Feature

Hampir Mustahil? Inilah Alasan Kenapa Resident Evil 4 Tidak Akan Mendapat Remake!

oleh: VolkanKaya

Sejak dirilisnya Resident Evil 7 yang kembali mengusung tema horror dominan, sepertinya Capcom sudah berhasil menemukan pijakan baru dalam meracik sebuah game Resident Evil yang diingankan banyak fans. Rencana untuk mengembangkan sekuel atau seri kedelapan sepertinya memang sudah berjalan, namun selama dua tahun terakhir ini mereka masih meracik beberapa game Resident Evil yang dihadirkan dalam format remake. Salah satunya adalah Resident Evil 2, dimana game ini berhasil menjawab ekspektasi sekian banyak fans dengan kualitas solid dan diakui sebagai salah satu rilis game terbaik tahun ini.

Tidak hanya Resident Evil 2 saja, Capcom tahun ini juga menyiapkan game lainnya untuk seri ini dengan konsep multiplayer yang diberi judul Project Resistance dan Resident Evil 3 Remake yang juga tidak sengaja bocor beberapa hari lalu. Kabar yang menggembirakan ini tentunya membuat fans penasaran kalau Capcom akan mengembangkan lebih banyak proyek remake untuk game-game lawas mereka, termasuk seri legendaris Resident Evil 4.

Walaupun ada kesempatan, namun Kru KotGa harus mengakui kalau kemungkinannya benar-benar sangat kecil dan bahkan hampir mustahil. Lalu apa yang sebenarnya membuat Resident Evil 4 kemungkinan tidak akan mendapat remake? Apakah game ini memang sudah sempurna dan tidak membutuhkannya? Detail lebih spesifiknya sudah Kru KotGa rangkum dalam pembahasan di bawah ini.

Baca ini juga :

» Hilangnya Kesempatan, Menguak Alasan Kenapa God Hand Gagal Mendapatkan Sekuel!
» Tetap Melegenda, Inilah Kelebihan Resident Evil 3 Dibandingkan Game Resident Evil Lainnya!
» Rintangan Utama Saat Main, Ini Deretan Boss Resident Evil Terkuat dan Terlemah
» Tetap Berjaya, Inilah Rahasia Dibalik Kesuksesan Besar Resident Evil 4!
» Pelopor Ketakutan di Video Game! Di Masanya, Inilah 7 Game Horor Terbaik PlayStation 2

Sejarah Remake / Remaster Game-game Resident Evil

Sebelum membahas lebih jauh, mari kita melirik sejarah remake atau remaster dari game-game Resident Evil. Proyek remake pertama yang dikembangkan oleh Capcom sendiri adalah rilis ulang Resident Evil untuk konsol Gamecube di tahun 2002 lalu. Pada masanya, proyek remake ini terlihat sangat fantastis dengan kualitas grafis yang jauh lebih superior. Capcom bahkan juga merilis game terbaru sekaligus prekuel untuk seri pertamanya yang berjudul Resident Evil 0. Walaupun secara gameplay tidak ada perubahan signifikan, namun proyek remake ini berhasil menawarkan kualitas grafis, model karakter, animasi, hingga cutscene yang tidak ada duanya.

Selain remake untuk game pertama Resident Evil, semenjak saat itu Capcom hanya merilis ulang seri-seri Resident Evil ke beberapa konsol baru yang sudah berganti generasi, baik itu dalam bentuk port atau versi HD Remaster. Ambil saja contoh Resident Evil 4, dimana game ini sudah dirilis di banyak sekali platform termasuk juga konsol generasi sekarang seperti PlayStation 4 dan masih mendapat rilis versi fisik. Hal yang sama juga berlaku untuk Resident Evil 5 dan 6 yang kebetulan baru saja dirilis bersama 4 dalam versi triple pack untuk Nintendo Switch.

Jadi seperti yang bisa kamu lihat, Capcom terus berusaha untuk mempertahankan eksistensi dari semua seri utama Resident Evil dengan merilis serinya di lebih banyak konsol, dan praktik ini sudah berjalan sejak lebih dari satu dekade. Satu-satunya seri yang tidak mereka pegang adalah Resident Evil 2 dan Resident Evil 3: Nemesis, yang tentu saja menimbulkan sedikit kebingungan bagi fans karena kedua game ini adalah termasuk yang terbaik di serinya.

Fitur Index :

  1. Halaman 2
Jika ingin mengirim artikel, kerjasama event dan memasang Iklan (adverstisement) bisa melalui email redaksi[at]kotakgame.com atau Hotline 021-98299724
rekomendasi terbaru