NEWS

Wawancara Star Ocean: The Second Story R, Merangkul Pemain Baru dan Yang Sudah Pernah Main Versi Original

Haykal Yama Dena   |   Sabtu, 16 Sep 2023


Makin update dengan berita game dan esports! Yuk subscribe ke channel YouTube KotakGame DI SINI dan Instagram KotakGame DI SINI! Bakal ada banyak FREE GIVEAWAY Diamonds, UC, PS4, gaming peripheral, dan lainnya!

Makin update dengan berita game dan esports! Yuk subscribe ke channel YouTube KotakGame DI SINI dan Instagram KotakGame DI SINI! Bakal ada banyak FREE GIVEAWAY Diamonds, UC, PS4, gaming peripheral, dan lainnya!
Beberapa waktu lalu, KotakGame bersama dengan beberapa media lainnya mendapatkan kesempatan untuk ikut sesi tanya jawab bersama Yuichiro Kitao selaku produser dan direktor Star Ocean: The Second Story R dan CEO Gemdrops mengenai pengembangan game tersebut. Selain itu kita juga ditemani oleh Kei Komaki dari Square Enix Penasaran sama sesi interviewnya? Yuk langsung kita cek!

Baca ini juga :

» Rugi 2,2 Triliun Rupiah, Square Enix Batalkan Beberapa Proyek Game dan Lakukan Tinjauan Strategi Pengembangan
» Game Mobile RPG NiER Reincarnation Resmi Tutup dan Dimatikan Secara Global
» Naoki Yoshida Ungkapkan Bahwa Sekarang Sudah Waktunya Untuk FF Tactics Baru
» Nobuo Uematsu Akan Kembali Untuk Final Fantasy VII Trilogy Part 3
» Final Fantasy XVI Akan Tuju PC Tahun Ini Dengan Spek Yang Agak Tinggi

Q: Bisakah kita berbicara mengenai keputusan menggunakan background 3D dan tidak memakai background pixel meskipun karakternya tetap menggunakan style tersebut?


Kami ingin fokus ke bagaimana perasaan pemain yang pernah bermain Star Ocean 2 dan bagaimana mereka akan mengingat game tersebut. Tantangan terbesarnya adalah bagaimana menyeimbangkan penambahan hal baru dan mempertahankan hal lama. Tujuan kami adalah untuk membuat dunia fantasi yang kuat namun realistik dimana pemain tidak akan merasa aneh melihat karakter 2D di lingkungan 3D.


Q: Pada game original di PS1, ada gabungan scene in-game dengan cutscene anime, adakah kesulitan menggabungkan hal ini di Star Ocean: The Second Story R?


Kami ingin memastikan bahwa kualitas 3D tidak akan jauh berbeda dari cutscene sehingga pemain tidak akan merasa aneh dan tetap akan tenggelam di dalam game dan merasa natural dari perpindahan ini.

Q: Apakah alasan dan inspirasi dari perubahan sistem pertarungan menjadi lebih cepat?


Prioritas kami adalah untuk mempertahankan kualitas baik dari game original. Dalam hal efek, kami memoles dan meningkatkan efek serangan dan kecepatan pertarungan sehingga tidak akan terasa terlalu lama. Kami ingin pemain untuk menikmati pertarungan dan saat mengalahkan musuh. Kami juga menambahkan sistem baru yaitu Assault System dan Break Action. Tujuannya adalah agar player lama merasakan peningkatannya dan player baru akan merasa game ini tidak ketinggalan jaman.

Q: Menurutmu, apa fitur baru yang akan membuat pemain terpesona dari game ini?


Kami pikir Assault System karena ini sangat cocok dengan game RPG modern, kami juga ingin meletakkan hal penting di karakter dan dialog sehingga pemain bisa merasa dekat dengan karakter.


Q: Apakah Star Ocean: The Second Story R akan memiliki quest-quest baru, apa yang bisa pemain tunggu dari game ini?


Sebenarnya baik untuk main maupun side quest tidak ada perubahan karena kami ingin pemain bisa merasakan cerita asli dari game ini. Namun, kami akan memberikan beberapa fitur baru seperti karakter yang akan berbicara selama eksplorasi sehingga pemain bisa lebih dekat dengan karakter. Selain tiu, kami juga akan memberikan karakter baru dan narasi baru untuk mereka.

Q: Star Ocean 2 terkenal memiliki banyak ending, apa ada satu ending yang kamu paling suka?


Star Ocean: The Second Story R juga punya banyak ending, ending favoritku adalah ending yang dimana Claude berakhir sendirian. Di Star Ocean: The Second Story R kita juga telah me-revamp sistem Pricate Action (sistem bonding antar karakter) jadi player bisa mengetahui seberapa dekat mereka dengan salah satu karakter dan mengira-ngira ending mana yang mereka dapatkan karena kami ingin pemain merasakan banyak ending dari game ini.

Q: Apakah akan ada New Game+ atau konten end game yang diimplementasikan di Star Ocean: The Second Story R untuk meningkatkan replayability dari game ini?


