Feature

10 Fakta Menarik Soal Final Fantasy VII Remake yang Wajib Kamu Ketahui

oleh: VolkanKaya

Dimulainya ajang E3 di tahun 2015 lalu sempat disambut dengan ekspektasi rendah dari sebagian gamer yang tidak sadar, kalau Final Fantasy VII Remake akan menjadi salah satu game besar yang akan diumumkan pada waktu itu. Lebih dari sekedar proyek remake biasa, Final Fantasy VII Remake adalah proyek impian sekaligus kebangkitan dari salah satu game paling bersejarah di industrinya. Setelah memasuki masa vakum selama hampir empat tahun dan sempat dirumorkan mengalami pembatalan produksi, Square Enix akhirnya kembali memperlihatkan wujud baru dari game ini.

Bermula dari trailer pendek di ajang State of Play hingga presentasi demo serta trailer baru di E3 2019, setidaknya para fans sudah diberikan gambaran jelas akan konten seperti apa yang berusaha ditawarkan game ini. Dari sekian banyak informasi dan detail yang sudah dibagikan, Kru KotGa memutuskan untuk merangkumnya dalam 10 list mengenai fakta menarik Final Fantasy VII Remake yang wajib kamu ketahui.

Daripada penasaran, langsung simak saja rangkuman lengkapnya di bawah ini.


1. LEBIH DARI SEKEDAR REMAKE

Remake dalam sebuah game terkadang memang memiliki banyak artian. Sebagian developer terkadang mengartikannya sebagai proses daur ulang game dengan basis yang sama persis, hanya dengan peningkatan grafis yang jauh lebih pesat, namun Final Fantasy VII Remake berbeda. Game ini adalah sebuah karya "reimagine" yang jauh lebih masif dan berusaha menawarkan sebuah pendekatan baru dalam dunia Final Fantasy VII. Bahkan untuk fans veteran yang sudah menamatkan game originalnya berkali-kali, versi remake ini tetap akan menyuguhkan pengalaman yang jauh berbeda, termasuk fokus alur cerita yang ekspansif.


2. COMBAT BERBASIS ACTION YANG STRATEGIS

Tidak lagi mengusung sistem turn-based, Final Fantasy VII Remake hadir dengan gameplay action dengan sistem command yang sama dengan seri Kingdom Hearts. Untuk menjaga kesan strategis yang kuat di seri originalnya, pihak developer mengimplementasikan sistem ATB yang memungkinkan pemain untuk mengeksekusi semacam perintah berupa serangan spesial atau sekedar menggunakan item. Setiap karakter memiliki bar ATB yang bisa diisi dengan mengeksekusi serangan normal atau menahan serangan musuh. Untuk mengakses skill lewat command menu tanpa gangguan, pemain nantinya juga bisa masuk ke mode Tactical yang dapat memperlambat waktu dan memberikan kesempatan untuk menyusun strategi.

Baca ini juga :

» Trippy! Inilah Game Paling Aneh dan Unik yang Mungkin Belum Pernah Kamu Mainkan!
» Masih Berpotensi, Inilah 5 Franchise Game Legendaris yang Wajib Dibangkitkan!
» Tidak Perlu Ragu, Inilah Alasan Kenapa Final Fantasy VII Remake Akan Berakhir Sukses!
» Persaingan Sengit, Mana Game yang Akan Memenangkan GOTY 2019?
» Anti Bosan! Inilah Game Single Player yang Bisa Kamu Tamatkan Berkali-kali!

3. FORMAT EPISODIK, NAMUN DENGAN KONTEN YANG MASIF

Walaupun perilisan gamenya dibatasi dengan format episodik (yang artinya game ini akan dipecah menjadi beberapa bagian), producer Yoshinori Kitase sudah memastikan kalau Final Fantasy VII Remake akan menawarkan kontent yang setara dengan satu game standalone Final Fantasy. Karena game pertama hanya berfokus pada Midgar yang mungkin hanya mencakup 10-20 persen dari keseluruhan gamenya, akan sangat menarik tentunya untuk melihat seberapa ekspansif jalan cerita yang berusaha direalisasikan versi remake ini.


4. KUALITAS YANG SUDAH MENYENTUH NEXT-GEN

Final Fantasy VII Remake memang termasuk game current gen yang masih akan dirilis untuk PlayStation 4, namun sudah bisa dipastikan kalau beberapa game kelanjutannya akan dirilis di konsol generasi penerus. Untuk membuat pondasi yang nantinya bisa kembali dimanfaatkan dalam proses pengembangan, Square Enix sebenarnya sudah menjadikan Final Fantasy VII Remake sebagai game yang menyentuh kualitas next-gen. Bukti jelasnya bisa dilihat jelas dari kualitas grafis dari sesi gameplay yang berbaur mulus dengan cutscene, efek partikel yang sangat berat dan mendetail, hingga setting dunia yang terealisasi dengan sempurna dan imersif.


5. MIDGAR AKAN JADI SETTING UTAMA YANG LEBIH BESAR

Seperti yang Kru KotGa singgung sebelumnya, Midgar akan menjadi fokus utama di game pertama Final Fantasy VII Remake. Karena porsi gameplay di kota industrial yang merupakan sarang dari Shinra corporation ini tidak terlalu banyak, Square Enix sudah melakukan ekspansi konten secara besar-besaran untuk membuat Midgar menjadi jauh lebih besar lagi. Tidak menutup kemungkinan juga kalau nantinya pemain bisa menjelajahi banyak tempat di kota tersebut dan terlibat dalam berbagai peristiwa hingga konflik yang berbeda.

Fitur Index :

  1. Halaman 2
Jika ingin mengirim artikel, kerjasama event dan memasang Iklan (adverstisement) bisa melalui email redaksi[at]kotakgame.com atau Hotline 021-98299724
rekomendasi terbaru