NEWS

Terciduk! Toei Animation Di Hack Karena Seorang Karyawan Mengunduh Program Yang Terinfeksi Virus

Edward Tirtabudi   |   Jumat, 29 Apr 2022


Makin update dengan berita game dan esports! Yuk subscribe ke channel YouTube KotakGame DI SINI dan Instagram KotakGame DI SINI! Bakal ada banyak FREE GIVEAWAY Diamonds, UC, PS4, gaming peripheral, dan lainnya!

Makin update dengan berita game dan esports! Yuk subscribe ke channel YouTube KotakGame DI SINI dan Instagram KotakGame DI SINI! Bakal ada banyak FREE GIVEAWAY Diamonds, UC, PS4, gaming peripheral, dan lainnya!
Studio Toei Animation menerbitkan siaran pers yang melaporkan hasil penyelidikan terhadap 'hack' yang dilakukan pada servernya bulan lalu, mengungkapkan bahwa itu semua dihasilkan dari salah satu karyawan yang mengunduh software yang terinfeksi dari situs eksternal. Pernyataan itu tertulis:

TOEI ANIMASI CO., LTD. ('Perusahaan') hari ini mengumumkan hasil, yang dijelaskan di bawah, dari penyelidikan yang dilakukan sehubungan dengan akses tidak sah ke jaringannya oleh pihak ketiga pada tanggal 6 Maret 2022. Selain itu, mulai hari ini, operasi reguler dan produksi anime Perusahaan adalah berjalan lebih atau kurang normal. Kami ingin menyampaikan permintaan maaf kami yang terdalam atas perhatian dan ketidaknyamanan yang sangat besar yang ditimbulkan kepada pelanggan, pemasok, dan pihak lain yang terlibat.

Baca ini juga :

» Agen Twilight dan Thorn Princess Terjun ke dalam Aksi Battle Royale! Siapa yang Mampu Bertahan?
» Pertama Kalinya! eFootball™ Jalin Kolaborasi dengan Anime
» Guest Star AFAID 2024 Diumumkan! Cosplayer Hakken dan Penyanyi NANO Kembali Tampil di Indonesia
» Sang Ninja Hadir di Dunia Nyata! Film Live Action Naruto Resmi Digarap oleh Sutradara Film Shang-Chi!
» [RUMOR] Fortnite Kabarnya Akan Berkolaborasi dengan Animanga Populer, One Piece!


1. Latar Belakang

Seorang karyawan Perusahaan mengunduh dari situs web eksternal program komputer yang diperlukan untuk aktivitasnya, yang telah dimanipulasi untuk mengunduh program komputer secara bersamaan yang akan berfungsi sebagai titik masuk untuk infiltrasi ransomware. Selanjutnya, pada tanggal 6 Maret, Perusahaan mengkonfirmasi akses tidak sah ke jaringannya oleh pihak ketiga.

2. Tanggapan dan investigasi

Ketika akses tidak sah yang disebutkan di atas ke dalam jaringannya dikonfirmasi, Perusahaan mengambil berbagai tindakan termasuk segera mematikan sebagian dari sistem internal dan membatasi akses dari luar. Selain itu, Perusahaan tidak hanya segera melaporkan kejadian tersebut kepada pihak berwenang terkait tetapi juga telah melakukan tanggapan dan investigasi yang sesuai dan diperlukan dengan melibatkan spesialis keamanan eksternal.

Mulai hari ini, setelah penerapan langkah-langkah keamanan, semua sistem internal Perusahaan kurang lebih telah dinormalisasi.

3. Dampak

Setelah akses tidak sah oleh pihak ketiga, sebagian data di server dan PC Perusahaan dienkripsi setelah terinfeksi oleh ransomware, yang mengakibatkan penundaan sebagian operasi reguler dan produksi anime selama sekitar satu bulan.

4. Kebocoran informasi

Penyelidikan oleh spesialis keamanan eksternal belum mengkonfirmasi kebocoran informasi termasuk informasi pribadi. Perusahaan juga belum menerima laporan adanya kerusakan pada pelanggan, dll.

5. Tindakan untuk mencegah kekambuhan

Kedepannya, Perusahaan berencana untuk mengedukasi karyawannya untuk meningkatkan pengetahuan mereka tentang keamanan informasi dan juga memperkuat sistem respon untuk mencegah akses yang tidak sah.

Sumber: TOEI Animation

Jangan lupa juga untuk ikuti Giveaway dari KotakGame. Cek video dibawah ini ya:

TAGS

Jika ingin mengirim artikel, kerjasama event dan memasang Iklan (adverstisement) bisa melalui email redaksi[at]kotakgame.com atau Hotline (021) 93027183
rekomendasi terbaru