Feature

Dari Tukang Ledeng sampai Jadi Legenda, Inilah Evolusi Game Utama Super Mario!

oleh: VolkanKaya

Siapa yang tidak kenal dengan Mario? karakter video game paling ikonik yang sudah eksis sejak era 80-an ini memang selalu menjadi idola bagi kebanyakan gamer veteran di seluruh dunia. Karakter yang mengawali debutnya sebagai Jumpman di game arcade Donkey Kong ini telah berhasil meraih popularitas gemilangnya sendiri lewat seri pertama Super Mario Bros, dan sejak saat itu karakter ini terus bermunculan hingga di lebih dari 200 game yang sudah termasuk seri utama dan spin-off.

Berkat popularitasnya yang melegenda tersebut, Mario bahkan juga mendapatkan hari spesialnya sendiri yang jatuh pada tanggal 10 Maret setiap tahunnya. Yup benar sekali, ini adalah hari perayaan yang dikhususkan untuk Mario sebagai ikon atau maskot video game paling ikonik. Untuk merayakan selebrasi ini, pada artikel special kali ini Kru KotGa sudah merangkum list dari evolusi game utama Super Mario, mulai dari kemunculannya pertama kali di seri Donkey Kong hingga kejayaannya di Super Mario Odyssey. Daripada penasaran, langsung saja simak list lengkapnya di bawah ini.


Donkey Kong (NES, 1981)

Sebelum adanya seri Super Mario Bros., game inilah yang mengawali debut Mario sebagai karakter bernama "Jumpman," dimana dia berusaha menyelamatkan pacarnya yang diculik oleh Donkey Kong di semacam puncak dari tempat konstruksi berbahaya. Game ini juga diciptakan oleh Shigeru Miyamoto sendiri, yang tidak lain adalah sang kreator dari franchise Super Mario Bros.


Super Mario Bros. (NES, 1985)

Inilah game yang akhirnya mengawali debut Mario sebelum menjadi salah satu sosok paling ikonik di industri game. Dirilis untuk platform NES pada tahun 1985, Super Mario Bros. berhasil meraih kesuksesan besar sebagai game 2D side-scrolling tersukses pada masanya.


Super Mario Bros. 2 / Super Mario Bros.: The Lost Levels (NES, 1986)

Dirilis satu tahun setelah seri pertamanya, Super Mario Bros.: The Lost Levels yang akhirnya resmi dirilis sebagai Super Mario Bros. 2 adalah sekuel yang sukses menawarkan perombakan solid pada gameplay. Game ini menawarkan perubahan mulai dari sistem cuaca baru, pergerakan karakter yang berbeda, desain level yang lebih kompleks, hingga tingkat kesulitan yang menantang.


Super Mario Bros. 3 (NES, 1988)

Sekuel dari seri keduanya ini merupakan game Mario pertama yang di desain secara non-linear, dimana pemain bisa memainkan gamenya dengan urutan level yang bebas. Game ini juga memperkenalkan beragam sistem power-up unik seperti Raccoon Mario dan lain sebagainya.


Super Mario Land (GameBoy, 1989)

Setelah mendiami platform arcade dan konsol rumahan selama beberapa tahun, franchise ini akhirnya mulai beralih ke platform handheld untuk pertama kalinya lewat seri Super Mario Land. Gamenya sendiri masih mengadopsi gameplay side-scrolling klasik, namun dengan jalan cerita yang menempatkan sosok antagonis baru bernama Tatanga.

Baca ini juga :

» Jangan Salah Pilih! Tips Membeli Laptop Gaming dengan Kualitas Jagoan!
» Pasti GG! Tips Memilih Kelas Karakter yang Cocok dengan Gaya Bermainmu di Dragon Raja!
» 10 Rekomendasi Game Klasik PS2 yang Masih Seru Banget Dimainkan!
» RAM NOX RGB dan SSD Z280 APACER: Harga Terjangkau Gamer tapi Tetap Bisa Bergaya Ganteng Kekinian!
» Auto GG! Tips Meningkatkan Kekuatan dan Jadi Petarung Handal di Dragon Raja!

Super Mario World (SNES, 1990)

Super Mario World adalah seri pertama di franchise ini yang akhirnya beralih ke konsol SNES. Sistem dunia dalam game ini di desain secara unik, dimana setiap levelnya memiliki satu jalan keluar rahasia yang saling terhubung dalam satu game. Beberapa elemen gameplay baru yang ditawarkan game ini adalah kemampuan Mario untuk melakukan spin jump dan menaiki Yoshi sebagai tunggangan.


Super Mario Land 2: 6 Golden Coins (GameBoy, 1992)

Walaupun tidak menawarkan banyak perubahan pada sisi gameplay, Super Mario Land 2: 6 Golden Coins hadir dengan jalan cerita yang cukup menarik dimana game ini memperkenalkan rival Mario yaitu Wario.


Super Mario World 2: Yoshi's Island (SNES, 1995)

Pasca rilisnya Super Mario World, Yoshi yang merupakan salah satu karakter pendatang baru pada waktu itu berhasil meraih popularitas tinggi dari banyak sekali fans. Karenanya, Nintendo bahkan sampai mengembangkan sekuel dari Super Mario World yang kali ini menempatkan spotlight utama untuk karakter Yoshi. Gameplay yang ditawarkannya sendiri masih mengadopsi elemen platformer 2D klasik, namun dalam game ini kamu akan bermain satu dari sekian banyak karakter Yoshi.


Super Mario 64 (Nintendo 64, 1996)

Super Mario 64 merupakan seri yang menawarkan perubahan paling dramatis dibanding seri lainnya, dimana game ini merupakan seri Super Mario pertama yang menawarkan gameplay dengan grafis 3D dan setting open-world. Pendekatan konsep baru yang menantang ini berbuah kesuksesan besar, dimana Super Mario 64 berhasil membawa evolusi baru dalam genre 3D platformer 3D lewat gameplay serta desain level yang berkualitas.


Super Mario Sunshine (GameCube, 2002)

Seri kedua yang menghadirkan gameplay 3D ini tidak menawarkan banyak perubahan dari Super Mario 64, namun ada implementasi baru pada gerakan karakter yang lebih bervariasi. Conmtohnya seperti bagaimana Mario bisa melakukan gerakan memutar sambil melompat dan aksi lainnya yang bisa dilancarkan lewat sistem F.L.U.D.D.


New Super Mario Bros. (Nintendo DS, 2006)

Sama seperti namanya, New Super Mario Bros. merupakan sebuah game baru dalam seri Bros. yang tetap menawarkan pendekatan gameplay 2D side-scroller, namun dengan grafis 3D untuk karakter dan lingkungannya. Hasilnya sendiri adalah sebuah game Super Mario klasik dengan efek 2.5D.

Fitur Index :

  1. Halaman 2
Jika ingin mengirim artikel, kerjasama event dan memasang Iklan (adverstisement) bisa melalui email redaksi[at]kotakgame.com atau Hotline 021-98299724
rekomendasi terbaru