Review

ASUS RT-AC86U AC2900

Halaman 2

Instalasi mudah dengan performa stabil

Dengan kelengkapan sederhana dalam paket penjualannya, kamu sudah bisa melakukan instalasi langsung yang ternyata jauh lebih mudah dari yang dibayangkan. Kamu bisa melakukan prosedur instalasi sederhana dengan menyambungkan router ke modem, menyambungkan laptop ke router, nyalakan router, masukkan kode PIN, dan kemudian tentukan ID dan password untuk menggunakan aplikasi ASUSWRT. Mulai dari sini kamu hanya perlu menunggu proses update firmware selesai dan langsung melakukan tes performa jaringannya.

Setelah melakukan pengetesan, performa dari RT-AC2900 terbukti sangat handal, khususnya dari dukungan kecepatan hingga 5GHz. Perlu diingat kalau kecepatan yang akan kamu dapatkan masih tergantung dari internet provider dan paket yang dipilih, jadi jangan heran jika ada pembatasan kecepatan secara otomatis. Menentukan posisi dan jarak router ternyata memberikan pengaruh kuat pada kinerja jaringan. Misalnya saja saat kamu meletakkan router dengan jarak beberapa meter dari PC, biasanya kecepatan justru akan semakin melonjak naik daripada memposisikannya berdampingan di sebelah PC. Cukup aneh memang, tapi dengan ini pembagian koneksi bisa merata dengan baik di seluruh rumah maupun tempat kerja yang menggunakan router ini.

Untuk mengetahui seberapa tinggi performanya, Kru KotGa sudah melakukan testing koneksi menggunakan Asus RT-AC2900 dan router bawaan Technicolor TG6389ac dari provider MyRepublic. Keduanya berjalan di kecepatan 150Mbps yang sama dan sudah melalui SpeedTest selama 10 kali. Jarak antara kedua router dengan PC juga sama, yaitu berkisar 10 meter yang masih dibatasi tembok ruangan. Hasil lebih jelasnya bisa kamu lihat dibawah ini:

Seperti yang bisa kamu lihat, Asus RT-2900 berhasil menawarkan kecepatan maksimal hingga berkali-kali lipat dibandingkan router bawaan. Kecepatan downloadnya memang sedikit naik turun, tapi keseluruhan pengalaman Kru KotGa saat memainkan game online dan livestream sudah sangat memuaskan.

Baca ini juga :

» Review SanDisk® GamePlay microSD™ Card
» Review ROG Strix SCAR 17 2023 G733
» Review ROG Strix Scar 16 G634JZ
» Review ROG x EVANGELION EVA-02
» Review Steam Deck OLED

Kesimpulan

Walaupun termasuk salah satu peripheral gaming yang dikesampingkan, router terbukti memiliki peranan penting dalam mengatur jalannya koneksi terbaik untuk kebutuhan gaming, streaming, dan browsing pada tingkatan intens sekalipun. Demi menghadirkan sebuah keunggulan yang sama, ASUS RT-AC2900 sudah memiliki semua fitur dan tuntutan performa yang kamu idamkan. Selain mudah untuk melakukan instalasi dan konfigurasi jaringan, router ini juga menghadirkan beragam fitur gaming kekinian seperti WTFast dan game accelerator yang sangat cocok bagi kamu yang gemar memainkan game online kompetitif.

Performanya yang solid bukan satu-satunya keunggulan terbaik, karena fitur keamanan seperti AiProtection memberikan kemudahan dalam menjaga seluruh akses jaringan dari serangan cyber crime dan virus yang dapat mencuri data pribadi. Bukan tanpa kekurangan tentunya, karena RT-AC2900 memiliki jangkauan jaringan yang kurang konsisten. Contohnya seperti saat mengatur posisinya lebih jauh demi mendapat kecepatan ekstra seperti yang Kru KotGa sebutkan di atas tadi.

Bagi kamu yang tertarik untuk membeli router ASUS RT-AC86U AC2900 ini, harga pasaran yang dipatoknya saat ini masih berkisar di IDR 2.400.000. Harga yang cukup tinggi memang, tapi performa yang akan kamu dapatkan dijamin tidak akan mengecewakan.

Kesimpulan Review: ASUS RT-AC86U AC2900

90KotakGame.com RATING
  • (+) KELEBIHAN
  • Desain menarik dengan kualitas bahan solid
  • Instalasi yang sangat mudah
  • Performa kelas atas dengan koneksi hingga 5GHz
  • Beragam fitur gaming kekinian
  • (-) KEKURANGAN
  • Harga yang masih relatif mahal

(KotakGame)

TAGS

Jika ingin mengirim artikel, kerjasama event dan memasang Iklan (adverstisement) bisa melalui email redaksi[at]kotakgame.com atau Hotline (021) 93027183
rekomendasi terbaru



Most Popular Previews
Belum ada Preview