Release Date3 August 2023
ESRB Rating17+
GenreRPG
Publisher
Larian Studios

Developer
Larian Studios

Console
PC, PS5
KOTAK GAME RATING
90
PLAYER RATING
90
BERI RATING
Review

Cobain Game RPG Yang Punya 17.000 Ending! Review Baldur's Gate 3

Halaman 2

Gameplay ala Dungeons & Dragons yang Rumit Tapi Adiktif



Untuk kamu yang sebelumnya belum mengenal game table-top Dungeons & Dragons atau game yang menggunakan sistem serupa, mungkin kamu akan sedikit merasa kesulitan di awal permainan. Intinya sistem ini akan membuat kalian perlu berpikir lebih keras sebelum menginvestasikan stat point ke stat kalian. Karena selain berpengaruh ke pertarungan, setiap stat juga berpengaruh ke gameplay, jalan cerita dan beberapa rahasia yang bisa kamu buka.

Selain itu setiap class juga memiliki rekomendasi untuk stat yang ditingkatkan namun, jika kamu sudah mengerti mengenai game ini kamu bisa meningkatkan stat sesuai gameplay kamu. Setiap stat juga berpengaruh pada dialog dan membuat kamu bisa mendapatkan jalur cerita yang berbeda di setiap gameplay kamu.




Berbasis pada DnD, tentunya roleplay menjadi fokus pada game ini bukan hanya di pertarungan saja. Kita akan bertemu banyak “check” di sepanjang permainan seperti saat berdialog ataupun mencoba melakukan sesuatu. Stat kita akan berpengaruh untuk kesulitan setiap "check" dan akan ada banyak hal yang bisa mempengaruhi keberhasilannya. Ketika melakukan aksi yang memerlukan "check," kita akan diperlihatkan sebuah dadu dan berapa poin dadu yang harus kita dapatkan. Dadu ini memiliki poin tertinggi 20 dan kita bisa mendapatkan bonus tambahan ataupun pengurangan dari beberapa hal di karakter kita seperti karakter Bard akan memiliki bonus di beberapa “check” charisma dan wisdom. Tentunya faktor keberuntungan kamu juga berpengaruh akan hal ini, kamu bisa berhasil di "check" 18 ataupun gagal di "check" 2. Untungnya kegagalan tetap akan membuatmu bisa melanjuti game hanya saja mungkin kamu tidak akan mendapatkan beberapa opsi atau item dari “check” yang gagal.

Baca ini juga :

» Persona 3 Reload Review
Sistem Pertarungan Turn-Based Yang Berbeda



Baldur's Gate 3 menggunakan sistem turn-based pada pertarungannya. Namun, tidak seperti beberapa game JRPG yang turn-basednya hanya sebatas memilih aksi, di Baldur's Gate 3, kamu tetap bisa memposisikan karakter kamu, menyerang beberapa kali, ataupun menggunakan beberapa hal di lingkungan sekitar untuk membantumu atau melukai musuh. Terlihat seperti lebih mirip game strategi ya.

Sedikit perbedaan dari game strategi biasa, di Baldur's Gate gerakan karaktermu tidak terbatas sistem seperti hanya bisa jalan beberapa petak dan menyerang 1 kali. Kamu bisa mengatur strategi dengan sedikit lebih bebas seperti berjalan lebih jauh namun sebagai gantinya kamu tidak bisa menyerang, atau menggunakan skill yang tidak akan bisa kamu gunakan lagi sampai kamu beristirahat.




Singkatnya, kamu bisa melakukan aksi di setiap karakter pada tiap turn tergantung berapa dari batasan karakter dan berapa besar harga yang harus kamu bayar untuk melakukan aksi tersebut. Selain itu, lingkungan juga berpengaruh di pertarungan seperti kamu bisa menggunakan serangan jarak jauh lebih leluasa jika kamu mendapatkan posisi yang lebih tinggi dan sebaliknya, kamu bisa berlindung jika serangan musuh terhalang oleh sesuatu di antara kalian.

TAGS

KRU KOTGA BISA BACA PIKIRANMU! Kamu pasti akan suka dengan artikel ini :
Jika ingin mengirim artikel, kerjasama event dan memasang Iklan (adverstisement) bisa melalui email redaksi[at]kotakgame.com atau Hotline (021) 93027183
rekomendasi terbaru



Most Popular Previews
Belum ada Preview