Feature

[Diary Kru KotGa] Fakta Cerita & Sejarah Tekken 7: Konflik Tanpa Akhir Keluarga Mishima!

oleh: Cralizer77

Siapa yang tidak kenal dengan franchise Tekken? Game fighting yang dibuat pertamakali oleh Namco tahun 1994 saat itu telah menjadi game yang berhasil tercatat sebagai salah satu game terlaris sepanjang masa. Berdasarkan namanya "Tekken", secara istilah merupakan terjemahan dari "kepalan besi", dari namanya sudah bisa dipastikan bahwa game ini adalah jenis game pertarungan (fighting).

Bangkitnya Tekken sendiri dimulai dari sebuah seri permainan arcade, namun seiring perkembangan Tekken, hingga akhirnya juga mulai merambah ke konsol dengan lebih tepatnya dirilis pertamakali untuk perangkat konsol PlayStation 1 A.K.A PSX. Lebih dari 5 sekuel telah dibuat dari versi awalnya. Pengembangan Tekken sendiri dari awal hingga saat ini masih ditangani oleh Director dan Chief Producer, Katsuhiro Harada. Harada telah mengerjakan Tekken kurang lebih selama 22 tahun dan juga telah sukses menelurkan beberapa franchise lainnya selain Tekken, yakni game virtual reality Summer Lesson.

Jarak waktu yang cukup lumayan jauh untuk player baru pastinya akan merasakan kebingungan, mengangkat apa Tekken? Mengisahkan tentang apakah Tekken? Nah, mungkin bagi player yang mengikuti Tekken sejak PS1 mungkin sudah tidak asing lagi dengan alur cerita yang disuguhkan dalam game ini. Alur cerita yang dibalut dalam Tekken merupakan "pemanis" selain menghadirkan sistem gameplay fighting yang seru dengan jajaran karakter yang menarik.

Kini Tekken 7 telah resmi dirilis untuk PlayStation 4, Xbox One, dan PC. Tentu dengan rentan waktu yang cukup lama, memerlukan penyegaran kembali agar dapat menarik minat player baru untuk memainkan Tekken. Sebagian player yang sudah berusia sekitar 20 tahun ke atas sudah pasti mengetahui kisah konflik dari keluarga Mishima. Namun pada serial Tekken 7 kali ini, alur cerita agak "sedikit" diubah dari versi sebelumnya, dan mengangkat kisah selanjutnya dari konflik yang terjadi antara Jin Kazama, Kazuya Mishima, dan Heihachi Mishima.

Sejarah Konflik Keluarga Mishima dalam Tekken


Keluarga Mishima

Konflik yang terjadi dalam Tekken dimulai ketika tengah berusia 5 tahun, Heihachi yang merupakan Ayahnya membawanya kepuncak gunung. Akan tetapi tanpa peringatan, Heihachi justru menjatuhkan Kazuya ditepian tebing. Tetapi Kazuya berhasil selamat atas bantuan kekuatan yang misterius. Pada saat itu, sepertinya ada yang memberikan kekuatan sehingga akhirnya Kazuya ingin membalaskan dendam kepada Ayahnya atas yang telah dilakukan kepadanya.

Berjalannya waktu, Heihachi telah memimpin perusahaan yang bernama Zaibatsu, yakni perusahaan yang dibangun oleh Ayahnya dulu yaitu Jinpachi Mishima. Kepemimpinan yang dimilikinya tersebut tidak lain dengan cara menggulingkan kepemimpinan sang Ayah, Jinpaichi. Hingga akhirnya Jinpaichi ditangkap dan dipenjarakan di bawah komplek Mishima, Hon-maru dan dibiarkan mati kelaparan.


