NEWS

Tangan Palsu Luke Skywalker Inspirasi Bagi Perkembangan Medis Masih Jauh Dari Harapan

Cralizer77   |   Rabu, 24 May 2017


Makin update dengan berita game dan esports! Yuk subscribe ke channel YouTube KotakGame DI SINI dan Instagram KotakGame DI SINI! Bakal ada banyak FREE GIVEAWAY Diamonds, UC, PS4, gaming peripheral, dan lainnya!

Makin update dengan berita game dan esports! Yuk subscribe ke channel YouTube KotakGame DI SINI dan Instagram KotakGame DI SINI! Bakal ada banyak FREE GIVEAWAY Diamonds, UC, PS4, gaming peripheral, dan lainnya!

Sosok Luke Skywalker dalam franchise Star Wars memang telah menjadi inspirasi bagi dunia medis, karena pada ketika tangan Luke Skywalker terputus, terdapat adegan yang memperlihatkan teknologi pemasangan tangan robotik yang mengembalikan fungsi tangan sebagai mestinya.

Ide robot bukanlah hal yang baru. Cukup lama manusia memimpikan adanya mekanik pintar yang dapat menggantikan tugas manusia. Penemuan mainan dan peralatan otomatis yang kemudian menginspirasi robot dalam bentuk gambar, cerita dan film, menjadi awal dimulainya perkembangannya. Lengan robotik yang dimiliki oleh Luke Skywalker sebenarnya telah dikembangkan sejak lama dan juga telah diterapkan pada manusia, namun untuk bisa sempurna sepertinya masih jauh dari harapan.

Salah satu teknologi lengan robot diciptakan oleh para ahli di sebuah perusahaan teknologi medis berbasis di Jerman, Otto Bock Healthcare, yang mengembangkan lengan robot berkendali pikiran. Temuan tersebut telah diterapkan oleh salah seorang warga Australia, Christian Kandlbauer dan telah berhasil melakukan aktivitas kembali menggunakan lengan robot tersebut.

Teknologi lengan robotik milik Luke Skywalker tersebut juga telah diterapkan untuk salah satu anggota TNI AL Serka (Marinir) Siswandi yang telah sukses melewati operasi tangan bionic yang menggantikan tanganya yang hancur setelah terkena ledakan granat saat melatih siswa latihan tempur Marinir di Purboyo Malang pada September 2014 silam.

Teknologi lengan robotik yang terpasang tersebut merupakan teknologi hasil riset perusahaan Amerika dan Inggris. Tangan bionik ini mampu bergerak layaknya tangan sesungguhnya. Meskipun begitu, teknologi tersebut masih memiliki keterbatasan dan belum bisa menggantikan fungsi tangan normal.

Baca ini juga :

» Blog Disney Park Sempat Unggah Artikel Yang Menyatakan Star Wars Outlaws Rilis Di Akhir 2024
» Final Gameplay Trailer Diperlihatkan! Bersiaplah untuk Petualangan Seru di Star Wars Jedi: Survivor
» Developer Apex Legends Berencana untuk Kembangkan Tiga Game Star Wars Baru!
» May the Force be with You! Lego Star Wars: The Skywalker Saga akan Dirilis April Ini!
» Pemimpin dengan Rasa Hormat! The Book of Boba Fett Sudah Tayang di Disney+ Hotstar

Pengembangan lengan robotik sampai saat ini masih berlangsung, akan tetapi sepertinya masih membutuhkan waktu yang sangat lama agar dapat difungsikan layaknya lengan sesungguhnya.

(KotakGame)

TAGS

Jika ingin mengirim artikel, kerjasama event dan memasang Iklan (adverstisement) bisa melalui email redaksi[at]kotakgame.com atau Hotline (021) 93027183
rekomendasi terbaru