Review

Review: ASUS ROG Phone 3

oleh: Billy Mariza

Halaman 1

Tahun kemarin, kita cukup puas dengan salah satu smartphone gaming dari ASUS apalagi kalau bukan ROG Phone II. Sekarang, seakan puas saja tidak cukup mereka kembali dengan varian ROG Phone yang terbaru, yaitu ROG Phone 3 yang di gadang-gadang akan menjadi Game Changer untuk para gamer Mobile.

Tentunya ada alasan dibalik mengapa ASUS berani mengatakan jika ini smartphone-nya para pemenang. Karena ROG Phone 3 telah disematkan dengan chipset Qualcomm paling kencang saat ini apalagi kalau bukan Qualcomm Snapdragon 865+ dilengkapi dengan Triple kamera untuk berbagai aktifitas diluar gaming, serta berbagai fitur-fitur yang semakin terdepan jika bicara soal gaming. Yaudah sih ya! Tanpa basa-basi lagi langsung saja kita bahas ASUS ROG Phone 3!

Model Number ZS661KS
Prosesor Qualcomm Snapdragon 865+ (7 nm+)
Operating System Android 10 ROG UI
RAM 8GB / 12GB/ 16 GB
Internal Storage 128GB / 512GB
Micro SD Tidak Ada
Display AMOLED 6,59" (1080x2340 pixel), Corning Gorilla Glass 6, HDR10+, 144 Hz Refresh Rate
Kamera Belakang Sony® flagship IMX686 64 MP (Wide), 13MP (Ultrawide), 5MP (Macro)
Kamera Depan 24 MP (Wide)
Konektifitas Integrated Wi-Fi 6, Dual-band 2.4GHz/ 5GHz WiFi, Bluetooth 5.1, NFC
SIM Card Dual Nano SIM Stand-by
Audio Dual front-facing Speakers with Dirac HD Sound
Baterai 6000 mAh, non-removable, support Fast Charging 30W
Dimensi 171 x 78 x 9.9 mm(WxDxH)
Bobot 240 g
Socket 3.1, Type-C 1.0 reversible connector; accessory connector
Aksesoris TwinView Dock 3, ROG Kunai Gamepad 3, ROG Lighting Armor Case, Aero Case, AeroActive Cooler 3, ROG Clip dan Mobile Desktop Dock.

SMARTPHONE GAMING TERKENCANG DENGAN CHIPSET TERCANGGIH




Sumber:Dokumentasi KotakGame

Hal pertama yang terbesit ketika membahas sebuah smartphone gaming pastinya akan mengarah ke chipset. Tentu sebagai smartphone gaming terbaru, ROG Phone 3 telah terpasang Qualcomm Snapdragon 865+ dengan CPU Clock mencapai 3.1 GHz yang merupakan chipset paling kencang saat ini.

Tentunya dengan chipset sekencang itu di dukung dengan Android 10 membuat ROG Phone 3 dapat memainkan berbagai game berat di mobile dengan sangat mulus. Bilang saja seperti Asphalt 9: Legends, Honkai Impact 3rd, dan PUBG Mobile dapat menyentuh Ultra HD Extreme dengan lancar meskipun untuk FPS-nya stabil di 40 FPS. Selain itu, dengan RAM 8GB dan Storage 128GB bukanlah masalah untukmu untuk bermain game yang cukup memakan storage.

Baca ini juga :

» ASUS TUF Gaming Z490-Plus WI-FI
» ASUS ROG Strix B550-A Gaming
» Review: ROG Zephyrus S15, Laptop Ultra Slim Layar 300Hz Serba Bisa! Gaming, Desain, Streaming? Hajar
» Acer Nitro 5
» Review ROG Zephyrus Duo 15

ANDROID GAMING DENGAN DESAIN YANG SIMPEL DAN KHAS ROG!




Sumber:Dokumentasi KotakGame

Mulai dari Laptop, ROG mulai mempersimpel desain Gaming-nya dan hal tersebut juga diaplikasikan ke ROG Phone 3. Pada bagian depan ROG hadir sebuah layar display sebesar 6,59" dengan AMOLED display. Layar tersebut didukung dengan dual speaker di bagian kiri dan kanan berwarna hitam. Selain itu tersemat pula sebuah Front kamera 24MP di bagian sudut kanan atas dan ditutup dengan led notifikasi di sudut kiri.

Perubahan yang cukup signifikan terasa di bagian belakang atau backdoor ROG Phone 3 yang mana meminimalisir garis dengan hanya menyematkan satu garis saja di bagian belakang. Dengan satu lubang kecil untuk urusan Aero Coolernya. Selain itu di bagian kanan atas backdoor terdapat pula triple kamera yang masing-masing 64MP untuk kamera utamanya, 13MP untuk kamera Wide, dan satu kamera Macro 5MP.


Sumber:Dokumentasi KotakGame

Selain itu, tidak lengkap pula hadirnya sepasang LED Flash di bagian kanan jajaran kamera dan satu buah lubang microphone. Namun, tidak ROG Phone namanya jika tidak ada logo ROG di bagian belakangnya. Hal ikonik tersebut tetap ada kok terpasang di bagian tengah backdoor yang mana ROG eye ini telah memiliki terpasang cahaya RGB (Aura RGB) yang bisa kamu atur di Armoury Crate.


Sumber:Dokumentasi KotakGame

Nah, hal yang menarik dari desain ROG Phone 3 kali ini adalah hadirnya Aerodynamic System yang dipersimpel dari sebelumnya. Untuk bagian tersebut, bagian backdoornya sengaja dibuat transparan sehingga kamu bisa melihat isi mesinnya hanya dari luar dan itu membuat desain dari backdoor ROG kental akan nuansa gamingnya.


Sumber:Dokumentasi KotakGame

Dibagian sisi kanan ROG Phone 3 tersematkan sepasang Air Trigger yang masing-masing berada di kiri dan kanan jika dilihat dari posisi landscape, satu tombol volume, dan satu tombol on/off yang di finishing dengan warna orangenya di bagian sisi luarnya yang membuat tombol ini cukup eye catchy.


Sumber:Dokumentasi KotakGame


Sumber:Dokumentasi KotakGame

Untuk sisi kanannya terdapat Side-Mounted port yang mana kamu juga bisa charging disini ketika sedang bermain game untuk membuat tangan kanan kamu lebih leluasa. Tentunya port ini juga berguna untuk memasang berbagai aksesoris yang dimiliki oleh ROG Phone 3. Kamu juga menemukan slot SIM di atas Side-Mounted port. Bagian bawah terdapat satu buah port USB Type-C dan satu microphone dan di sisi atas kamu akan menemukan satu microphone lagi.

GAK KHAWATIR PANAS BERKAT HADIRNYA THE GAMECOOL 3 COOLING SYSTEM




Sumber:Dokumentasi KotakGame

Menggunakan ruang uap 3D canggih dan heatsink lebih besar yang ditempatkan secara tepat untuk menghilangkan panas yang berlebih. Tentunya sistem pendingin ini akan sangat efektif untuk menghilangkan panas ketika kamu sedang bermain game melalui ventilasi yang dirancang khusus dan mempertahankan kinerja dari ROG Phone 3.

Dengan heat sink yang enam kali lebih besar, tentunya akan membuat ROG Phone 3 14% lebih efektif dan efisien dalam mengendalikan panas ketika digunakan untuk bermain game berat.

TAGS

Jika ingin mengirim artikel, kerjasama event dan memasang Iklan (adverstisement) bisa melalui email redaksi[at]kotakgame.com atau Hotline (021) 93027183
rekomendasi terbaru



Most Popular Previews
Belum ada Preview