Jinpachi Mishima (Kakek dari Kazuya dan Buyut dari Jin Kazama)

Ketika berusia 52 tahun dan masih memimpin Zaibatsu, Heihachi telah mengumumkan sebuah turnamen yang bernama "King of Iron Fist" untuk mengetes kemampuan yang dimilikinya. Namun ternyata Kazuya mengikuti turnamen tersebut dan berhasil mengalahkan Heihachi, Kazuya yang masih dendam akhirnya juga melakukan hal sama yang pernah dialaminya kepada Heihachi, yakni membuangnya pinggir tebing dan berhasil mengambil alih kendali Zaibatsu. Kazuya dimasuki arwah jahat dan memimpin perusahaan Zaibatsu dengan melakukan perusakan.

Namun Heihachi berhasil selamat dari kejadian tersebut, dan pergi untuk berlatih dan bermeditasi secara intensif. Setelah dua tahun kemudian, akhirnya Heihachi kembali dan masuk dalan turnament yang diadakan oleh Kazuya. Akhirnya Heihachi berhasil mengalahkan Anaknya tersebut dan melemparkan tubuh Kazuya ke sebuah gunung berapi untuk membunuhnya.


Pertarungan antara Kazuya dengan Heihachi

Setelah memegang kendali Mishima Zaibatsu sekali lagi, Heihachi membentuk Tekken Force, merupakan pasukan elit yang ditugaskan untuk mengendalikan perdamaian dunia. 15 tahun kemudian, saat ekspedisi Tekken Force di sebuah Kuil Aztec di Meksiko, seluruh pasukan elit tersebut dilenyapkan oleh makhluk misterius yang disebut "Ogre". Menyadari Ogre memiliki darah abadi, akhirnya Heihachi tertarik dengan kekuatan yang dimilikinya tersebut dan ingin mengambil darah Ogre agar dapat memiliki kehidupan yang abadi.

Akan tetapi, ketika ingin melakukan pencarian Ogre, Heihachi bertemu dengan Jin Kazama yang mengaku sebagai cucunya dan memohon untuk melatihnya sehingga dapat membalaskan dendam terhadap Ogre, karena telah membunuh Ibunya yakni Jun Kazama. Heihachi menyutujinya dan berhasil mendidik Jin Kazama selama empat tahun, kemudian Heihachi mengumumkan turnamen King of Iron Fist 3 untuk memancing Ogre keluar. Sosok Ogre akhirnya berhasil dikalahkan oleh Paul Phoenix, tetapi Ogre tiba-tiba berubah menjadi True Ogre, namun Jin berhasil mengalahkan True Ogre, Heichachi justru berkhianat dan berusaha membunuh Jin, akan tetapi tiba-tiba Jin berubah menjadi Iblis dan berhasil mengalahkan Heihachi.


True Ogre

Setelah kejadian tersebut, Heihachi akhirnya mengumumpulkan sisa-sisa True Ogre dan mencoba menggabungkan DNA miliknya dengan DNA True Ogre, akan tetapi Heihachi menyadari bahwa dirinya membutuhkan Devil Gene yang dimiliki oleh anak dan cucunya sebagai katalisator. Heihachi tidak dapat menemukan keberadaan Jin, akan tetapi dirinya mengetahu bahwa Kazuya telah berhasil dibangkinkan oleh G Corporation. Untuk memikat kembali keduanya, Heihachi kembali mengadakan King of Iron Fist keempat dengan menjanjikan hadiah utama yakni kepemilikan perusahaan Mishima Zaibatsu. Setelah itu, Kazuya berhasil terpancing dan masuk dalam jebakan yang dibuat oleh Heihatchi, dan berhasil mengalahkannya kembali dalam turnamen tersebut. Pasukan elit Tekken Force diperintahkan untuk membawa Kazuya ke Hon-Maru. Namun tiba-tiba Jin kembali muncul dan berhasil mengalahkan Heihachi.


Pertarungan antara Jin Kazama dengan Heihachi
Baca ini juga :

» Ketinggalan Ikutin E3 2021? Ini Dia 7 Berita Paling Hype di E3 2021!
» Brutal dan Penuh Darah! 7 Karakter Mortal Kombat yang Akan Hadir di Movie Reboot!
» HUT RI 75! Inilah 7 Pejuang Esports yang Mengharumkan Nama Indonesia di Kancah Dunia
» Gak Ada Matinya! Inilah 7 Game Fighting dengan Komunitas Teramai dan Paling Aktif!
» PlayStation juga Esports! Deretan Game PlayStation 4 yang memiliki Komunitas Esports!

