Feature

Banyak Kotoran Di Keyboard Mekanik Kamu? Ini Dia Cara Untuk Membersihkannya!

Halaman 2

Bersihkan Dengan Mencabut Keycaps (Untuk Kotoran Bandel)


Beberapa kotoran membandel akan tetap menempel di keycaps meskipun sudah dibersihkan dengan vakum dan lap secara teratur. Kamu dapat membersihkannya dengan cara mencabut keycaps agar bisa lebih mudah untuk dibersihkan. Namun untuk cara ini, kamu akan butuh alat tertentu agar cara ini berjalan dengan lancar dan aman.

Baca ini juga :

» Rekomendasi 5 Keyboard Mekanikal Di Bawah 500 Ribuan Untuk Gaming Selama PPKM
» Fans Mechanical Keyboard Wajib Tahu, Inilah Brand Switch Yang Harus Kamu Ketahui!
» Gabut Lagi Ngabuburit? Yuk Simak Tips Menjaga Mechanical Keyboard Biar Awet!
» Mulai Dari 300 Ribu! Berikut Rekomendasi Keyboard Mechanical Gaming Siap Hajar Game Esport
» [Diary Kru KotGa] 5 Keyboard Gaming RGB Terbaik Tapi Tetap Murah!
1. Seperti biasa, kamu harus cabut dahulu sambungan keyboard kamu dari komputer. 2. Gunakan penarik keycaps untuk melepas keycaps dari keyboard kamu. Kalau kamu kurang bisa atau tidak nyaman dengan melepas keycaps ini, jangan dipaksakan dan gunakan cara lainnya seperti bersihkan dengan kain mikrofiber yang sedikit lembab.

3. Kamu dapet membersihkan dengan beberapa cara seperti menggunakan sabun cuci piring, sikat gigi, atau direndam dalam air hangat setidaknya selama 6 jam. Menggunakan sabun cuci piring mungkin menjadi pilihan terakhir disini karena akan sulit untuk dibilas.

4. Jika ada noda lengket di lapisan dasar keyboard, gunakan kain yang sedikit lembap atau Q-tip untuk membersihkannya. Alat pembersih kecil lainnya juga bisa, tetapi hindari membasahi key switch jika bisa.

5. Letakkan keyboard menghadap saat sedang mengeringkan keycaps untuk mencegah penumpukan debu.

Nah itu dia cara untuk membersihkan keyboard mekanik. Secara umum, kamu sebaiknya bersihkan keyboard mekanik dengan cepat menggunakan kain dan cairan pembersih yang lembut seminggu sekali untuk mencegah penumpukan kotoran dan bakteri berbahaya. Ini sangat penting jika kamu berbagi komputer dengan anggota keluarga atau teman lainnya.


Sumber: Reddit r/pcmasterrace

Pembersihan untuk kotoran bandel hanya dilakukan ketika keyboard mekanik benar-benar kotor, dan itu benar-benar tergantung pada seberapa banyak kamu menggunakannya, seberapa kotornya, dan berapa banyak waktu luang yang kamu miliki. Beberapa penggemar teknologi biasanya mencabut semua keycaps dan membersihkan lapisan dasar keyboardnya sebulan sekali. Namun untuk kamu pengguna biasa, mungkin cukup bersihkan secara mendalam ketika kamu memiliki waktu luang.

Jangan lupa juga untuk ikuti Giveaway dari KotakGame. Cek video dibawah ini ya:

Jika ingin mengirim artikel, kerjasama event dan memasang Iklan (adverstisement) bisa melalui email redaksi[at]kotakgame.com atau Hotline 021-98299724
rekomendasi terbaru