Feature

[KotaKlasik]: Tekken: Dari Tester Animasi 3-D Menjadi Raja Game Fighting 3-D Legendaris

oleh: Marvemir

[FEATURE] Halaman 2



Well, sejujurnya, sepengetahuan Kru KotGa, hingga saat ini, belum ada penjelasan lebih detil lagi terkait sumber atau ide yang meng-inspirasi Seiichi untuk menciptakan game ini. Namun, yang Kru KotGa pasti ketahui adalah fakta bahwa awal-nya, Tekken tidaklah di-niatkan untuk tercipta sebagai game fighting.

Yap, jadi pada awalnya, Seiichi dan rekan-rekan Namco-nya sedang mengerjakan proyek terbaru mereka yaitu, proyek tes 3-D animasi yang mana di dalam tes tersebut disertakan model karakter serta pemeta-an tekstural (texture mapping) yang mana, desain texture mapping-nya merupakan desain yang juga digunakan oleh Namco di game racing legendaris mereka, Ridge Racer (1993).

Singkat kata setelah melakukan berbagai macam proses sana-sini, akhirnya pada tahun 1994 Tekken, dirilis di Arcade AKA ding-dong. Dan paska dirilis, secara mengejutkan nan tak diduga-duga, game ini langsung diterima dengan sangat positif oleh seluruh gamer dan kritikus.

Baca ini juga :

» Cobain Langsung Armored Core VI: Fires of Rubicon Di Kantor Bandai Namco!
» Banyak Game Seru yang Layak Ditunggu! Inilah Daftar Game Keren dari Summer Game Fest 2022
» Banyak Game Baru dari Waralaba Populer! Inilah Jadwal Rilis Game di Juni 2022
» Kapan Lagi Main Game Baru Gratis? 7 Game di PC Game Pass Mei 2022 yang Wajib Dimainkan!
» Gamer PC Dijamin Anti Buntung! Inilah 7 Fakta PC Game Pass yang Wajib Diketahui

Resepsi positif ini semakin menjadi-jadi saja ketika kurang lebih, satu tahun kemudian, 1995, versi console Playstation 1 (PSX) nya dirilis. Dan pujian-pujian yang ada ini kebanyakan ditujukan ke kontrol bertarungnya yang tidak se-ribet Virtua Fighter dan tentunya gameplay-nya yang terlihat dan terasa seperti berantem yang sesungguhnya di dunia nyata.

Oh ya, satu hal lagi, pujian juga diberikan ke ending-ending dari setiap petarungnya yang mana seperti kita ketahui membuat kita serasa menyaksikan sebuah film drama fighting.

Berdasarkan hal-hal ini, maka tidaklah mengherankan selain Tekken terjual laris manis di pasaran juga, game ini sukses besar memecahkan beberapa rekor Guinness World Records Gamer Edition pada tahun 2008 yang antara lain adalah sebagai game PS 1 pertama yang terjual lebih dari 1 juta kopi serta game fighting pertama yang berformat simulasi 3-D.

Jika ingin mengirim artikel, kerjasama event dan memasang Iklan (adverstisement) bisa melalui email redaksi[at]kotakgame.com atau Hotline 021-98299724
rekomendasi terbaru