Setelah Jin meninggalkan pertarungan tersebut, pasukan G Corporation yakni Jack-4 menyerang Hon Maru dan mengepung Heihachi dan meledakan diri. Heihachi tampaknya sudah terbunuh dalam serangan tersebut, akan tetapi ternyata Heihachi masih hidup dan tidak sadarkan diri selama berlangsungnya turnamen The King of Iron Fist kelima yang diadakan oleh Jinpachi. Setelah pulih, Heihachi mengetahui bahwa Jin telah mengambil alih kendali Mishima Zaibatsu dengan mengalahkan Jinpachi yang sebelumnya telah bangkit kembali dari Hon-Maru Dojo.

Kepemimpinan Jin dalam Hishima Zaibatsu ternyata tidak membuat dunia damai, malah justru memperburuk keadaan dengan menebar peperangan dimana-mana. Oleh kelakuannya tersebut membuat salah satu anggota pasukan elit yang dipimpinnya yaitu Lars Alexandersson berkhianat dan ingin menghancurkan dan merobohkan tahta yang dikuasai Jin.


Lars Alexandersson

Menyadari hal tersebut Heihachi akhirnya masuk dalam turnamen yang di adakan oleh Jin untuk kembali merebut Zaibatsu. Heihachi membuat aliansi dengan Lars yang diketahui merupakan anak haram Heihachi. Akan tetapi usaha tersebut tidak berhasil sehingga Lars akhirnya pergi dan mengatakan pada Heihachi bahwa dirinya akan menjadi "orang terakhir" yang pernah bertemu dengan Heihachi.

Lars mengatakan kepada Jin bahwa kekuatan jahat yang menyelimuti dirinya merupakan kekuatan yang diberikan oleh Azazel, hingga akhirnya Jin melakukan ekspedisi mencaari Azazel untuk mengakhiri kekuatan jahat tersebut. Setelah Azazel berhasil dikalahkan oleh Jin, ternyata kekuatan jahat yang ada didalam tubuhnya tidak menghilang. Merasa menyesal dengan kekuatannya tersebut, akhirnya Jin memutuskan untuk menghilang dan akhirnya cerita bersambung pada serial Tekken 7.


Pertarungan antara Jin dengan Azazel

Nah, itulah singkat cerita konflik yang telah terjadi dalam keluarga Mishima. Inti cerita pembalasan dendam masih kisah yang hangat dalam franchise Tekken. Banyaknya misteri yang belum terpecahkan menjadi alasan mengapa game fighting ini sangat menarik jika dibandingkan dengan game fighting lainnya.

Kini dalam Tekken 7 kalian akan dapat mengetahui kisah selanjutnya yang masih menggantung tersebut, kembalinya Heihachi dan Kazuya menjadi hal menarik dalam Tekkenn 7 yang wajib kalian ikuti. So, semoga cerita tadi dapat memberikan pengetahuan bagi kalian terhadap franchise Tekken.

Bandai Namco juga telah merilis video cerita singkat sejarah Tekken dengan konsep video 8-bit yang menarik. Kalian bisa menyaksikannya di bawah ini.

Bagi kalian yang belum mengatahui serial Tekken yang sudah dirilis, berikut daftar serial Tekken yang wajib kalian ketahui.

1. Tekken (1994)
2. Tekken 2 (1996)
3. Tekken 3 (1998)
4. Tekken 4 (2002)
5. Tekken 5 (2005)
6. Tekken 6 (2009)
7. Tekken 7 (2017)

(KotakGame)

Jika ingin mengirim artikel, kerjasama event dan memasang Iklan (adverstisement) bisa melalui email redaksi[at]kotakgame.com atau Hotline 021-98299724
rekomendasi terbaru