Review

ASUS ROG Strix SCAR 16 (2023) G634

oleh: Yohanes

Halaman 3

FITUR




Untuk layarnya ini sudah ROG Nebula HDR Display ya, yap bener banget, ini menandakan bahwa layarnya sudah kelas yang terbaik untuk saat ini. Menggunakan panel Mini LED support dengan laminasi anti glare, berukuran 16 inci, ber-refresh rate 240Hz, response time 3ms dengan resolusi QHD+ atau 1600p.




Untuk akurasi warnanya semuanya juga sudah dibabat, mulai dari DCI-P3-nya 100%, sRGB 100%, Pantone Validated  dan support Dolby Vision HDR dengan nits yang tembus hingga 1100 nits. Kalau baca speknya sih harusnya udah kebayang ya, gak ada kebutuhan layar yang gak diakomodir oleh panelnya, mulai dari gaming yang butuh respon cepat, pekerja kreatif yang butuh akurasi warna, hingga entertainment dengan HDR-nya semua dibabat oleh panel juara ini.

Baca ini juga :

» Review ROG Strix SCAR 17 2023 G733
» Review ROG Strix Scar 16 G634JZ
» Review ROG x EVANGELION EVA-02
» ASUS ROG G22CH G22CH-7K3114700WSO
» Review ASUS ROG Zephyrus G14 2023 GA402XV





Teknologi ROG Nebula HDR ini menjadi standar baru untuk layar gaming yang memberikan pengalaman yang luar bisa untuk bermain game, membuat konten, ataupun menikmati multimedia. Bener-bener best in the class untuk inovasi layar yang dihadirkan.




Bezel di laptop ini tipis banget dengan 90% body to screen ratio, nah kalau versi-versi sebelumnya gak punya webcam internal, tapi kali ini ada ya, meskipun jadi ada housing modul yang sedikit condong keluar pada bezelnya. Tapi desain seperti ini jadi membantu sebagai pegangan ketika membuka laptopnya, jadi desainnya cukup make sense.




Webcam adalah satu-satunya aspek yang terasa biasa aja di laptop sultan ini, dengan resolusi 720p, yang sudah cukuplah untuk keperluan sehari-hari.

Konektivitas WiFi nya sudah yang paling update yaitu Intel® Killer™ AX WiFi 6E yang sudah berjalan di triple-band dan sudah sepaket dengan Bluetooth 5.2.





Khas laptop-laptop ROG, yang suara speakernya selalu cakep, di Strix SCAR 16 inipun dihadirkan 4 buah speaker yang terpisah menjadi dua down firing woofers dan dua tweeters berteknologi khas ASUS yaitu Smart Amp Speaker yang sudah tersertifikasi Hi-Res Audio dan support Dolby Atmos.





Untuk kualitas audionya terasa sudah oke banget, gak perlu speaker eksternal lagi untuk penggunaan harian,  sudah rapi dengan bass yang cukup dalam.

Software






Tentu laptop ini sudah datang dengan dukungan perangkat lunak seperti Armoury Crate yang menjadi pusat kendali berbagai fitur di laptop ini, mulai dari pengaturan RGB, GameVisual untuk konfigurasi warna dan Scenario Profiles untuk berpindah-pindah mode dari silent, performance hingga turbo.





Masih dengan ROG Intelligent Cooling tapi dengan pembaruan yang mutakhir, kini dengan Tri-Fan Technology yang membawa 2 buah kipas besar dan 1 kipas kecil yang mengarah langsung ke GPU, 7 buah heatpipes yang lebih banyak dari versi sebelumnya dan Full surround vents yang mengelilingi mesin laptop ini untuk menjaga suhu tetap adem bahkan dalam sesi gaming maupun rendering.





Selain itu juga ada Conductonaut Extreme Liquid Metal yang ada di CPU dan GPU, yang menjaga suhu laptop tetap dingin 15 Derajat dari termal pasta biasa. Tentu hal ini akan kita uji coba nanti tentunya.

BATTERY LIFE






Laptop ini memiliki kapasitas baterai 90 Whrs yang memang tentu akan tetap memiliki masa pakai yang tidak terlalu panjang jika digunakan untuk bermain game, mengingat spesifikasinya yang sudah setara desktop high-end.





Untuk pengisian dayanya jika menggunakan charging adapter 330 watt dapat mengisi hingga 50% dari 0% dalam 30 menit saja, namun laptop ini juga support pengisian daya menggunakan port USB type-C-nya jika ingin charger yang lebih mini untuk dibawa-bawa.

TAGS

Jika ingin mengirim artikel, kerjasama event dan memasang Iklan (adverstisement) bisa melalui email redaksi[at]kotakgame.com atau Hotline (021) 93027183
rekomendasi terbaru



Most Popular Previews
Belum ada Preview