NEWS

User Temukan Core i9-13900K Baru Yang Ternyata Merupakan Core i7-13700K Dengan IHS Yang Ditukar

Aeprukmana   |   Senin, 04 Sep 2023


Makin update dengan berita game dan esports! Yuk subscribe ke channel YouTube KotakGame DI SINI dan Instagram KotakGame DI SINI! Bakal ada banyak FREE GIVEAWAY Diamonds, UC, PS4, gaming peripheral, dan lainnya!

Makin update dengan berita game dan esports! Yuk subscribe ke channel YouTube KotakGame DI SINI dan Instagram KotakGame DI SINI! Bakal ada banyak FREE GIVEAWAY Diamonds, UC, PS4, gaming peripheral, dan lainnya!

Redditor menemukan bahwa prosesor Core i9-13900K yang baru memiliki die yang berbeda di bawahnya.


Sumber: Videocardz

Skema penukaran IHS (Integrated Heatspreader) adalah masalah yang terkenal, yang mempengaruhi berbagai CPU, biasanya menargetkan model Core i9 kelas atas, yang secara diam-diam diganti dengan SKU Pentium / Celeron murah dalam upaya untuk menipu retailer pada saat pengembalian. Kurangnya pelatihan dan kesadaran yang memadai di antara para retailer sering kali membuat swap IHS ini tidak terdeteksi, yang pada akhirnya membuat para pelanggan yang tidak menaruh curiga menerima prosesor yang telah dirusak ini.

Baca ini juga :


» Kolaborasi Dengan Free Fire, Itel Meluncurkan Hape Gaming Murah Itel RS4!
» Komitmen Dukung Penuh Gamer, Gigabyte Aorus Merilis Deskmat Dengan Nuansa Alam!
» Qualcomm Snapdragon X Elite Menjalankan Baldur's Gate 3 Di 1080p Dengan 30 FPS!
» Prosesor Intel Lunar Lake MX Digambarkan Pada Platform Referensi, Spesifikasi Dikonfirmasi!
» Youtuber Ini Buktikan Kenapa Air Flow Berpengaruh Besar Terhadap Performa PC Desktop!

Baru-baru ini, seorang Redditor bernama "Much_Designer_8417" menerima apa yang seharusnya merupakan Core i9-13900K terbaru dari Amazon, tetapi dengan cepat menemukan bahwa beberapa core CPU tersebut hilang, CPU tersebut terdeteksi sebagai Core i7-13700K. Perbedaan utama antara CPU ini terletak pada jumlah core, dengan varian Core i7 memiliki setengah dari E-Core, belum lagi perbedaan dalam kecepatan clock. Pengguna segera mengidentifikasi kekurangan inti, mengonfirmasikannya melalui berbagai alat perangkat lunak, yang semuanya mengindikasikan CPUID cocok dengan model yang lebih murah.


Sumber: Videocardz

Penipuan CPU Intel mencakup berbagai teknik, banyak di antaranya berkisar pada IHS. Penipuan yang paling umum melibatkan pencocokan merek dan tanda SKU palsu dengan laser pada berbagai CPU, seperti yang dijelaskan dalam video GamersNexus. Skema ini memengaruhi CPU dalam keluarga yang sama, menggunakan kemasan dan desain IHS yang identik, atau melibatkan etsa laser pada IHS yang sama sekali berbeda, dengan yang pertama jauh lebih sulit untuk dideteksi. Praktik curang lainnya melibatkan stiker pada IHS atau menempelkan IHS pada PCB kosong, seperti yang diuraikan dalam artikel dari Igor'sLAB dan HKEPC pada tahun 2020.


Sumber: Videocardz

Yang membuat kasus ini tidak biasa adalah swap IHS skala penuh, terutama yang melibatkan SKU Core i7 dan Core i9, yang keduanya dianggap sebagai model premium. Tampaknya penipuan ini kemungkinan didalangi oleh satu orang yang melihatnya sebagai cara yang relatif murah untuk meng-upgrade CPU mereka.

Jika terjadi hal seperti itu, penting untuk mendokumentasikan situasi dengan foto, mengumpulkan spesifikasi dari alat resmi dan tidak resmi, dan segera menghubungi dukungan pelanggan retailer tempat CPU dibeli. Tergantung pada hukum dan peraturan setempat, pengguna seharusnya berhak mendapatkan prosesor pengganti dan cakupan penuh biaya pengiriman kembali.

Selain berita utama di atas, KOTAKGAME juga punya video menarik yang bisa kamu tonton di bawah ini.

TAGS

Jika ingin mengirim artikel, kerjasama event dan memasang Iklan (adverstisement) bisa melalui email redaksi[at]kotakgame.com atau Hotline (021) 93027183
rekomendasi terbaru