Review

Hatsune Miku: Dreamy Vocal, Adiktif dan Berpotensi

Halaman 1

Tidak bisa dipungkiri lagi memang bahwa saat ini game bergenre music rhythm masih cukup populer hingga saat ini, apalagi jika bertemakan para idol cantik yang sangat waifu-able. Para gamer yang sekaligus wibu pasti tidak ragu untuk mengeluarkan sedikit uang untuk mendapatkan waifu impian.

Ngomong-ngomong soal game rhythm, salah satu yang cukup populer di konsol adalah Project Diva besutan SEGA. Namun, bagaimana jika game tersebut hadir dalam perangkat mobile? Bagi kamu yang setidaknya fans berat vocaloid, terutama Hatsune Miku. Pastinya selama ini sudah paham betul kalau ingin memainkan game bertemakan vocaloid ataupun Hatsune Miku khususnya Project Diva besutan SEGA, harus memainkannya lewat konsol seperti PS Vita ataupun PS3 dan PS4. Tapi seiring perkembangannya zaman, tentunya banyak tuntutan agar game tersebut juga dirilis di mobile.

Tenang saja, sepertinya permintaan tersebut dikabulkan oleh Tencent. Resmi diberinama Hatsune Miku: Dreamy Vocal, game tersebut telah dirilis untuk Android dan juga iOS. Nah, pada review kali ini, kru KotGa akan mengulas Hatsune Miku: Dreamy Vocal. Penasaran seperti? Yuk simak artikelnya!

Baca ini juga :

» Review Jade Dynasty: New Fantasy
» Review Elden Ring
» Review Horizon Forbidden West
» Review Vivobook pro 14x OLED M7400Q
» Review Uncharted: Legacy of Thieves Collection
Grafis 3D menawan dengan animasi yang interaktif

Hatsune Miku: Dreamy Vocal memiliki kualitas grafis yang cukup baik meski diperuntukkan untuk mobile. Ketika baru membuka game tersebut saja, para pemain sudah disuguhkan dengan animasi karakter Hatsune Miku yang menawan. Untuk sebuah game bergenre rhythm, grafis yang ditawarkan sangat menarik. Sebagai sebuah game rhythm, rasanya kurang jika tidak menawarkan "artwork" yang memposena. Tenang aja, di Hatsune Miku: Dreamy Vocal juga menawarkan berbagai artwork yang menarik kok.

Sayangnya, fitur live 3D yang dimilikinya sangat menganggu meskipun menyuguhkan kualitas yang baik untuk animasi 3D-nya. Beberapa warna terkadang bisa "mengkamuflase" warna note icon yang berujung pada penghancuran "combo" dan hal tersebut sangat menyebalkan.

Oh ya, ada dua pilihan untuk memainkan Hatsune Miku: Dreamy Vocal, bisa menggunakan Live 3D ataupun Live 2D bagi smartphone yang kurang mumpuni. Kru KotGa pribadi memilih memainkannya dengan fitur Live 2D karena lebih stabil tanpa ada yang menganggu. Walau begitu, fitur Live 3D perlu di apresiasi karena menawarkan berbagai gerakan performance ala karakter Vocaloid yang cukup menarik.

Gameplay adiktif dan penuh potensi

Ya, untuk urusan gameplay yang ditawarkan cukup membuat kru KotGa adiktif. Entah karena memang kru KotGa sudah terbiasa memainkan game rhythm seperti Bang Dream! atau Love Live SIF, yang jelas game besutan Tencent ini sangat mudah untuk dimainkan, bahkan bagi newbie sekalipun karena hanya menawarkan 4 line note. Ada empat tingkatan kesulitan, mulai dari Easy, Normal, Hard, hingga Extreme.

Untuk konten yang ditawarkan bisa dibilang lengkap. Mulai dari World Tour (Adventure kalau di game RPG), para pemain akan melintasi berbagai negara dengan melakukan konser dan menyanyikan beberapa lagu. Ada juga fitur Practice dan juga Cooperation (Multiplayer) untuk mendapatkan berbagai bahan untuk "upgrade" karakter.

Berbicara mengenai karakter, di Hatsune Miku: Dreamy Vocal banyak karakter vocaloid yang ditawarkan. Mulai dari Hatsune Miku pastinya, Kagamine Rin dan Len, Megurine Luka, hingga dua karakter orisinil seperti Kaito dan juga Meiko. Untuk suara, semua karakter diisi oleh pengisi suara asal Jepang, tapi ada beberapa lagu yang menggunakan bahasa Mandarin.

Setiap karakter disini membutuhkan "card" berupa set kostum dengan berbagai rarity, mulai dari Normal, Rare, Super Rare, SSR, dan UR. Semakin tinggi rarity, semakin tinggi score yang dihasilkan. Tapi kamu tidak perlu khawatir, karena karakter dengan tingkat SR saja juga sudah berguna karena kemampuannya masih bisa ditingkatkan dengan mengumpulkan berbagai bahan.

TAGS

Jika ingin mengirim artikel, kerjasama event dan memasang Iklan (adverstisement) bisa melalui email redaksi[at]kotakgame.com atau Hotline (021) 93027183
rekomendasi terbaru



Most Popular Previews
Belum ada Preview