Review

ROG Phone 5

oleh: Billy Mariza

Armoury Crate dan Pengalaman Bermain

FITUR ARMOURY CRATE DAN GAME GENIE YANG MENUNJANG PENGALAMAN GAMING LEBIH TINGGI




Sumber: Dokumentasi KotakGame

Kalau lagi ngomongin ROG pasti gak bakal lengkap kalau gak ngebahas Armoury Crate, salah satu aplikasi dimana kamu bisa mensetting berbagai pengaturan fitur yang ada produk tersebut, baik laptop ataupun smartphone. ROG Phone 5 juga memiliki Armoury Crate yang mana kamu bisa melakukan berbagai pengaturan seperti Library Game dimana berbagai game kamu akan hadir dan teratur disini.

Lalu ada Console (Konsol) dimana kamu bisa memonitoring keadaan ROG Phone III saat itu juga. Ada beragam hal yang bisa kamu atur disini, mulai dari Performance Mode (X Mode), Game Genie, AirTrigger, hingga Aura RGB untuk logo ROG yang ada di backdoor ROG Phone 5.


Sumber: Dokumentasi KotakGame

Dibagian Featured, kamu bisa memilih berbagai game yang memang sudah mendukung beragam fitur di ROG Phone 5, untuk ditabnya kamu bisa memilih berbagai game yang sudah mendukung 120 fps, 144 fps, GamePad, AirTrigger, serta ROG Select yang merupakan game pilihan dari ROG itu sendiri.


Sumber: Dokumentasi KotakGame

Selain itu, ROG Phone 5 juga memiliki fitur Game Genie yang memiliki berbagai pengaturan untuk gamemu tergantung dari personifikasi cara bermain. Seperti Real-time info yang memungkinkan kamu untuk mengetahui berapa fps yang didapat, suhu dari CPU dan GPU hingga kondisi baterai.

Hadir pula charging mode yang memungkinkan kamu untuk melakukan bypass charging langsung ke sistem melewati baterai, tentunya ini bisa memperlama umur baterai yang kamu miliki. Selain itu hadir pengaturan refresh rate secara langsung, dan marked clip yang dengan cepat akan menangkap momen 5-6 detik saja.

Di Game Genie kamu juga bisa mengakses pengaturan Air Triggers, mulai dari Ultrasonic buttons, Motion Control, dan Cooler Button yang hanya bisa diakses jika kamu memiliki Air Cooler 5. Masih ada touch Macro, Quick Control, dan juga Record untuk merekam aktifitas gaming kamu ataupun keperluan membuat konten.


Sumber: Dokumentasi KotakGame

Baca ini juga :

» Review ROG Zephyrus G16 (2024) GU605 GU605MZ-I948O
» Review ROG Strix G16 (2024) G614 G614JVR
» Review ROG Strix SCAR 17 2023 G733
» Review ROG x EVANGELION EVA-02
» ASUS ROG G22CH G22CH-7K3114700WSO
Ditambah dengan Crosshair yang akan memberikan satu crosshair untuk memudahkan kamu dalam membidik musuh ketika bermain game FPS, dan itu permanen. Buat kamu yang berjiwa esports banget, Game Genie juga memberikan Esports Mode yang akan memblokir notifikasi serta memblokir berbagai fitur-fitur yang terlihat cukup curang seperti shortcut Airtriggers, Quick Control, hingga Crosshair yang menjadikannya senjata yang fairplay untuk kamu yang berjiwa kompetitif.


Sumber: Dokumentasi KotakGame

Salah satu fitur Game Genie terbaru adalah scout mode, fitur ini akan mengubah tampilan layar game kamu dan merubah warna untuk mempermudah kamu menemukan musuh, rasanya seperti cheater namun ini resmi ya! Ditambah ROG Phone 5 juga menambah Haptic Audio Feedback yang mana fitur ini akan membuatmu merasakan getaran tergantung darimana suara tembakan berasal. Bener-bener imersif, mengingatkan kita sama DualSense yah!

GAK ADA LAWANNYA! PENGALAMAN BERMAIN GAME MENGGUNAKAN ROG PHONE 5!