Mengeneai replayability, kami memiliki banyak ending di game ini seperti yang sudah dibahas sebelumnya. Kami juga mengaharapkan replayability dari penjelejahan field yang sudah kami tingkatkan kualitasnya dan melawan monster-monster yang lebih kuat.

Q: Apa yang mengarahkan keputusan untuk membuat fitur pemilihan suara voice actor di game dimana pemain bisa memilih voice actor di original game (PS1) atau yang di PSP untuk dipakai di game?


Seperti yang kita tahu, pada versi original Star Ocean 2 tidak memiliki voice actor untuk setiap dialog dan ada permintaan dari pemain untuk Star Ocean: The Second Story R memiliki full voice. Kami ingin menghormati memori dari pemain yang memainkan versi PS1 dan PSP, inilah alasan kami memiliki 2 voice actor untuk setiap karakter.

Q: Berbicara soal audio, apakah kamu bisa membagikan sedikit mengenai perubahan dari audio, apakah akan ada yang ditingkatkan, diubah atau dibiarkan seperti versi aslinya?


Untuk dialog, akan ada beberapa dialog baru yang direkam. Sementara untuk SFX semuanya direkam ulang agar sejajar dengan peningkatan grafis yang baru. Begitu juga dengan musik ada lagu baru yang kami buat. Di sisi pertarungan, ada beberapa SFX baru di pertarungan agar lebih terasa impact-nya. Tambahannya, seperti pada opsi pemilihan suara voice actor, pemain juga bisa memilih background musik yang digunakan antara versi baru dan original.

Q: Sakuraba-san kembali mengisi musik di game ini, apakah ada hal penting mengenai keputusan membawa komposer original ke versi remake?


Dia memegang komposisi dari seluruh judul di seri ini jadi kamu bisa bilang bahwa Sakuraba-san adalah sosok esensial untuk seri Star Ocean jadi merupakan hal yang bagus untuk melihat Sakuraba-san kembali ke game. Menurutku, elemen penting dari pembuatan remake adalah untuk menghormati game aslinya, menjaga kualitas baik dan menambahkan elemen baru tanpa merusak feel dari game aslinya. Mencari keseimbangan hal tersebut adalah sebuah tantangan.

Q: Star Ocean 2 merupakan salah satu judul paling populer the seri ini, apakah tim merasakan tekanan saat membuat Star Ocean: The Second Story R?


Tekanan tersebut benar-benar besar khususnya untuk membuat remake yang sukses, sangat penting untuk memuaskan baik pemain baru maupun pemain lama. Hal ini merupakan tantangan besar dengan banyak tekanan tapi kami pikir ini adalah sebuah keputusan yang tepat untuk menghidupkan kembali game ini.


Q: Mengapa kamu memutuskan untuk membuat remake dari game yang sudah pernah dirilis dengan menggabungkan fitur lama dan baru, kenapa tidak membuat game baru menggunakan cara serupa?


Satu hal yang perlu diketahui, kami sebenarnya mengembangkan Star Ocean: The Second Story R bersamaan dengan Star Ocean 6, jadi secara teknis kami tetap membuat game baru dan kami tidak bisa terlalu banyak berbicara mengenai game yang sedang kami kembangkan. Kami juga ingin memberi tahu alasan mengenai dikembangkannya Star Ocean: The Second Story R, yaitu karena tahun ini adalah 25 tahun semenjak rilisnya Star Ocean 2 jadi kami rasa ini adalah waktu yang tepat untuk membuat Star Ocean: The Second Story R. Selain itu tentunya karena ada banyak permintaan dari fans dan support Gemdrop untuk membuat remake ini dapat terjadi.

Q: Apakah ada kemungkinan Star Ocean 3 untuk diremake juga, mungkin untuk ulang tahun ke-30?


Kami belum memiliki jawaban untuk pertanyaan ini tapi, pertanyaan ini membuat kami senang dan bersemangat karena hal ini menandakan permintaan dan kesukaan dari pemain untuk remake dari Star Ocean.

Q: Apa karakter favorit kamu di game ini, dan kenapa?


Yuichiro Kitao: Pertanyaan ini cukup sulit karena kami telah mengembangkan semua karakter secara detail dan menyukai mereka semua, namun secara personal aku memilih Precis karena secara sifat dia menyenangkan dan dia punya banyak skill di pertarungan.

Kei Komaki: Aku menyukai desain dari Celine yang merupakan seorang penyihir yang menggunakan simbologi di pertarungan dan saat aku berbicara dengan Kajimoto-san yang mendesain karakter ini dan dia berkata bahwa dia telah mencapai level baru dari skillnya saat mendesain Celine.

Nah itu dia cuplikan jawaban interview bersama Yuichiro Kitao dan Kei Komaki. Makin gak sabar nunggu gamenya kan? Star Ocean: The Second Story R akan rilis pada 2 November 2023 di PS4, PS5, Nintendo Switch, dan PC via Steam.

TAGS

Jika ingin mengirim artikel, kerjasama event dan memasang Iklan (adverstisement) bisa melalui email redaksi[at]kotakgame.com atau Hotline (021) 93027183
rekomendasi terbaru