun terkadang hal ini malah menjadi pedang bermata dua dimana banyak kesalahan dilakukan pengguna laptop ketika membawa gadget satu ini.

Ketika membawa laptop di tas seringkali penggunanya tidak memperhatikan barang lain di dalam tas hingga laptop bisa tergores barang keras lain. Membawa tas tersebut dengan tidak hati-hati dan sering berguncang juga bisa membuat laptop rusak khususnya jika laptop tersebut memakai HDD.

2. Membiarkan Suhu Laptop Panas


Suhu panas dapat membawa banyak masalah ke laptop kamu. Masalah utamanya adalah baterai yang tidak bisa terlalu lama terexpose ke suhu panas yang tinggi atau terlalu lama di dalam keadaan panas.

Kebiasaan yang bisa membuat laptop mudah panas adalah jika kamu menggunakan laptop di permukaan yang lunak atau empuk seperti kasur atau bantal. Permukaan lunak ini membuat daya hantar panas menjadi buruk. Ada baiknya kamu menggunakan laptop di tempat yang keras seperti meja yang memang tempat yang seharusnya kamu pakai bekerja.

3. Membiarkan Ventilasi Laptop Kotor


Masih berhubungan dengan poin sebelumnya, dengan tidak membersihkan ventilasi laptop kamu dan membiarkannya menjadi penuh debu maka hal itu akan membuat sirkulasi udara laptop menjadi lebih buruk dan membuatnya menjadi lebih cepat panas.

Ventilasi yang menjadi inti dari sirkulasi udara laptop membuatnya harus lebih diperhatikan karena tentunya debu akan berkumpul di ventilasi yang tidak dibersihkan.

4. Langsung Menutup Layar Setelah Dimatikan


Masih berhubungan dengan laptop yang kurang bisa menerima suhu panas, ada kesalahan yang masih tidak diketahui banyak orang yaitu untuk mereka yang langsung menutup laptopnya ketika selesai digunakan.

Ketika kamu baru mematikan laptop, suhu panas yang dikeluarkan tidak langsung hilang. Oleh karena itu kamu harus menunggu beberapa lama sebelum menutup layar laptop agar panasnya sudah hilang terlebih dahulu.

Fitur Index :

  1. Halaman 2
Jika ingin mengirim artikel, kerjasama event dan memasang Iklan (adverstisement) bisa melalui email redaksi[at]kotakgame.com atau Hotline 021-98299724
rekomendasi terbaru