Sumber: Dokumentasi KotakGame

Setelah kita puas membacoti spesifikasi yang ditawarkan oleh ROG Phone 5, saatnya kita masuk ke dalam eksekusinya dalam memainkan game. Kru KotGa sudah menyiapkan beragam game populer serta yang berat untuk melihat sejauh apa performa dari Qualcomm Snapdragon 888 dalam mengatasi setiap game.


Sumber: Dokumentasi KotakGame

Untuk awalnya, Kru KotGa bermain game Genshin Impact yang terkenal game yang gak ramah dengan hape kentang. ROG Phone 5 berhasil mengeksekusinya dengan baik apalagi berhasil menjalankannya dengan rata-rata fps di angka memuaskan 55-59 fps. Tentunya Kru KotGa telah menjalankan pengaturan grafis tertinggi untuk mencoba sejauh apa ROG Phone 5 dapat mengangkatnya.


Sumber: Dokumentasi KotakGame

Beralih ke PUBG Mobile, tentunya game ini sangat lancar dimainkan namun banyak catatan yang harus diperhatikan ketika mencoba game PUBG Mobile dengan spesifikasi ROG Phone 5. Pasalnya, smartphone terbaru ROG belum mendapatkan optimisasi maksimal dari developer, sehingga belum dapat membuka beragam pengaturan grafis seperti Smooth+90fps, HDR+Extreme, dan Ultra HD. Tentu ini merupakan masalah yang cukup jadi catatan mengingat sang adik ROG Phone 3 sudah dapat mendukung 3 pengaturan grafis tersebut.


Sumber: Dokumentasi KotakGame

Untuk sekarang dengan pengaturan Smooth+Extreme kamu akan mendapatkan gameplay lancar dengan rata-rata di 60 fps, sedangkan untuk grafis yang lebih imersif kamu hanya mendapatkan HDR+Ultra dan akan mendapatkan rata-rata di 40fps saja.


Sumber: Dokumentasi KotakGame


Sumber: Dokumentasi KotakGame

Gak ketinggalan pula Kru KotGa mencoba game-game MOBA seperti Mobile Legends: Bang Bang dan juga League of Legends: Wild Rift. Untuk game seperti Mobile Legends tentunya tidak ada masalah, HFR aktif dan mampu mendapatkan rata-rata 60fps dalam setiap gameplay. Dalam game buatan Moonton ini juga ROG Phone tidak mendapatkan optimisasi terbaik yang mana dalam pengaturan grafis Ultra belum dapat terbuka.


Sumber: Dokumentasi KotakGame

Sedangkan untuk settingan dari Wild Rift, ROG Phone berhasil mendapatkan optimisasi terbaik dengan rata-rata 60fps di pengaturan grafis high atau rata kanan. Selain itu, Kru KotGa juga memainkan game rekomendasi dari ROG Phone 3 yang bertemakan racing apalagi kalau bukan Asphalt 9 yang merupakan salah satu game balap mobile dengan tampilan imersif. Hasilnya dengan chipset tertinggi saat ini Asphalt 9 berhasil berjalan dengan lancar di hasil rata-rata 60fps.


Sumber: Dokumentasi KotakGame

Untuk mencoba refresh rate 144Hz, Kru KotGa mencoba salah satu game yang direkomendasikan oleh Armoury Crate. Salah satunya Ace Combat dan dalam game pesawat ini ROG Phone 5 berhasil mendapatkan rata-rata 140FPS dan itu cukup epik dan memaksimalkan performa dari layar ROG Phone 5.


Sumber: Dokumentasi KotakGame

Nah, dengan banyak game yang dicoba pasti penasaran kan dengan skor Antutu Benchmark yang didapat oleh ROG Phone 5? Kru KotGa telah melakukan Benchmark terhadap ROG Phone 3 yang memiliki spesifikasi Qualcomm Snapdragon 888, RAM 16GB, dan Storage 256GB mendapatkan skor Antutu di angka 716301 poin. Tinggi sekali ya!

TAGS

Jika ingin mengirim artikel, kerjasama event dan memasang Iklan (adverstisement) bisa melalui email redaksi[at]kotakgame.com atau Hotline (021) 93027183
rekomendasi terbaru



Most Popular Previews
Belum ada Preview